5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League Tanpa Penalti, Termasuk Mane

Ada Ole Gunnar Solskjaer hingga Sadio Mane

Mencetak gol memang merupakan tugas utama seorang penyerang. Salah satu cara untuk membobol gawang lawan adalah melalui titik penalti. Namun, tak semua penyerang tersebut dipercaya menjadi eksekutor penalti.

Meski begitu, mereka tetap saja bisa membuat banyak gol. Salah satu contohnya adalah Son Heung Min yang menjadi top skor Premier League tanpa satu gol pun dari titik penalti. Namun, ia belum mampu melewati lima pemain berikut yang tampil tajam tanpa penalti.

1. Kevin Campbell (82 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League Tanpa Penalti, Termasuk ManeKevin Campbell (skysports.com)

Kevin Campbell merupakan penyerang yang cukup tajam dengan torehan 82 gol tanpa sekali pun dari titik putih. Andalan Arsenal dari 1988 hingga 1995 dan memenangi berbagai trofi ini kemudian pindah ke Nottingham Forest.

Sempat berkelana menuju Turki bersama Trabzonspor, Campbell kemudian kembali ke Inggris untuk membela Everton dan tampil cukup baik meski tak lagi muda. Campbell akhirnya mengakhiri kariernya pada 2007 ketika membela Cardiff City.

2. Ole Gunnar Solskjaer (91 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League Tanpa Penalti, Termasuk ManeOle Gunnar Solskjaer (premierleague.com)

Mantan pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, dikenal sebagai super sub karena selalu bisa membawa perubahan ketika dimasukkan sebagai pengganti. Bahkan, Solskjaer pernah mencetak empat gol dari bangku cadangan.

Penyerang asal Norwegia tersebut total mencetak 91 gol di Premier League dan 121 gol di semua kompetisi dari 366 pertandingan bagi Setan Merah. Momen terbaiknya terjadi ketika Solskjaer mencetak gol kemenangan pada final Liga Champions 1999.

Baca Juga: Kejujuran Solskjaer di MU yang Bikin Terkesan Raphael Varane

3. Emile Heskey (110 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League Tanpa Penalti, Termasuk ManeEmile Heskey (skysports.com)

Emile Heskey merupakan salah satu penyerang underatted di Premier League. Padahal, ia telah mencetak 110 gol tanpa penalti. Heskey juga merupakan langganan Timnas Inggris karena telah mengecap 62 caps.

Heskey telah membela total lima tim selama kariernya di Premier League. Namun, pencapaian terbaiknya terjadi saat berseragam Leicester City dan Liverpool. Bersama keduanya, Heskey memenangkan beberapa trofi bergengsi.

4. Sadio Mane (111 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League Tanpa Penalti, Termasuk ManeSadio Mane (skysports.com)

Sadio Mane dipastikan akan hengkang dari Liverpool pada musim panas nanti. Hal ini jelas merupakan sebuah kehilangan besar bagi Liverpool karena selama ini Mane tampil begitu tajam sebagai predator di depan gawang.

Hebatnya, dari 111 gol yang telah ia ciptakan di Premier League, tak satu pun berasal dari titik putih. Selama ini tugas sebagai eksekutor penalti di Liverpool lebih sering diambil oleh Mohamed Salah atau James Milner.

5. Les Ferdinand (149 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League Tanpa Penalti, Termasuk ManeLes Ferdinand (skysports.com)

Les Ferdinand masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Premier League tanpa sekali pun berasal dari titik penalti dengan 149 gol. Ferdinand merupakan salah satu penyerang haus gol di masanya.

Ferdinand pernah membuat torehan lebih dari 20 gol dalam tiga musim berbeda ketika bermain untuk Queens Park Rangers dan Newcastle United. Penyerang asal Inggris tersebut juga pernah dinobatkan sebagai PFA Player of the Year pada 1995/1996.

 

Meskipun tak pernah mengambil eksekusi penalti selama berkarier di Premier League, kelima pemain tersebut masih bisa membuktikan ketajamannya dengan mencetak banyak gol.

Baca Juga: Jago Mencetak Gol, 6 Pemain Sepak Bola Ini Punya Julukan Gol

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya