8 Peserta Piala Dunia 2018 yang Tak Tampil pada Edisi 2022

Mereka gagal berangkat ke Qatar

Piala Dunia 2022 Qatar tak lama lagi dimulai dengan 32 tim yang akan bertanding memperebutkan gelar juara. Pada edisi kali ini, beberapa tim yang ikut serta pada gelaran 2018 gagal lolos babak kualifikasi.

Hal itu mengubur impian mereka untuk tampil di Qatar tahun ini. Padahal beberapa tim tersebut punya prestasi yang cukup bagus pada edisi sebelumnya.

Berikut delapan peserta Piala Dunia 2018 yang tak tampil pada edisi 2022.

1. Mesir

8 Peserta Piala Dunia 2018 yang Tak Tampil pada Edisi 2022Mohamed Salah (twitter.com/MoSalah)

Kekalahan Mesir dari Senegal lewat babak adu penalti pada kualifikasi zona Afrika membuat Mesir gagal mentas di Qatar. Pertandingan tersebut cukup kontroversial karena beberapa pendukung Senegal terlihat menembakkan laser kepada pemain Mesir yang akan menendang penalti.

Dengan gagal lolosnya Mesir pada Piala Dunia 2022, penonton tak akan melihat aksi Mohamed Salah. Mesir sendiri pernah tiga kali lolos ke putaran final Piala Dunia. Pada edisi 2018 lalu, mereka menjadi juru kunci Grup A setelah takluk tiga kali dari Rusia, Arab Saudi, dan Uruguay.

2. Nigeria

8 Peserta Piala Dunia 2018 yang Tak Tampil pada Edisi 2022Nigeria pada Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Nigeria gagal menaklukkan Ghana untuk mengunci satu tiket menuju Qatar. Meski secara agregat keduanya imbang 1-1, mereka dinyatakan lolos karena keunggulan gol tandang. Ini merupakan pertama kalinya Nigeria gagal lolos ke putaran final Piala Dunia sejak 2006.

Pada edisi 2018, Nigeria hampir saja lolos dari Grup D. Sayang, gol pada menit akhir yang dicetak Marcos Rojo membuat Nigeria kalah dengan skor 1-2 dari Argentina dan gagal lolos ke babak 16 besar.

3. Panama

8 Peserta Piala Dunia 2018 yang Tak Tampil pada Edisi 2022Panama kalah dari Inggris pada Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Panama menjalani debutnya di Piala Dunia pada edisi 2018. Namun, mereka tak mampu berbicara banyak di Grup G yang berisi Belgia, Inggris, dan Tunisia. Dari tiga pertandingan yang mereka mainkan, semuanya berakhir dengan kekalahan.

Panama gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022, karena hanya berada di urutan kelima babak ketiga kualifikasi zona CONCACAF. Mereka terpaut tiga angka dari Kosta Rika yang mengamankan tiket playoff.

4. Kolombia

8 Peserta Piala Dunia 2018 yang Tak Tampil pada Edisi 2022James Rodriguez (fifa.com)

Kolombia gagal tampil di Qatar setelah mereka hanya menempati peringkat keenam babak kualifikasi zona CONMEBOL. Kolombia hanya berselisih satu poin dari Peru yang berhasil mengamankan satu tiket playoff.

Padahal Kolombia merupakan pemuncak Grup H pada Piala Dunia 2018. Salah satu penampilan terbaik mereka adalah ketika mengalahkan Polandia 3-0. Sayang, mereka terhenti pada babak 16 besar dari Inggris.

Baca Juga: Gestur Berkelas Mohamed Salah, Sumbang Rp2,3 M Buat Gereja di Mesir

5. Peru

8 Peserta Piala Dunia 2018 yang Tak Tampil pada Edisi 2022Paolo Guerrero (fifa.com)

Pada babak kualifikasi zona CONMEBOL, Peru menempati peringkat kelima dan berhak atas tiket playoff menghadapi wakil zona Asia. Sayang, pada babak tersebut, Peru harus mengakui keunggulan Australia melalui babak adu penalti.

Pada edisi 2018 merupakan Piala Dunia yang berkesan bagi Peru, karena itu merupakan kelolosan pertama mereka sejak 1982. Sayang, mereka gugur pada fase grup setelah kalah dari Prancis dan Denmark, meski sempat menang atas Australia.

6. Rusia

8 Peserta Piala Dunia 2018 yang Tak Tampil pada Edisi 2022Rusia pada Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia mendapat satu tiket lolos otomatis. Penampilan mereka terbilang gemilang karena berhasil menembus babak 18. Namun, langkah mereka terhenti di tangan Kroasia melalui adu penalti.

Berbeda dengan negara lainnya yang gagal lolos ke Piala Dunia 2022 karena tak lolos kualifikasi. Rusia terpaksa gugur setelah negaranya didiskualifikasi dari babak kualifikasi zona Eropa akibat invasi yang mereka lakukan terhadap Ukraina.

7. Swedia

8 Peserta Piala Dunia 2018 yang Tak Tampil pada Edisi 2022Alexander Isak (twitter.com/EURO2024)

Swedia harus bermain pada babak playoff kualifikasi zona Eropa setelah menjadi runner-up Grup B di bawah Spanyol. Pada babak pertama, mereka berhasil mengalahkan Republik Ceko. Sayang, pada babak final Swedia ditaklukkan Polandia 0-2.

Padahal perjalanan mereka di Piala Dunia 2018 terbilang sangat baik. Swedia mengeliminasi Belanda pada babak kualifikasi dan menjadi pemuncak Grup F. Langkah Swedia terhenti setelah kalah dari Inggris pada babak delapan besar.

8. Islandia

8 Peserta Piala Dunia 2018 yang Tak Tampil pada Edisi 2022Einar Gunnarsson (twitter.com/icelandfootball)

Islandia sempat mengejutkan sepak bola dunia setelah mereka lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Pada pertandingan pertama, Islandia tampil mengejutkan dengan menahan imbang Argentina. Sayang, kekalahan dari Kroasia dan Nigeria membuat mereka gagal lolos.

Prestasi tersebut tak dapat kembali diulangi Islandia karena mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2022. Islandia tampil buruk pada babak kualifikasi zona Eropa dengan hanya menempati urutan kelima Grup J.

Kedelapan negara tersebut harus mengubur mimpinya untuk tampil di Qatar karena gagal lolos kualifikasi. Padahal beberapa dari mereka sempat tampil gemilang pada edisi 2018 di Rusia.

Baca Juga: Demi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Afrika 2023 Digeser

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya