Comscore Tracker

5 Duet Pemain Bertahan Terbaik Sepanjang Masa, Ada Puyol/Pique

Mereka saling melengkapi di lini pertahanan

Pemain bertahan memiliki tugas menjaga area pertahanan agar tak kebobolan. Memiliki kemampuan bertahan yang baik lantas menjadi kunci utama.

Bersama partner yang kompak, pemain bertahan bisa menjadi momok bagi lawan. Kerja sama dengan chemistry yang tinggi membuat mereka menjadi penghalang yang sulit ditembus. Seperti Lima duet pemain bertahan terbaik sepanjang masa ini.

1. Carles Puyol/Gerard Pique

5 Duet Pemain Bertahan Terbaik  Sepanjang Masa, Ada Puyol/PiqueCarles Puyol dan Gerard Pique (Instagram.com/carles5puyol)

Tidak ada duet sesukses Carles Puyol dan Gerard Pique. Mereka mulai bermain bersama pada 2008, ketika Pique dipulangkan Barcelona dari Manchester United. Bahkan, pada musim pertamanya, Puyol/Pique membantu Blaugrana meraih treble winners.

Kesuksesan Puyol/Pique pun berlanjut di kancah internasional. Mereka yang menjadi bagian dari Timnas Spanyol berhasil meraih trofi Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Bersama Barcelona dan Timnas Spanyol, Puyol/Pique adalah ikon pemain bertahan terbaik dalam sepak bola Spanyol.

2. Rio Ferdinand/Nemanja Vidic

5 Duet Pemain Bertahan Terbaik  Sepanjang Masa, Ada Puyol/PiqueRio Ferdinand dan Nemanja Vidic (Instagram.com/rioferdy5)

Duet kokoh ciptaan Sir Alex Ferguson pada 2007—2011, Rio Ferdinand/Nemanja Vidic, adalah partner bertahan terbaik yang pernah ada di Eropa pada masanya. Keduanya saling melengkapi satu sama lain. Ferdinand kuat dalam duel satu lawan satu, sedangkan Nemanja Vidic kokoh dalam bola-bola atas.

Kesuksesan terbaik mereka terjadi pada 2008, saat Manchester United meraih treble winners. Keduanya membuat Setan Merah menjuarai Premier League, FA Cup, dan UEFA Champions League dalam 1 musim.

Manchester United sangat beruntung memiliki Ferdinand/Vidic selama hampir 4 musim. Mereka akhirnya berpisah jalan ketika Rio Ferdinand hijrah ke Queens Park Rangers dan Nemanja Vidic ke Inter Milan.

Baca Juga: 5 Pemain Bertahan asal Brasil yang Pernah Membela Sevilla, Siapa Saja?

3. Paolo Maldini/Alessandro Nesta

5 Duet Pemain Bertahan Terbaik  Sepanjang Masa, Ada Puyol/PiqueMaldini dan Nesta (Instagram.com/nesta)

Paolo Maldini bertransformasi menjadi centre back setelah bermain di posisi bek kiri. ia pun mulai berpasangan dengan Alessandro Nesta pada 2000.

Nesta muda, yang banyak diragukan saat itu, ternyata mampu menunjukkan dirinya sebagai sosok tepat di samping Maldini. Mereka mendapat julukan Art of Defending karena lawan dibuat kesulitan melewati pertahanan AC Milan.

Duet Maldini/Nesta kala itu membawa AC Milan menjuarai UEFA Champions League 2003 dan 2007. Mereka jadi yang terbaik di Italia, bahkan Eropa.

4. Marcos de Morais/Roberto Carlos

5 Duet Pemain Bertahan Terbaik  Sepanjang Masa, Ada Puyol/PiqueCafu dan Roberto Carlos (Instagram.com/oficialrc3)

Marcos de Morais alias Cafu dan Roberto Carlos merupakan dua wing back terbaik Brasil. Dua bek sayap legendaris ini tidak pernah bermain bersama di level klub, tetapi selalu jadi andalan di timnas.

Cafu lebih dahulu membela Brasil pada 1990. Ia menjadi bagian dari timnas saat juara Piala Dunia 1994.

Cafu mulai berpasangan dengan Carlos pada 1996. Mereka sukses membawa Brasil jadi juara Piala Dunia 2002 setelah mengalahkan Jerman 2-0 pada partai final.

Selain memenangi Piala Dunia 2002, Cafu/Carlos menjadi bagian Brasil saat menjuarai Copa America 1997 dan 1999. Itu belum termasuk Piala Konfederasi 1997. Cafu dan Roberto Carlos kemudian sama-sama pensiun dari timnas pada 2006.

5. Sergio Ramos/Rapahel Varane

5 Duet Pemain Bertahan Terbaik  Sepanjang Masa, Ada Puyol/PiqueSergio Ramos dan Raphael Varane (Instagram.com/raphaelvarane)

Sergio Ramos dan Raphael Varane termasuk duet tersukses di dunia. Meraih banyak meraih trofi bersama Real Madrid.

Ramos/Varane jadi benteng kokoh Real Madrid selama hampir 6 musim sejak 2014. Keduanya menghasilkan 4 trofi Champions League, 4 trofi Club World Cup, 3 trofi LaLiga, dan 3 trofi UEFA Super Cup.

Ramos/Varane sendiri adalah dua karakter berbeda yang saling melengkapi. Sergio Ramos dengan karismanya tegas memimpin di dalam lapangan. Raphael Varane dengan teknik dan kecepatannya mampu meredam serangan lawan.

Keduanya kini telah meninggalkan Real Madrid. Ramos pindah ke klub kaya raya, Paris Saint-Germain. Varane pergi ke Manchester United.

Kemampuan duet pemain bertahan di atas tidak perlu diragukan lagi. Jumlah trofi yang mereka punya adalah bukti dari kompaknya kerja sama mereka. Akankah ada duet pemain bertahan terbaik lagi yang muncul dalam beberapa tahun mendatang?

Baca Juga: 6 Pemain Bertahan Premier League yang Banderolnya Naik Tajam

Ghulam Zaky Ismail Photo Writer Ghulam Zaky Ismail

Semakin sering kamu jatuh. Semakin sering kamu belajar. Jangan menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya