5 Tim Besar yang Harus Turun Kasta ke Liga Europa 2022/2023

Mereka tak mampu lolos dari fase grup UCL

Liga Champions Eropa 2022/2023 telah menyelesaikan semua pertandingan fase grup. Hanya ada dua klub dalam tiap grup yang berhak lolos ke fase berikutnya, sementara peringkat ketiga akan bermain di Liga Europa.

Meskipun Europa League termasuk kompetisi kasta kedua di Eropa, musim ini sepertinya akan berlangsung cukup menarik karena banyak tim besar bermain di sana. Belum lagi ditambah beberapa tim Liga Champions yang musim ini harus turun kasta ke Liga Europa.

Berikut lima tim besar yang harus turun kasta ke Liga Europa 2022/2023 karena hanya menempati urutan ketiga fase grup Liga Champions.

1. Ajax Amsterdam

5 Tim Besar yang Harus Turun Kasta ke Liga Europa 2022/2023Ajax Amsterdam (twitter.com/vdsar1970)

Ajax Amsterdam tampil sempurna dengan menyabet enam kemenangan pada musim 2021/2022. Namun, kali ini mereka tak mampu berbuat banyak di Grup A yang berisi Napoli, Liverpool, dan Glasgow Rangers.

Ajax hanya mampu memetik kemenangan ketika berhadapan dengan Rangers. Sementara, saat bertemu Napoli dan Liverpool, raksasa Belanda tersebut tak mampu menang dan bahkan kalah dengan banyak gol.

Kehilangan cukup banyak pemain penting pada awal musim serta hengkangnya Erik ten Hag ke Manchester United membuat performa Ajax menurun. Mereka kini harus rela turun kasta ke Liga Europa karena hanya menempati urutan ketiga Grup A.

2. Juventus

5 Tim Besar yang Harus Turun Kasta ke Liga Europa 2022/2023Leonardo Bonucci mencetak gol ke gawang Paris Saint-Germain di pekan keenam Liga Champions 2022/2023. (twitter.com/ChampionsLeague)

Juventus tampil buruk pada 2022/2023 di bawah asuhan Massimiliano Allegri. Tak hanya kesulitan di Serie A, La Vecchia Signora juga gagal total ketika bermain di Liga Champions dengan hanya menghuni peringkat ketiga Grup H.

Juventus gagal bersaing dengan Benfica dan Paris Saint-Germain yang menempati dua posisi teratas. Mereka hanya sekali meraih kemenangan, sementara lima laga sisanya berakhir dengan kekalahan.

Baca Juga: Arsenal Kandidat Terkuat Juara Liga Europa 2022/2023

3. Sevilla

5 Tim Besar yang Harus Turun Kasta ke Liga Europa 2022/2023Sevilla ketika menghadapi Manchester City di pekan keenam Liga Champions 2022/2023. (twitter.com/SevillaFC_ENG)

Bergabung bersama Manchester City, Borussia Dortmund, dan Copenhagen di Grup G, Sevilla hanya mampu meraih peringkat ketiga. Mereka sekali meraih kemenangan kontra Copenhagen di pertandingan kelima.

Liga Europa sendiri memang bukan tempat yang asing bagi Sevilla. Tim berjuluk Los Nervionenses tersebut merupakan tim tersukses dengan koleksi tujuh gelar juara.

4. Sporting Lisbon

5 Tim Besar yang Harus Turun Kasta ke Liga Europa 2022/2023Sporting Lisbon (twitter.com/SportingCP_en)

Sporting Lisbon sempat melangkahkan satu kakinya ke babak 16 besar Liga Champions ketika unggul 1-0 hingga turun minum melawan Eintracht Frankfurt pada pekan keenam. Namun, keadaan justru berbalik menjadi 1-2 pada akhir pertandingan.

Hasil itu membuat asa Sporting untuk lolos ke fase berikutnya sirna seketika. Mereka hanya berhasil menempati peringkat ketiga Grup D. Raksasa Portugal tersebut terpaksa harus bermain di Liga Europa.

5. Barcelona

5 Tim Besar yang Harus Turun Kasta ke Liga Europa 2022/2023Barcelona (twitter.com/FCBarcelona)

Membeli banyak pemain baru pada bursa transfer musim panas 2022 tak membuat Barcelona berhasil lolos dari Grup C. Mereka tak mampu berbuat banyak ketika bertemu Bayern Munich dan Inter Milan serta hanya mampu menang melawan Viktoria Plzen.

Hasil ini membuat Barcelona hanya menempati urutan ketiga dan harus turun kasta ke Liga Europa. Ini merupakan kali kedua secara beruntun tim asal Catalan tersebut harus bermain di kompetisi kasta kedua Eropa tersebut.

Hasil fase grup Liga Champions 2022/2023 ternyata cukup mengejutkan. Tim-tim besar yang diprediksi bisa melenggang ke fase gugur justru tersingkir lebih dini. Namun, di sisi lain, hal ini juga akan membuat Liga Europa musim ini makin seru.

Baca Juga: Deretan Pemain dengan Banderol Termahal di Liga Europa 2022/2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya