5 Fakta Emile Smith Rowe, Meriam Terbaru Arsenal yang Tengah Meledak

Pemain dengan performa menanjak

Emile Smith Rowe menjadi satu nama yang belakangan banyak diperbincangkan berkat performa apiknya. Terbaru, pada pekan lalu, ia menjadi pencetak gol semata wayang Arsenal ketika mengalahkan Watford di Liga Inggris. 

Sebagai catatan, itu merupakan golnya yang kelima musim ini di seluruh kompetisi. Terbanyak kedua setelah Pierre-Emerick Aubameyang yang merupakan penyerang utama dengan tujuh gol.

Untuk kamu yang ingin mengetahui pemain ini lebih dalam, ada lima fakta menarik yang bisa kamu simak. Check this out!

1. Bergabung dengan akademi Arsenal sejak usia 10 tahun

5 Fakta Emile Smith Rowe, Meriam Terbaru Arsenal yang Tengah Meledakpotret Emile Smith-Rowe (instagram.com/emilesmithrowe)

Emile Smith Rowe yang lahir pada 28 Juli 2000 telah bergabung dengan akademi Arsenal sejak berusia 10 tahun. Ia merangkak naik di setiap kategori tim usia hingga akhirnya mencatatkan debut untuk tim senior pada 2018/2019 saat berusia 18 tahun.

Tidak lama setelah momen tersebut, Smith Rowe juga mencetak gol debutnya. Hingga kini, ia telah mencatatkan total 58 penampilan dengan koleksi 12 gol dan 9 assist untuk The Gunners.

2. Sempat ikut uji coba di akademi Chelsea

5 Fakta Emile Smith Rowe, Meriam Terbaru Arsenal yang Tengah Meledakpotret Emile Smith-Rowe (twitter.com/Arsenal)

Sebelum bergabung dengan akademi Arsenal, Emile Smith Rowe mengaku bahwa ia sebetulnya sempat ikut uji coba bersama akademi Chelsea. Ia uji coba selama 3—4 minggu ketika berusia 7 atau 8 tahun. Namun, ia ditolak masuk akademi Chelsea.

Dilansir The Guardian, salah satu alasannya tidak masuk ke akademi Chelsea adalah karena masalah fisik. Emile Smith Rowe mengaku bahwa saat itu ia masih begitu kecil dan kurus sehingga banyak kehilangan bola dan tidak banyak terlibat dalam permainan.

Baca Juga: Debut Timnas Emile Smith Rowe, Harapkan Kemenangan pada Sisa Laga

3. Tolak Tottenham Hotspur karena cinta Arsenal

5 Fakta Emile Smith Rowe, Meriam Terbaru Arsenal yang Tengah Meledakpotret Emile Smith-Rowe (twitter.com/Arsenal)

Pemiliki nomor 10 di Arsenal ini juga mengaku bahwa ketika berusia 15 atau 16 tahun, ia pernah mendapat tawaran untuk bergabung dengan rival bebuyutan The Gunners, Tottenham Hotspur. Namun, karena kecintaannya kepada Arsenal, ia pun menolaknya.

“Spurs tertarik untuk merekrutku saat berusia 15 atau 16 tahun. Namun, sejujurnya, sebagai seorang pendukung Arsenal aku tidak begitu terlalu tertarik,” ujar Emile Smith Rowe seperti dikutip The Mirror.

4. Menjalani masa peminjaman di dua klub

5 Fakta Emile Smith Rowe, Meriam Terbaru Arsenal yang Tengah Meledakpotret Emile Smith-Rowe bersama Huddersfield (instagram.com/emilesmithrowe)

Pada Januari 2019, Arsenal memutuskan untuk meminjamkan Emile Smith Rowe ke RB Leipzig. Sayang, pengalaman tersebut tidak berjalan baik karena ia hanya bermain 3 kali selama 6 bulan. Penyebab terbesarnya adalah cedera.

Pada Januari 2020, Emile Smith Rowe kembali dipinjamkan ke tim divisi Championship, Huddersfield. Ketika itu, ia mencatatkan 19 penampilan dengan mencetak 2 gol. Ia berkontribusi memastikan Huddersfield terhindar dari degradasi.

5. Dipanggil tim nasional senior Inggris

5 Fakta Emile Smith Rowe, Meriam Terbaru Arsenal yang Tengah Meledakpotret Emile Smith-Rowe bersama timnas Inggris (twitter.com/England)

Pada jeda internasional November 2021 ini, Emile Smith Rowe sebetulnya dipanggil oleh timnas Inggris U-21. Namun, karena beberapa pemain di timnas senior tidak bisa bergabung, Gareth Southgate memutuskan untuk memanggilnya.

Emile Smith Rowe mengaku bahwa ia tidak menduga pemanggilan tersebut. Namun, menurutnya, ini adalah sebuah mimpi yang menjadi nyata. 

Itu tadi lima fakta soal Emile Smith-Rowe. Apakah ia bisa menjadi bintang bagi Arsenal dan timnas Inggris? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 9 Potret Emile Smith Rowe, Pemain Muda Arsenal yang Mencuri Perhatian

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya