Martial Jadi Pilihan Utama Erik ten Hag meski CR7 Bertahan di MU

Anthony Martial impresif pada tur pramusim

Erik ten Hag sedang menghadapi tugas berat untuk membangun skuad Manchester United menyambut musim 2022/2023.  Manchester United di bawah asuhan Ralf Rangnick harus puas berada di peringkat enam English Premier League 2021/2022. Erik ten Hag diharapkan dapat memperbaiki citra klub kebanggaan Kota Manchester tersebut.

Erik ten Hag perlu menegaskan pilihan soal pengisi pos penyerang Manchester United. Apalagi nasib Cristiano Ronaldo belum jelas. Sementara, Anthony Martial yang ada saat ini bisa mengisi posisi penyerang tengah Manchester United.

Martial yang performanya sempat menurun dalam beberapa musim terakhir mulai membuktikan kualitasnya. Ia yang sempat terdepak dari Manchester United malah berpotensi menjadi pilihan utama Erik ten Hag. Lalu, seperti apa nasib Cristiano Ronaldo?

1. Cristiano Ronaldo belum juga tentukan masa depan

Martial Jadi Pilihan Utama Erik ten Hag meski CR7 Bertahan di MUCristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Cristiano Ronaldo belum menentukan masa depannya bersama Manchester United untuk 2022/2023 mendatang. Peraih pemain terbaik dunia lima kali tersebut juga tidak ikut bersama skuad The Red Devils yang menjalani tur pramusim di Asia dan Australia.

Erik ten Hag sebenarnya masih ingin CR7 berada di klub meski kombinasi trio pemain muda cukup baik. Anthony Martial, Marcus Rashford, dan Jadon Sancho tampil impresif pada pramusim 2022.

Pada Senin, 25 Juli 2022, Cristiano Ronaldo bersama agen pemain Jorge Mendes tiba di Carrington, pusat pelatihan Manchester United, untuk membahas masa depannya. Ronaldo terang-terangan menyatakan ingin hengkang ke klub lain agar bisa bermain di Liga Champions Eropa.

Jika bertahan bersama The Red Devils, CR7 tidak akan bisa bermain di Liga Champions musim depan. Padahal ia tidak pernah absen di Liga Champions sejak 2003 silam.

2. Anthony Martial tunjukkan performa impresif selama pramusim

Martial Jadi Pilihan Utama Erik ten Hag meski CR7 Bertahan di MUAnthony Martial (instagram.com/manchesterunited)

Anthony Martial tampil apik bersama Manchester United pada pramusim 2022. Penyerang Prancis berusia 26 tahun itu mampu mencetak 3 gol dari 5 laga yang telah dijalani. Kolaborasinya bersama Sancho dan Rashford di lini depan Manchester United terlihat kompak. Mereka mulai menunjukkan peningkatan performa yang cukup bagus.

Erik ten Hag dan manajemen Manchester United akhirnya memutuskan untuk mempertahankan Anthony Martial. Sang manajer terkesan dengan performa yang ditunjukkan penyerang asal Prancis tersebut. Ia akan memberikan posisi penyerang tengah kepadanya meskipun ada CR7.

Baca Juga: 5 Pemain yang Direkrut Manchester United bareng Anthony Martial

3. Anthony Martial mengalami cedera hamstring

Martial Jadi Pilihan Utama Erik ten Hag meski CR7 Bertahan di MUAnthony Martial (instagram.com/manchesterunited)

Saat laga menghadapi Atletico Madrid di Oslo pada 30 Juli 2022 lalu, Anthony Martial terlihat meninggalkan lapangan dengan memegangi hamstringnya. Ia pun diperkirakan absen dalam laga pertama English Premier League melawan Brighton pada Minggu (7/8/2022).

Jika belum sembuh dari cedera, Martial kemungkinan baru bisa bermain pada laga kedua Manchester United menghadapi Brentford. Sementara itu, Cristiano Ronaldo yang hanya bermain satu kali di laga pramusim belum punya kepastian tentang masa depannya. 

Manchester United memiliki Marcus Rashford dan Anthony Elanga sebagai gantinya. Kedua pemain itu bisa bermain di posisi penyerang tengah. Jadon Sancho juga telah kembali setelah menepi karena kurang fit.

4. Kesempatan Anthony Martial mendapat tempat di Piala Dunia 2022 Qatar

Martial Jadi Pilihan Utama Erik ten Hag meski CR7 Bertahan di MUAnthony Martial (instagram.com/martial_9)

Kepercayaan Erik ten Hag kepada Anthony Martial berpotensi membuatnya bersinar. Produk akademi AS Monaco itu punya kesempatan untuk menunjukkan tajinya sekali lagi. Jika mampu tampil gemilang, maka ia juga bisa memastikan satu tempat di Timnas Prancis asuhan Didier Deschamps untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

Anthony Martial sendiri mesti berusaha keras. Sebab, Timnas Prancis saat ini dihuni penyerang hebat. Ada Karim Benzema, Kylian Mbappe, hingga Antoine Griezmann. Prancis sebagai juara Piala Dunia 2018 membutuhkan penyerang berkualitas untuk mempertahankan gelar juara.

5. Banyak klub yang enggan membeli CR7

Martial Jadi Pilihan Utama Erik ten Hag meski CR7 Bertahan di MUCristiano Ronaldo (Instagram.com/cristiano)

Beberapa klub besar yang berlaga di Liga Champions tak menginginkan Cristiano Ronaldo. Pemilik Chelsea sempat berkomunikasi dengan Jorge Mendes, tetapi Thomas Tuchel menyatakan pihaknya lebih mengutamakan Raheem Sterling ketimbang CR7.

Raja Bundesliga, Bayern Munich, yang kehilangan Robert Lewandowski juga enggan mendatangkan Cristiano Ronaldo. CEO Bayern Munich, Oliver Kahn, tidak setuju mendatangkannya.

“Aku menyukai Cristiano Ronaldo dan semua orang tahu bagaimana kualitasnya. Namun, tiap klub mempunyai gaya dan filosofi sendiri dan aku meyakini jika CR7 tidak cocok dengan filosofi kami dan Bundesliga,”ujar Kahn dikutip Foxsport

Persaingan menarik antara Cristiano Ronaldo dan Anthony Martigal akan terjadi seandainya CR7 tetap bersama Manchester United. Martial dalam performanya yang bagus belakang ini, sementara Ronaldo justru ingin hengkang.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Jadi Cadangan di Laga Perdana MU

Ghulam Zaky Ismail Photo Writer Ghulam Zaky Ismail

Semakin sering kamu jatuh. Semakin sering kamu belajar. Jangan menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya