5 Pencetak Gol Terbanyak Liga Konferensi Eropa 2022/2023

Fiorentina sumbang dua pemain

UEFA Conference League 2022/2023 telah berakhir dengan West Ham United keluar sebagai juara usai mengalahkan Fiorentina 2-1 di partai final. Meski kalah, Fiorentina menjadi tim paling subur sepanjang turnamen dengan gelontoran 37 gol. Bahkan, salah satu penyerang mereka, Arthur Cabral, dinobatkan sebagai top skor turnamen dengan tujuh gol.

Pemain asal Brasil tersebut berbagi tempat dengan striker FC Basel, Zeki Amdouni. Dari 141 pertandingan yang terjadi, terdapat total 379 gol dengan rasio 2,69 gol tiap laga. Berikut lima pencetak gol terbanyak Liga Konferensi Eropa 2022/2023.

1. Hugo Cuypers (6 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak Liga Konferensi Eropa 2022/2023Hugo Cuypers (twitter.com/europacnfleague)

Gent berhasil melaju hingga ke babak perempat final Liga Konferensi Eropa 2022/2023. Langkah mereka dijegal oleh West Ham United dengan agregat 2-5. Salah satu pemain yang tampil mencolok sepanjang turnamen adalah Hugo Cuypers.

Penyerang asal Belgia tersebut sukses mencetak enam gol sepanjang turnamen. Pada fase grup, Cuypers mencetak tiga gol ke gawang Shamrock Rovers, Djurgarden, dan Molde. Kemudian tambahan tiga gol lainnya ia sarangkan pada fase knockout ketika berhadapan dengan Istanbul Basaksehir dan West Ham United.

2. Luka Jovic (6 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak Liga Konferensi Eropa 2022/2023Luka Jovic (uefa.com)

Sempat tak terpakai selama membela Real Madrid, Luka Jovic tampil moncer di Liga Konferensi Eropa 2022/2023 bersama Fiorentina. Penyerang asal Serbia tersebut berhasil menyarangkan enam gol bagi La Viola. Torehan tersebut membuatnya menjadi top skor kedua tim di bawah Arthur Cabral.

Pada fase grup, Jovic mencetak masing-masing dua gol ke gawang Heart of Midlothian dan Istanbul Basaksehir. Pada babak playoff, Jovic menambah dua gol lainnya ke jala SC Braga. Namun, setelah itu, ia tak mampu menambah golnya hingga babak final.

Baca Juga: 6 Pemain Kunci West Ham saat Juara Liga Konferensi Eropa 2022/2023

3. Michail Antonio (6 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak Liga Konferensi Eropa 2022/2023Michail Antonio (uefa.com)

West Ham United terseok-seok di English Premier League (EPL) dengan hanya menempati urutan ke-14. Namun, mereka berhasil mendapat gelar di kancah Eropa dengan menjuarai Liga Konferensi Eropa 2022/2023. Michail Antonio tampil gemilang dengan catatan enam gol sepanjang turnamen. 

Catatan tersebut bahkan lebih banyak dari jumlah golnya di EPL yang hanya lima gol. Penyerang asal Jamaika tersebut mencetak masing-masing dua gol ketika bertemu AEK Larnaca dan Gent. Sementara itu, ketika berhadapadan dengan FC Basel dan AZ Alkmaar, Antonio mencetak masing-masing satu gol.

4. Zeki Amdouni (7 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak Liga Konferensi Eropa 2022/2023Zeki Amdouni (uefa.com)

FC Basel mampu melaju jauh hingga babak semifinal Liga Konferensi Eropa 2022/2023. Sayang, mereka tak mampu menembus babak final usai dijegal Fiorentina. Sempat menang 2-1 pada leg pertama, FC Basel kalah 1-3 dari Fiorentina pada leg kedua.

Apresiasi tinggi harus diberikan kepada Zeki Amdouni. Sempat melewatkan 2 laga pertama karena cedera, Amdouni mampu tampil mengesankan dengan catatan 7 gol. Hal itu membuatnya menjadi top skor turnamen bersanding dengan Arthur Cabral.

5. Arthur Cabral (7 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak Liga Konferensi Eropa 2022/2023Arthur Cabral (twitter.com/ArthurCabral_98)

Arthur Cabral keluar sebagai top skor turnamen usai menyarangkan tujuh gol bagi Fiorentina. Sayang, pada babak final, Cabral yang turun pada awal babak kedua gagal menjebol gawang West Ham United. Timnya pun dipaksa bertekuk lutut usai gol telat Jarrod Bowen membuat wakil Italia tersebut kalah 1-2.

Padahal, Fiorentina terlihat lebih mendominasi jalannya pertandingan. Kekalahan ini memastikan Fiorentina tak mendapat satu pun trofi musim ini. Sebelumnya, mereka juga kalah di final Coppa Italia melawan Inter Milan. 

Arthur Cabral dan Zeki Amdouni berbagi gelar top skor Liga Konferensi Eropa setelah keduanya mencetak masing-masing tujuh gol. Sayang, baik Amdouni maupun Cabral gagal membawa timnya menjadi juara.

Baca Juga: Menilik Kiprah Fiorentina Lolos ke Final Liga Konferensi Eropa 2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya