5 Pengguna Nomor Punggung 8 Terbaik di Barcelona Sebelum Pedri

Ada Ludovic Giuly hingga Andres Iniesta

Pedri resmi mengenakan nomor punggung 8 mulai musim 2022/2023. Sebelumnya, peraih Golden Boy 2021 tersebut identik dengan nomor punggung 16.

Nomor punggung 8 di Barcelona sendiri lekat dengan para gelandang kreatif. Lantas, siapa sajakah pengguna nomor punggung 8 terbaik Barcelona sebelum Pedri?

1. Guillermo Amor

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Terbaik di Barcelona Sebelum PedriGuillermo Amor (fcbarcelona.com)

Fans Barceola era sekarang bisa jadi tak terlalu mengenal sosok Guillermo Amor. Padahal ia merupakan gelandang hebat dengan lebih dari empat ratus pertandingan bersama tim asal Catalan tersebut.

Produk asli La Masia itu kerap gonta-ganti nomor pada awal kariernya. Barulah pada 1995/1996 ia menggunakan nomor 8 hingga kepindahannya ke Fiorentina pada 1998.

2. Dani Alves

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Terbaik di Barcelona Sebelum PedriDani Alves (fcbarcelona.com)

Sama seperti Amor, Dani Alves juga sering gonta-ganti nomor punggung pada periode pertamanya di Camp Nou. Ia baru mengenakan nomor punggung 8 ketika memutuskan pulang ke Barcelona pada 2021.

Kedatangan kembali pemain asal Brasil tersebut sukses membuat Barcelona naik ke peringkat dua LaLiga. Padahal mereka sempat terseok-seok pada awal musim. Kini, Alves bermain di Liga Meksiko bersama Unam Pumas.

Baca Juga: Tinggalkan Barcelona, Dani Alves Gabung Klub Meksiko

3. Ludovic Giuly

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Terbaik di Barcelona Sebelum PedriLudovic Giuly (fcbarcelona.com)

Ludovic Giuly datang ke Barcelona usai membawa AS Monaco menapaki partai final Liga Champions 2004. Ia langsung membentuk trio menakutkan bersama Ronaldinho dan Samuel Eto'o.

Bersama Blaugrana, pemain asal Prancis tersebut sukses meraih gelar LaLiga secara back to back serta trofi Liga Champions 2006. Namun, kemunculan Lionel Messi memaksanya hengkang dari Camp Nou pada 2007.

4. Phillip Cocu

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Terbaik di Barcelona Sebelum PedriPhillip Cocu (fcbarcelona.com)

Phillip Cocu awalnya memakai nomor punggung 15 ketika pertama kali mendarat di Camp Nou dari PSV Eindhoven pada 1998. Ia kemudian berganti ke nomor 8 menyusul kepindahan Albert Celades.

Meskipun tampil moncer sebagai gelandang, Cocu tak banyak meraih trofi karena Barcelona saat itu tengah terpuruk. Untungnya, ia sukses mencatatkan 291 penampilan sebelum pulang ke PSV.

5. Andres Iniesta

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Terbaik di Barcelona Sebelum PedriAndres Iniesta (fcbarcelona.com)

Nomor punggung 8 di Barcelona selama ini identik dengan Andres Iniesta. Sejak mewarisi nomor tersebut dari Ludovic Giuly, Iniesta tak pernah sekali pun menanggalkan nomor 8.

Secara kualitas, tak ada yang meragukan penampilannya di lini tengah. Duetnya bersama Xavi menjadikan Barcelona salah satu tim paling ditakuti di Eropa.

Nomor punggung 8 terbukti dipakai para pemain hebat Barcelona. Mampukah Pedri meneruskan kisah sukses pengguna nomor 8 tersebut?

Baca Juga: Kabar Terkini 5 Gelandang Penerus Andres Iniesta di Barcelona

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya