5 Tim Terakhir yang Menyingkirkan Bayern Munich di DFB-Pokal

SC Freiburg beri awal menyakitkan bagi Thomas Tuchel

Bayern Munich merupakan peraih gelar DFB-Pokal terbanyak sepanjang sejarah dengan 20 trofi. Namun, mereka harus mengakui keunggulan SC Freiburg di perempat final DFB-Pokal 2022/2023, Rabu (5/4/2023), dengan skor 1-2.

Kekalahan ini jelas menjadi awal buruk bagi Thomas Tuchel yang baru ditunjuk sebagai pelatih Die Roten. Untungnya, ini bukan pertama kali Bayern Munich disingkirkan tim lain.

Berikut deretan tim terakhir yang menyingkirkan Bayern Munich di DFB-Pokal.

1. Borussia Dortmund (2016/2017)

5 Tim Terakhir yang Menyingkirkan Bayern Munich di DFB-PokalThomas Tuchel bawa Borussia Dortmund juara DFB Pokal 2016/2017. (bundesliga.com)

Thomas Tuchel sukses membawa Borussia Dortmund menjuarai DFB-Pokal 2016/2017 setelah mengalahkan VfL Wolfsburg di partai final. Mereka sebelumnya menyingkirkan Bayern Munich di semifinal melalui adu penalti.

Die Roten sebenarnya unggul terlebih dahulu lewat Robert Lewandowski sebelum disamakan Pierre-Emerick Aubameyang. Tak ada gol lagi yang tercipta membuat laga berlanjut ke adu penalti. Borussia Dortmund sukses melenggang ke partai final usai keempat eksekutor Bayern Munich gagal menjebol gawang yang dijaga Mitchell Langerak.

2. Eintracht Frankfurt (2017/2018)

5 Tim Terakhir yang Menyingkirkan Bayern Munich di DFB-PokalEintracht Frankfurt juara DFB-Pokal 2017/2018. (bundesliga.com)

Eintracht Frankfurt menjinakkan Schalke 04 di semifinal DFB-Pokal 2017/2018 untuk menantang Bayern Munich di final. Tim berjuluk Die Adler yang tampil sebagai kuda hitam tak disangka mampu mengalahkan Die Roten dengan skor 3-1.

Bayern Munich hanya mampu membukukan 1 gol lewat Robert Lewandowski, sementara Frankfurt membalas 3 gol melalui sontekan Mijat Gacinovic dan 2 gol Ante Rebic. Pasukan Niko Kovac pun mengangkat trofi DFB-Pokal kelima mereka.

Baca Juga: 7 Klub Kuda Hitam di Final DFB-Pokal dalam 25 Tahun Terakhir

3. Holstein Kiel (2020/2021)

5 Tim Terakhir yang Menyingkirkan Bayern Munich di DFB-PokalHolstein Kiel menyingkirkan Bayern Munich pada babak kedua DFB-Pokal 2020/2021. (bundesliga.com)

Holstein Kiel mengejutkan sepak bola Jerman ketika mengandaskan Bayern Munich pada babak kedua DFB-Pokal 2020/2021. Hasil ini terbilang impresif karena Holstein Kiel saat itu hanya bermain di Bundesliga 2. Mereka bahkan melaju hingga ke semifinal sebelum ditekuk Borussia Dortmund.

Pasukan Hansi Flick sebenarnya tampil dengan skuad terbaiknya saat bertemu Kiel. Namun, tak disangka, mereka cukup kesulitan hingga laga berakhir 2-2.

Adu penalti pun menjadi penentu. Kegagalan penalti Marc Roca lalu membuat langkah Bayern Munich terhenti pada babak kedua.

4. Borussia Moenchengladbach (2021/2022)

5 Tim Terakhir yang Menyingkirkan Bayern Munich di DFB-PokalBorussia Moenchengladbach singkirkan Bayern Munich di babak kedua DFB-Pokal 2021/2022. (bundesliga.com)

Langkah Bayern Munich untuk merebut gelar juara DFB-Pokal 2021/2022 terhenti di tangan Borussia Moenchengladbach pada babak kedua. Tak tanggung-tanggung, mereka dihajar dengan skor telak lima gol tanpa balas.

Gladbach sudah unggul 3 gol pada babak pertama melalui 1 sontekan Kouadio Kone dan 2 gol Ramy Bensebaini. Pada babak kedua, penderitaan Bayern Munich makin lengkap usai Gladbach menambah dua gol dari Breel Embolo. Sayang, Gladbach kandas dari Hannover pada babak selanjutnya.

5. SC Freiburg (2022/2023)

5 Tim Terakhir yang Menyingkirkan Bayern Munich di DFB-PokalSC Freiburg mengalahkan Bayern Munich di perempat final DFB-Pokal 2022/2023. (twitter.com/FCBayern)

SC Freiburg menjadi mimpi buruk pelatih baru Bayern Munich, Thomas Tuchel. Menurunkan tim utama sejak awal laga, Die Roten mampu unggul lebih dahulu pada menit ke-19 melalui tandukan Dayot Upamecano.

Sekitar 8 menit berselang, SC Freiburg menyamakan kedudukan berkat aksi Nicolas Hoefler dari luar kotak penalti. Drama terjadi pada masa injury time babak kedua setelah Jamal Musiala melakukan handball di kotak terlarang. Lucas Hoeler yang maju sebagai eksekutor berhasil memperdaya Yann Sommer untuk membawa timnya melaju ke semifinal.

Berstatus tim terbaik di Bundesliga Jerman tak membuat langkah Bayern Munich selalu mudah di DFB-Pokal. Kelima tim di atas, misalnya, sukses menggagalkan ambisi Die Roten membawa pulang trofi DFB-Pokal.

Baca Juga: 5 Klub dengan Trofi DFB-Pokal Terbanyak dalam Sejarah

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya