5 Penjualan Pemain Termahal yang Pernah Dilakukan Ajax Amsterdam

Kebanyakan ke Liga Inggris

Ajax memang sejak dulu dikenal memiliki akademi yang kerap menghasilkan banyak bintang sepak bola. Tak heran jika banyak pemain mereka yang sering menjadi incaran banyak klub besar Eropa. Apalagi, banyak dari pemain tersebut masih berusia sangat muda, namun punya kualitas bagus.

Meskipun sering melepas para pemain mudanya, tak jarang Ajax cukup pintar dalam melakukan transfer pemain. Tim ibu kota Belanda ini bisa membeli pemain dengan harga murah dan menjualnya ke tim besar dengan banderol fantastis, seperti kelima pemain ini yang meninggalkan Ajax dengan harga cukup mahal.

1. Donny van de Beek

5 Penjualan Pemain Termahal yang Pernah Dilakukan Ajax AmsterdamDonny van de Beek (beinsports.com)

Donny van de Beek mulai dilirik ketika ia mampu membawa Ajax masuk ke semifinal Liga Champions tahun 2019. Bahkan, di babak 16 besar mereka mampu mencukur Real Madrid di Santiago Bernabeu. Tak heran jika kemudian banyak yang melirik para pemain muda Ajax ini.

Salah satu nama yang cukup mencuri perhatian adalah Donny van de Beek. Pergerakannya di lini tengah mampu meyakinkan Manchester United untuk membelinya seharga €39 juta atau berkisar Rp671 miliar. Namun, kini ia sepertinya kesulitan menembus tim utama The Red Devils, terbukti dari 36 penampilan 21 di antaranya dimulai dari bangku cadangan.

2. Hakim Ziyech

5 Penjualan Pemain Termahal yang Pernah Dilakukan Ajax AmsterdamHakim Ziyech (sportnewsafrica.com)

Selain van de Beek, nama lain yang cukup bersinar kala Ajax melenggang ke babak semifinal Liga Champions adalah Hakim Ziyech. Chelsea pun tak ragu menggelontorkan dana senilai €40 juta atau setara dengan Rp688 miliar untuk pemain Timnas Maroko tersebut.

Nilai transfer itu membuat Ziyech menjadi pemain Maroko termahal kedua di bawah Achraf Hakimi. Penampilannya bersama The Blues terlihat kurang meyakinkan dengan hanya mencetak 6 gol dan 4 assist dari 39 penampilan. Padahal, ketika bermain untuk Ajax ia mampu mencatatkan 49 gol dan 81 assist dari 165 kali main.

Baca Juga: 5 Pemain Maroko yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Ziyech

3. Davinson Sanchez

5 Penjualan Pemain Termahal yang Pernah Dilakukan Ajax AmsterdamDavinson Sanchez (90min.com)

Satu lagi pemain Ajax yang ditebus klub Liga Inggris dengan cukup mahal, yakni Davinson Sanchez yang pada musim 2017 lalu dibeli Tottenham Hotspur dengan nilai €42 juta atau berkisar Rp722 miliar. Pemain asal Kolombia itu padahal masih berusia 21 tahun saat itu dan baru memainkan musim pertamanya bersama Ajax.

Namun, Spurs yang tengah mencari sosok kuat di lini belakang tak ragu sedikit pun mengeluarkan dana begitu besar. Pada awal membela The Lily Whites ia tak tergantikan sebagai bek tengah. Namun, pada musim lalu ia mulai terpinggirkan. Kini dengan pelatih baru, akankah ia kembali ke skuad utama Tottenham.

4. Matthijs de Ligt

5 Penjualan Pemain Termahal yang Pernah Dilakukan Ajax AmsterdamMatthijs de Ligt (scoopnest.com)

Matthijs de Ligt cukup mengejutkan dunia dengan menjadi kapten Ajax ketika usianya masih 19 tahun. Memulai debut di Ajax pada tahun 2016, ia dengan cepat menjadi pemain inti. Bahkan, ia juga merupakan pemain yang mengantar Ajax ke semifinal Liga Champions tahun 2019.

Usia yang masih muda dan bakat luar biasa sebagai pemain bertahan membuat de Ligt diincar banyak tim besar. Akhirnya raksasa Italia, Juventus yang berhasil memperoleh jasanya. Kala itu La Vecchia Signora harus mengeluarkan dana fantastis senilai €85.5 juta atau setara dengan Rp1,47 miliar. Kini di Juventus ia bersanding dengan para bek senior macam Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci.

5. Frenkie de Jong

5 Penjualan Pemain Termahal yang Pernah Dilakukan Ajax AmsterdamFrenkie de Jong (marca.com)

Frenkie de Jong merupakan pemain paling berpengaruh kala Ajax sukses mencicipi babak semifinal Liga Champions tahun 2019. Kemampuannya mengatur lini tengah sukses membuat tim lawan cukup kelabakan. Bahkan, gelandang hebat milik Madrid seperti Luka Modric dan Toni Kroos dibuat tak berkutik olehnya.

Pada tahun 2019 de Jong resmi memecahkan rekor transfer milik Ajax ketika dibeli Barcelona dengan harga €86 juta atau sekitar Rp1,48 miliar. Kini pemain berusia 24 tahun tersebut mampu mengunci satu tempat di lini tengah Barcelona. Musim lalu saja ia sukses tampil sebanyak 51 pertandingan.

 

Produk milik Ajax memang selalu memiliki kualitas hebat meskipun masih muda. Terbukti para klub top Eropa tak segan menggelontorkan dana besar untuk memboyong mereka.

Baca Juga: 10 Potret Frenkie de Jong, Pemain Tengah Barcelona yang Serbabisa

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya