Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Ini Pernah Raih Ballon d'Or Secara Back To Back

Layak disebut sebagai legenda!

Ballon d'Or merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan kepada pesepak bola terbaik di dunia pada tahun itu. Tentunya banyak nama hebat yang sudah meraihnya, tak hanya bagus secara individu mereka juga meraih banyak trofi bagi timnya.

Bahkan, ada di antara mereka yang sempat beberapa kali meraih penghargaan ini. Hal yang tak mudah tentunya, mengingat para pesepak bola tersebut harus bisa menjaga konsistensi permainan mereka. Berikut lima pemain sepak bola yang pernah meraih gelar Ballon d'Or secara back to back. Siapa saja?

1. Marco van Basten

5 Pesepak Bola Ini Pernah Raih Ballon d'Or Secara Back To BackMarco van Basten (uefa.com)

Marco van Basten merupakan kunci penampilan impresif AC Milan dan timnas Belanda pada akhir dekade '80-an dan awal '90-an. Bersama Rossoneri, ia turut mempersembahkan dua gelar Piala Champions musim 1989 dan 1990, empat gelar Scudetto, serta empat trofi Coppa Italia.

Sementara ketika berseragam timnas Belanda, ia sukses membawa negaranya menjadi juara Piala Eropa 1988. Dengan prestasi tersebut, ia pun sukses merengkuh gelar Ballon d'Or secara beruntun pada musim 1988 dan 1989, satu gelar lagi ia dapat pada tahun 1992. Sayangnya, van Basten harus pensiun di usia 28 tahun akibat cedera yang tak kunjung sembuh.

2. Michel Platini

5 Pesepak Bola Ini Pernah Raih Ballon d'Or Secara Back To BackMichel Platini (theguardian.com)

Michel Platini menjadi motor serangan Juventus dan timnas Prancis pada dekade '80-an. Bersama Bianconeri, ia sukses merengkuh dua gelar Scudetto, satu Coppa Italia, dan satu trofi Piala Champions. Kala itu, ia merupakan salah satu gelandang terbaik di dunia.

Saat berseragam timnas Prancis pun prestasinya tak kalah mengkilap. Sempat membawa Les Blues ke babak semifinal Piala Dunia 1982, ia akhirnya meraih trofi pada Piala Eropa 1984. Rentetan prestasi tersebut membuatnya dianugerahi Ballon d'Or tiga tahun beruntun, yakni pada 1983 hingga 1985.

Baca Juga: 5 Pemain dari Negara Kurang Dikenal yang Pernah Meraih Ballon d'Or

3. Johan Cruyff

5 Pesepak Bola Ini Pernah Raih Ballon d'Or Secara Back To BackJohan Cruyff (footballreporting.com)

Sama seperti Platini, Johan Cruyff juga telah meraih tiga gelar Ballon d'Oryakni pada tahun 1971, 1973, dan 1974. Memang pada dekade '70-an, ia merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki timnas Belanda.

Bersama De Oranje, ia sukses mencapai partai final Piala Dunia 1974 sebelum ditekuk Jerman Barat. Sementara di level klub, ia sukses mempersembahkan delapan gelar Eredivisie bagi Ajax dan tiga trofi Piala Champions. Sedangkan ketika membela Barcelona ia sukses meraih satu gelar LaLiga.

4. Cristiano Ronaldo

5 Pesepak Bola Ini Pernah Raih Ballon d'Or Secara Back To BackCristiano Ronaldo (theportugalnews.com)

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain sepak bola terhebat sepanjang sejarah. Total, pria kelahiran Madeira, Portugal ini telah meraih total lima gelar Ballon d'Or sepanjang kariernya. Yang pertama ia raih ketika masih membela Manchester United di tahun 2008.

Kemudian setelah pindah ke Real Madrid Ronaldo menambah empat gelar lagi, yakni pada tahun 2013, 2014, 2016, dan 2017. Ketika itu, ia sukses mempersembahkan dua gelar LaLiga serta empat trofi Liga Champions. Bahkan ia juga berhasil menjadi kampiun Piala Eropa 2016 bersama Portugal.

5. Lionel Messi

5 Pesepak Bola Ini Pernah Raih Ballon d'Or Secara Back To BackLionel Messi (bleacherreport.com)

Lionel Messi sejauh ini merupakan pemilik gelar Ballon d'Or terbanyak di dunia dengan enam gelar. Empat di antaranya ia raih secara beruntun dari tahun 2009 hingga 2012. Kala itu, Barcelona dibawanya merajai benua biru. Bahkan di tahun 2012, ia menorehkan sejarah dengan mencetak 91 gol.

Total selama berseragam Barcelona Messi telah meraih sepuluh gelar LaLigatujuh Copa del Rey, dan empat trofi Liga Champions. Bahkan setelah tahun ini menjuarai Copa America, La Pulga dijagokan untuk meraih penghargaan ini untuk ketujuh kalinya.

 

Memang tak mudah bagi seorang pemain untuk meraih gelar Ballon d'Or, sebab hanya yang terbaik sajalah yang bisa merengkuhnya. Namun, para pemain di atas seperti membuktikan bahwa mereka bisa dikatakan sebagai legenda.

Baca Juga: 5 Klub dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang Sejarah

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya