5 Film Dokumenter Klub Inggris yang Bisa Kamu Tonton di YouTube

Salah satunya ketika Leicester City menjuarai Liga Inggris Leicester City

Sebagai salah satu media sosial paling populer, YouTube memang bisa menjadi alat promosi yang efektif. Hal ini jugalah yang ikut dilakukan berbagai klub sepak bola, termasuk klub-klub asal Inggris yang notabene cukup mendunia.

Tak hanya konten standar, seperti cuplikan pertandingan, latihan, wawancara pemain, atau pelatih, beberapa tim juga menyajikan film dokumenter yang berdurasi cukup panjang. Berikut lima di antaranya yang bisa kamu saksikan di YouTube:

1. Code Red (Wolverhampton Wanderers)

https://www.youtube.com/embed/OxIa_Ztq2w4

Para penikmat Liga Inggris tentu ingat dengan insiden mengerikan yang terjadi pada laga Arsenal melawan Wolverhampton Wanderers musim lalu, tepatnya pada 29 November 2020. Kala itu, Raul Jimenez tidak sadarkan diri di lapangan setelah bertubrukan keras dengan David Luiz pada menit kelima.

Striker asal Meksiko tersebut ternyata mengalami cedera retak tulang tengkorak. Ia harus menepi dan baru bisa kembali bermain awal 2021/2022 ini. Code Red menceritakan perjalanan yang sangat emosional dari tragedi itu.

2. Together (Manchester City)

https://www.youtube.com/embed/DAu7bDtuVUI

Musim 2020/2021 memang menjadi musim anomali. Karena pandemi, liga-liga sepak bola pun sempat terhenti. Ini jelas pengalaman yang baru bagi setiap klub sepak bola, termasuk Manchester City.

Dengan durasi mencapai 1 jam 48 menit, Together menangkap secara dekat perjalanan 46 hari terakhir The Cityzens pada musim tersebut. Ikatan yang tampak dalam permainan di lapangan ternyata berawal dari ruang ganti.

Baca Juga: 5 Film Dokumenter dan Buku yang Membahas Valentino Rossi

3. Fearless Foxes: Our Story (Leicester City)

https://www.youtube.com/embed/4hLo1hfvyCM

Keberhasilan Leicester City dalam meraih gelar Liga Inggris pada 2015/2016 memang merupakan salah satu momen paling ajaib dalam sepak bola. Hampir terdegradasi pada musim sebelumnya, The Foxes mengejutkan seluruh dunia semusim berikutnya.

Lewat wawancara langsung bersama mereka yang menjadi pelaku, ditambah dengan rekaman-rekaman di balik layak, Fearless Foxes: Our Story semacam memberi penjelasan akan segala kemustahilan tersebut.

4. The Rise of Jude Bellingham (Birmingham City)

https://www.youtube.com/embed/3Yx-mA0K-t0

The Rise of Jude Bellingham menceritakan perjalanan dan perjuangan Jude Bellingham dalam menggapai mimpinya menjadi pesepak bola profesional. Selain wawancara dengan sang pemain sendiri, orang-orang terdekat yang terlibat ikut melengkapi kisah sang wonderkid tersebut.

Sebagai catatan, akan ada bagian kedua dari film ini. Isinya mengenai fase karier selanjutnya setelah hengkang dari Birmingham City, yaitu bersama Borussia Dortmund. Namun, belum ada tanggal resmi kapan bagian kedua tersebut akan dirilis.

5. Fagan: No Ordinary Joe (Liverpool)

https://www.youtube.com/embed/yuRymaR92Kw

Film terakhir ini mungkin tidak begitu panjang karena hanya berdurasi 15 menit. Namun materi di dalamnya tidak kalah pentingnya, yaitu menceritakan mengenai salah satu pelatih hebat dan sukses lainnya yang pernah dimiliki Liverpool: Joe Fagan.

Meski hanya menjabat kurang lebih dua tahun, Fagan sukses meneruskan dominasi Liverpool yang telah dimulai sejak era Bill Shankly dan Bob Paisley. Satu gelar liga, satu Liga Champions, dan satu Piala Liga merupakan persembahannya.

Itu tadi lima film dokumenter yang bisa kamu saksikan di YouTube. Apakah kamu punya rekomendasi lainnya?

Baca Juga: MotoGP Rilis Dokumenter Perjalanan Fabio Quartararo Jadi Juara

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya