5 Pemain Serie A yang Putuskan Pindah ke EPL pada Musim Panas 2022

Premier League memiliki daya tarik yang besar

English Premier League (EPL) jadi salah satu liga terbaik dunia yang sering terpilih sebagai tujuan para pemain sepak bola. Banyaknya klub hebat di Premier League bak daya tarik tersendiri bagi para pemain yang ingin mendarat di sana.

Selain bisa merasakan besarnya gaji di Liga Inggris, ketat dan kerasnya persaingan antarklub juga sering menjadi alasan lain yang menarik perhatian. Tidak terkecuali bagi pemain Serie A Italia.

Berikut ini adalah pemain Serie A yang putuskan pindah ke EPL pada musim panas 2022.

1. Ivan Perisic

5 Pemain Serie A yang Putuskan Pindah ke EPL pada Musim Panas 2022Ivan Perisic ketika diperkenalkan sebagai pemain baru Tottenham Hotspur. (tottenhamhotspur.com)

Ivan Perisic kembali bersua dengan manajer lamanya, Antonio Conte. Tottenham Hotspur mendapatkan jasa Perisic secara gratis lantaran sang pemain tidak memperpanjang kontraknya bersama Inter Milan pada musim panas ini.

Perisic sendiri menjadi bagian penting dari skema Conte dalam kesuksesan Inter Milan meraih scudetto pada 2020/2021. Meskipun kini dirinya telah berusia 33 tahun, penampilan pemain Kroasia ini masih sangat impresif sebagai seorang winger.

Memiliki banyak pengalaman bermain di Liga Jerman dan Liga Italia, Perisic menjadi bagian dari skuad Kroasia yang berhasil menembus partai final Piala Dunia 2018. Ia juga sempat membela Bayern Munich ketika meraih trofi UEFA Champions League 2019/2020.

2. Kalidou Koulibaly

5 Pemain Serie A yang Putuskan Pindah ke EPL pada Musim Panas 2022Kalidou Koulibaly (instagram.com/kkoulibaly26)

Chelsea membayar 33 juta euro atau setara dengan Rp660 miliar dengan kontrak hingga 2026 untuk Kalidou Koulibaly. Thomas Tuchel pun akhirnya mendatangkan pengganti sepadan bagi Antonio Ruediger yang hijrah ke Real Madrid dan Andreas Christensen yang pergi ke Barcelona.

Koulibaly akan menjadi tandem ideal bagi Thiago Silva untuk mengarungi kerasnya Premier League. Sang pemain sendiri sebenarnya  sudah lama jadi incaran beberapa klub EPL. Namun, Napoli masih enggan melepas kapten Timnas Senegal tersebut saat itu.

Meski baru pertama kali bermain di Premier League, Koulibaly disinyalir akan mudah beradaptasi. Apalagi mengingat barisan belakang Chelsea yang fasih berbahasa Prancis, seperti Edouard Mendy dan Thiago Silva.

Baca Juga: 5 Pemain Top Pindah ke Serie A Gratis pada Musim Panas 2022

3. Thomas Strakosha

5 Pemain Serie A yang Putuskan Pindah ke EPL pada Musim Panas 2022Thomas Strakosha ketika membela Lazio di Serie A. (instagram.com/thomas_strakosha)

Thomas Strakosha menjadi pemain asal Serie A selanjutnya yang bermain di Premier League 2022/2023. Brentford mendapatkan jasa Strakosha secara gratis karena sang pemain tidak ingin melanjutkan kontrak dengan Lazio.

Bersama Lazio pada 2021/2022 lalu, kiper satu ini menorehkan 11 clean sheet dari 31 pertandingan. Thomas Frank, kepala pelatih Brentford, pun mengungkapkan kebahagiaannya karena berhasil mendapatkan jasa kiper Lazio asal Albania tersebut.

Peraih 2 kali Piala Italia dan 2 kali Italian Super Cup ini akan menjadi pesaing sepadan bagi David Raya. Keduanya akan berebut posisi penjaga gawang Brentford musim depan.

4. Aaron Hickey

5 Pemain Serie A yang Putuskan Pindah ke EPL pada Musim Panas 2022Aaron Hickey (instagram.com/brentfordfc)

Aaron Hickey, pemain muda asal Skotlandia, menjadi pemain baru Brentford juga. Ia mendapat kontrak selama 4 tahun.

Hickey sendiri merupakan pemain potensial. Ia bisa berkembang sebagai seorang wingback. Tidak heran jika Brentford telah meminati Aaron sejak Januari 2022.

Aaron Hickey juga bermain bersama Timnas Skotlandia. Ia sudah tampil dalam empat pertandingan. 

Sebelum hijrah ke Premier League, Hickey sempat semusim lebih bermain di Serie A bersama Bologna. Baru berusia 20 tahun, ia telah memiliki banyak pengalaman mengisi posisi bek sayap di sana.

5. Robin Olsen

5 Pemain Serie A yang Putuskan Pindah ke EPL pada Musim Panas 2022Robin Olsen (instagram.com/robinolsen25)

Robin Olsen akan bermain di Premier League 2022/2023 setelah Aston Villa mempermanenkan kiper berusia 32 tahun tersebut. Sebelumnya, Olsen berstatus sebagai pemain pinjaman dari AS Roma. Steven Gerrard sebagai pelatih utama Aston Villa meyakinkannya untuk tetap bersama klub musim depan.

Olsen juga sempat berseragam Everton dan Sheffield United di EPL. Statusnya sama-sama sebagai pemain pinjaman dari AS Roma.

Pengalaman Olsen di Inggris akan menjadi pengalaman berharga. Ia cocok jadi kompetitor sepadan bagi kiper utama Aston Villa asal Argentina, Emiliano Martinez.

Datangnya pemain-pemain top Serie A menguatkan anggapan Premier League sebagai liga terbaik dunia saat ini. Patut dinantikan kiprah mereka menghadapi kerasnya pertandingan EPL bersama klub masing-masing.

Baca Juga: Sempat ke EPL, 5 Pemain Italia Ini Putuskan Kembali ke Serie A

Ghulam Zaky Ismail Photo Writer Ghulam Zaky Ismail

Semakin sering kamu jatuh. Semakin sering kamu belajar. Jangan menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya