5 Pesepak Bola Terhebat yang Pernah Berseragam Barcelona dan PSG

Akankah Messi jadi yang selanjutnya?

Barcelona dan PSG merupakan tim raksasa Eropa saat ini, bahkan keduanya selalu bersaing di papan atas liga masing-masing. Meskipun musim lalu mereka sama-sama tak meraih gelar juara liga, mereka siap kembali meraih gelar, apalagi PSG saat ini tengah banyak merekrut pemain hebat.

Salah satu pemain kunci PSG musim depan adalah Neymar, pemain yang sempat meraih treble winners kala membela Barcelona pada tahun 2015. Selain Neymar, ternyata masih banyak pesepak bola lain yang pernah membela Barcelona dan PSG. Berikut lima nama terbaik yang pernah membela kedua tim tersebut.

1. Dani Alves

5 Pesepak Bola Terhebat yang Pernah Berseragam Barcelona dan PSGDani Alves (the12thman.in)

Dani Alves merupakan pemain dengan gelar terbanyak di dunia hingga saat ini. Sebagian besar gelarnya memang ia raih kala membela Barcelona. Sejak didatangkan dari Sevilla pada tahun 2008, Alves memang tak tergantikan di sektor bek kanan Blaugrana. Selama bermain di Camp Nou, ia turut mempersembahkan 6 gelar LaLiga, 4 Copa del Rey, dan 3 trofi Liga Champions.

Sempat semusim membela Juventus, pemain asal Brazil ini kemudian memilih hijrah ke PSG pada tahun 2017. Bersama Le Parisien Alves sukses meraih 6 trofi, termasuk 2 gelar Ligue 1. Kini di usia yang sudah memasuki 38 tahun, ia kembali ke Brazil dan bermain bersama Sao Paulo.

2. Thiago Motta

5 Pesepak Bola Terhebat yang Pernah Berseragam Barcelona dan PSGThiago Motta (sempreinter.com)

Thiago Motta merupakan gelandang yang cukup banyak menuai kesuksesan dalam kariernya, termasuk saat membela Barcelona dan PSG. Bersama Blaugrana sejak musim 2001 hingga 2007, ia berhasil meraih 2 gelar LaLiga dan 1 trofi Liga Champions sebelum pindah ke Atletico Madrid akibat cedera lutut.

Hanya semusim di Atletico, ia kemudian berkela ke Serie A dengan membela Genoa dan Inter Milan. Bahkan, bersama Nerazzuri ia berhasil merasakan treble winners pada musim 2009/2010. Motta kemudian menghabiskan sisa karier sepak bolanya bersama PSG sejak musim 2012 hingga 2018 dan meraih 5 gelar Ligue 1.

Baca Juga: PSG Pakai Bantuan Neymar Demi Ikat Messi

3. Zlatan Ibrahimovic

5 Pesepak Bola Terhebat yang Pernah Berseragam Barcelona dan PSGZlatan Ibrahimovic (fcbarcelona.com)

Zlatan Ibrahimovic merupakan pemain yang banyak membela klub-klub besar di berbagai liga top Eropa. Ibra dibeli Barcelona dari Inter Milan pada tahun 2009 setelah ia mencetak 57 gol dari 88 penampilannya. Sayangnya, kariernya bersama Blaugrana tak berlangsung lama karena ia berselisih dengan Pep Guardiola.

Penyerang asal Swedia ini pun kemudian memutuskan hijrah ke AC Milan dan sukses memberi Scudetto. Keputusan mengejutkan kemudian ia pilih saat bergabung dengan PSG yang saat itu baru saja dibeli oleh pengusaha kaya raya asal Timur Tengah. Ibra kemudian membuat Le Parisien menjadi klub yang cukup diperhitungkan di Eropa.

4. Ronaldinho

5 Pesepak Bola Terhebat yang Pernah Berseragam Barcelona dan PSGRonaldinho (ligue1.com)

Ronaldinho mulai menunjukkan kelasnya sebagai pesepak bola hebat kala ia menandatangani kontrak bersama PSG pada tahun 2001. Apalagi, ketika ia berhasil membawa Brazil menjadi juara Piala Dunia 2002 dengan menundukkan Jerman di final.

Barcelona pun tak ragu untuk mengontraknya pada tahun 2003 dan langsung menjadi pemain favorit fans berkat skill olah bolanya yang menakjubkan. Kedatangan Ronaldinho juga cukup mengangkat performa tim asal Catalan ini dengan raihan back to back gelar LaLiga setelah empat musim sebelumnya paceklik gelar.

Selain itu, Ronaldinho juga mendapat gelar Ballon d'Or saat bermain untuk Barcelona pada tahun 2005. Penyerang asal Brazil ini pun melengkapi koleksi gelarnya untuk Barcelona dengan mempersembahkan trofi Liga Champions pada tahun 2006.

5. Neymar

5 Pesepak Bola Terhebat yang Pernah Berseragam Barcelona dan PSGNeymar (goal.com)

Neymar memang sudah jadi sensasi sejak usia muda kala ia bermain untuk Santos. Sempat dikaitkan dengan beberapa klub top Eropa, ia akhirnya memilih Barcelona sebagai pelabuhan barunya. Keputusannya itu tak salah. Bersama Blaugrana, ia mengoleksi 2 gelar LaLiga, 3 Copa del Rey, serta 1 trofi Liga Champions.

Neymar kemudian pergi ke PSG pada tahun 2017 dengan memecahkan rekor transfer dunia, yakni senilai £198 juta atau setara dengan Rp3,9 triliun. Bersama klub kebanggaan kota Paris itu, Neymar sukses memberi 3 gelar Ligue 1 dan sempat membawa PSG ke final Liga Champions meskipun harus kalah dari Bayern Munchen.

 

Kelima pemain tersebut mampu menunjukkan permainan terbaik mereka kala membela Barcelona dan PSG. Berbagai trofi telah mereka berikan dari kancah domestik hingga Eropa yang membuktikan bahwa mereka merupakan pemain kelas dunia.

Baca Juga: Berkelas, Lionel Messi Tak Mau Rebut Nomor 10 Neymar di PSG

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya