Comscore Tracker

Pemain Top Eropa yang Turut Ramaikan Gelaran Olimpiade Tokyo 2021 

Dani Alves bakal tambah koleksi gelar? #Tokyo2020

Pagelaran Olimpiade selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta sepak bola. Ajang yang hadir empat tahun sekali ini menjadi salah satu turnamen yang ditunggu selain pagelaran Piala Dunia. Untuk cabang olahraga sepak bola, Olimpiade memiliki aturan hanya ada 3 pemain berusia di atas 23 tahun yang boleh didaftarkan oleh negara partisipan.

Aturan ini sendiri mendorong para pemain muda untuk memamerkan kemampuan terbaik mereka. Sedangkan aturan 3 pemain senior yang boleh didaftarkan itu tentu saja untuk mengawal dan memberikan jiwa kepemimpinan mereka ini kepada para pemain muda.

Di ajang Olimpiade Tokyo 2020 ini, beberapa nama beken sepak bola dunia juga turut didaftarkan untuk membantu para pemain muda bertarung memperebutkan medali emas. Siapa saja para pemain senior yang sudah malang melintang di sepak bola Eropa ini?

1. Dani Alves, Brazil

Pemain Top Eropa yang Turut Ramaikan Gelaran Olimpiade Tokyo 2021 ambisi Dani Alves di Olimpiade (theathletic.com)

Memiliki rekor sebagai pemain dengan koleksi trofi terbanyak sepanjang karir, Dani Alves didapuk untuk menjabat sebagai kapten timnas Brazil di Olimpiade Tokyo 2020. Meskipun memiliki segudang piala di kabinetnya, Dani Alves belum pernah mendapatkan medali emas Olimpiade.

Nama Dani Alves tidak tergabung di dalam skuad Brazil ketika memenangkan medali emas di Olimpiade Rio 2016. Hal tersebut tentu menjadi lecutan bagi Dani Alves untuk memimpin kawan-kawannya mempertahankan gelar juara di ajang Olimpiade.

2. Andre-Pierre Gignac, Prancis

Pemain Top Eropa yang Turut Ramaikan Gelaran Olimpiade Tokyo 2021 giliran Gignac jadi ujung tombak Prancis (beinsports.com)

Pemain kawakan yang kini bermain untuk klub Tigres UANL ini memang tak banya memiliki caps bersama timnas Prancis. Namun di ajang Olimpiade Tokyo 2020 ini Gignac mendapatkan kesempatan untuk turut mengharumkan nama Prancis di ajang sepak bola internasional.

Menjabat sebagai kapten, Gignac bersama rekan satu klubnya di Tigres UANL, Florian Thauvin, menjadi ujung tombak Prancis dalam perburuan medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga: 6 Pemain Sepak Bola Termahal yang Tampil di Olimpiade Tokyo 2020

3. Maya Yoshida, Jepang

Pemain Top Eropa yang Turut Ramaikan Gelaran Olimpiade Tokyo 2021 instruksi sang kapten Maya Yoshida (foxnews.com)

Nama pemain veteran Maya Yoshida seakan menjadi palang pintu yang tak tergantikan di skuad timnas Jepang. Bertindak sebagai tuan rumah di Olimpiade Tokyo 2020 ini, timnas sepak bola Jepang masih mempercayakan lini belakang mereka kepada pemain yang lama membela Southampton tersebut.

Soal pengalaman pemain berusia 33 tahun ini tak perlu diragukan lagi. Maya Yoshida juga merupakan kapten timnas Jepang saat mengikuti Piala Dunia 2018 di Russia. Sayang saat itu Jepang harus tersingkir secara menyakitkan dari timnas Belgia.

4. Guillermo Ochoa, Meksiko

Pemain Top Eropa yang Turut Ramaikan Gelaran Olimpiade Tokyo 2021 Ochoa didapuk sebagai kapten Meksiko di ajang Olimpiade Tokyo 2020. (en.as.com)

Guillermo Ochoa adalah kiper andalan timnas Meksiko yang selalu dipercaya menjadi tembok terakhir timnas Meksiko sejak helatan Piala Dunia 2010. Di usia yang sudah tidak muda lagi, Ochoa kembali mendapat panggilan untuk kembali mengawal jala Mexico di Olimpiade.

Sejauh ini, Ochoa telah melakoni 114 caps bersama timnas Meksiko di semua ajang. Sejak kekalahan dari timnas USA pada Final Concacaf beberapa waktu lalu, Ochoa bertekad untuk mendapatkan hasil maksimal di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

 

5. Winston Reid, Selandia Baru

Pemain Top Eropa yang Turut Ramaikan Gelaran Olimpiade Tokyo 2021 Winston Reid saat membela West Ham (premierleague.com)

Winston Reid adalah mantan kapten tim West Ham. Reid tercatat telah memainkan 167 kali pertandingan di Premier League. Ia baru saja sukses mengantarkan Brentford naik ke kasta tertinggi Liga Inggris.

Bersama Selandia Baru, Winston Reid berkesempatan mencicipi ketatnya persaingan turnamen sepak bola internasional di ajang Olimpiade 2021. Reid bakal bahu membahu dengan kompatriotnya yang juga bermain di Liga Inggris bersama klub Burnley, Chris Wood.

Mampukah para pemain veteran ini mengantarkan negaranya meraih medali emas cabang olahraga sepak bola di Olimpiade Tokyo 2021?

Baca Juga: 5 Calon Kuat Pengganti Mbappe di PSG Jika Jadi Hengkang ke Madrid

Ghulam Zaky Ismail Photo Writer Ghulam Zaky Ismail

Semakin sering kamu jatuh. Semakin sering kamu belajar. Jangan menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya