Comscore Tracker

Melihat Serba-serbi Rekor Hattrick yang Tercipta di Piala Dunia

Catatan spesial bagi para pemain

Mencetak hattrick di ajang sebesar Piala Dunia merupakan sesuatu yang luar biasa. Hingga Piala Dunia 2018, sudah tercatat 52 kali pemain mencetak tiga gol di ajang empat tahunan tersebut.

Catatan tersebut tentunya masih bisa terus bertambah tahun ini di Piala Dunia Qatar 2022. Mari melihat serba-serbi rekor hattrick yang pernah tercipta di ajang Piala Dunia.

1. Bert Patenaude jadi orang pertama yang bukukan hattrick di Piala Dunia

Melihat Serba-serbi Rekor Hattrick yang Tercipta di Piala DuniaBert Patenaude (tengah) menjadi pemain pertama yang mencetak hattrick di Piala Dunia. (ussoccer.com)

Bert Patenaude tercatat dalam buku sejarah sebagai pemain pertama yang mencetak hattrick di Piala Dunia. Patenaude mencetak tiga gol ketika Amerika Serikat mengalahkan Paraguay 3-0 pada Piala Dunia 1930.

Patenaude total mencetak empat gol pada gelaran yang diadakan di Uruguay tersebut. Ia juga berhasil membawa Amerika Serikat menembus semifinal yang masih menjadi raihan terbaik mereka di Piala Dunia.

2. Pele jadi pemain termuda yang cetak tiga gol

Melihat Serba-serbi Rekor Hattrick yang Tercipta di Piala DuniaPele jadi pemain termuda yang mencetak hattrick di Piala Dunia. (fifa.com)

Brasil harus bertemu Prancis pada babak semifinal Piala Dunia 1958. Pele yang ketika itu masih berusia 17 tahun 244 hari menjadi bintang kemenangan Selecao dengan raihan hattrick.

Raihan itu membuat Pele menjadi pemegang rekor pencetak hattrick termuda di Piala Dunia. Pemain lain yang mencetak tiga gol ketika belum genap berusia 20 tahun adalah Edmund Conen pada Piala Dunia 1934 untuk Jerman.

3. Sementara pemain tertua yang mencetak hattrick masih dipegang Cristiano Ronaldo

Melihat Serba-serbi Rekor Hattrick yang Tercipta di Piala DuniaCristiano Ronaldo (uefa.com)

Jika Pele menjadi pencetak hattrick termuda, maka Cristiano Ronaldo menjadi pemain tertua yang sukses membukukan hattrick di Piala Dunia. Ronaldo membuatnya ketika Portugal mengimbangi Spanyol 3-3 di Piala Dunia 2018.

Ketika mencatatkan rekor tersebut, usia Ronaldo saat itu adalah 33 tahun 130 hari. Ia memecahkan catatan milik pemain asal Belanda, Rob Rensenbrink, yang telah bertahan sejak Piala Dunia 1978.

4. Laszlo Kiss menjadi pemain yang mencetak hattrick tercepat di Piala Dunia

Melihat Serba-serbi Rekor Hattrick yang Tercipta di Piala DuniaLaszlo Kiss (nomor 10) menjadi pencetak hattrick tercepat dalam sejarah Piala Dunia. (twitter.com/fifaworldcup_es)

Turun dari bangku cadangan, Laszlo Kiss hanya membutuhkan waktu tujuh menit untuk mencetak hattrick ketika Hungaria menggulung El Salvador 10-1. Pertandingan tersebut merupakan laga dengan kemenangan terbesar di Piala Dunia.

Sementara itu jika melihat dari menit awal pertandingan, Erich Probst menjadi yang paling cepat. Pemain asal Austria tersebut sudah membukukan tiga gol di menit ke-24 ketika timnya melawan Cekoslovakia pada Piala Dunia 1954.

Baca Juga: 5 Rekor Mentereng Pele di Piala Dunia, Mustahil Dipecahkan?

5. Geoff Hurst masih jadi satu-satunya pemain yang cetak tiga gol di final Piala Dunia

Melihat Serba-serbi Rekor Hattrick yang Tercipta di Piala DuniaGeoff Hurst mencetak hattrick di final Piala Dunia 1966. (fifa.com)

Meskipun sudah ada 52 hattrick yang tercipta hingga Piala Dunia 2018, namun hanya satu orang yang berhasil melakukannya di partai final, yakni Geoff Hurst pada final Piala Dunia 1966.

Torehan tiga gol yang dicetak Hurst sukses membawa Inggris menjuarai Piala Dunia 1966 setelah menekuk Jerman Barat dengan skor 4-2. Hurst sendiri berhasil mencetak empat gol sepanjang gelaran Piala Dunia yang dihelat di Inggris tersebut.

6. Tiga pemain berhasil cetak hattrick meski timnya menelan kekalahan

Melihat Serba-serbi Rekor Hattrick yang Tercipta di Piala DuniaIgor Belanov mencetak hattrick ke gawang Belgia pada Piala Dunia 1986. (twitter.com/FIFAcom)

Mencetak hattrick memanglah sesuatu yang membanggakan, tetapi itu tak akan ada artinya jika tim yang mereka bela mengalami kekalahan. Hal itulah yang sepertinya dirasakan ketiga pemain ini.

Ernst Wilimowski gagal membawa Polandia menang melawan Brasil pada Piala Dunia 1938. Josef Hugi tak mampu menyelamatkan Swiss dari kekalahan melawan Austria pada Piala Dunia 1954. Terakhir ada Igor Belanov yang harus melihat Uni Soviet kalah di tangan Belgia.

7. Hanya ada empat pemain yang bukukan hattrick lebih dari sekali

Melihat Serba-serbi Rekor Hattrick yang Tercipta di Piala DuniaJust Fontaine (fifa.com)

Sepanjang gelaran Piala Dunia tercatat hanya ada empat pemain yang pernah membukukan hattrick lebih dari sekali. Keempat pemain tersebut adalah Just Fontaine, Sandor Kocsis, Gerd Muller, dan Gabriel Batistuta yang masing-masing mencetak dua hattrick.

Just Fontaine mencetak dua hattrick untuk Prancis pada Piala Dunia 1958. Pada Piala Dunia 1970 giliran Gerd Muller yang membukukan hal serupa bagi Jerman, sementara Kocsis melakukannya pada Piala Dunia 1954. Batistuta menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak hattrick di dua edisi Piala Dunia berbeda.

8. Piala Dunia 1954 jadi edisi terbanyak ciptakan hattrick

Melihat Serba-serbi Rekor Hattrick yang Tercipta di Piala DuniaJerman melawan Swiss pada Piala Dunia 1954. (fifa.com)

Piala Dunia 1954 menjadi Piala Dunia dengan catatan hattrick paling banyak. Total, terdapat delapan kali seorang pemain mencetak tiga gol pada Piala Dunia yang ketika itu diadakan di Swiss tersebut.

Sandor Kocsis yang keluar sebagai top skorer turnamen mampu menorehkan dua hattrick. Sementara Carlos Borges, Erich Probst, Burhan Sargun, Max Morlock, Josef Hugi, dan Theodore Wagner masing-masing menyumbang satu hattrick.

9. Sementara itu tahun 2006 jadi satu-satunya edisi di mana tak satu pun pemain mencetak hattrick

Melihat Serba-serbi Rekor Hattrick yang Tercipta di Piala DuniaItalia menjadi juara Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Jika pada Piala Dunia 1954 merupakan edisi paling banyak hattrick, lain halnya dengan Piala Dunia 2006. Pada edisi yang dimenangkan oleh Italia tersebut tak ada satu pemain pun yang mampu mencetak tiga gol dalam satu pertandingan.

Padahal, ketika itu terjadi brace atau pemain yang mencetak dua gol sebanyak 15 kali. Piala Dunia 2006 masih menjadi satu-satunya edisi Piala Dunia di mana tak ada satu pemain pun yang mampu menciptakan hattrick.

 

Hattrick menjadi sesuatu yang cukup membanggakan jika seorang pemain mampu melakukannya di ajang sekelas Piala Dunia. Lantas, apakah ada rekor hattrick baru yang akan tercipta pada Piala Dunia Qatar 2022.

Baca Juga: 5 Momen Gol Ronaldo di Piala Dunia, Cetak Hattrick ke Gawang Spanyol!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya