Comscore Tracker

5 Klub Paling Cuan di Bursa Transfer Musim Ini, Plusvalenza!

Cermat melihat pasar saat kondisi pandemi #IDNTimesSport

Bursa transfer musim panas liga-liga top Eropa musim 2021-2022 telah resmi ditutup. Ini merupakan bursa transfer ketiga sejak pandemi Covid-19 mulai melanda dunia pada awal Maret tahun lalu. Sedikit demi sedikit, klub-klub sepak bola pun terus berusaha menyeimbangkan neraca keuangan mereka.

Salah satunya caranya adalah dengan menjual pemain. Melihat data dari transfermarkt, terdapat lima tim yang berhasil mendapatkan pemasukan tertinggi dari hasil menjual pemain di bursa transfer kali ini.

Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Inter Milan

5 Klub Paling Cuan di Bursa Transfer Musim Ini, Plusvalenza!potret Inter Milan (financemagnates.com)

Inter berhasil menjuarai Serie A musim lalu. Mereka sukses memutus dominasi Juventus yang telah merajai kompetisi tertinggi di Italia ini dalam sembilan musim terakhir. Sayangnya, sebagai juara bertahan, Inter justru menyambut musim 2021-2022 dengan kondisi yang tidak kondusif.

Sunning yang merupakan pemegang saham mayoritas Inter mengalami masalah finansial. Demi menyelamatkan kondisi ini, salah satu langkah yang diambil oleh manajemen klub adalah dengan menjual para pemain bintangnya. Keputusan tersebut membuat Inter mendapat pemasukan mencapai 197,5 juta euro atau sekitar Rp3,3 triliun.

2. Aston Villa

5 Klub Paling Cuan di Bursa Transfer Musim Ini, Plusvalenza!potret Aston Villa (expressandstar.com)

Aston Villa bak mendapat durian runtuh di bursa transfer musim panas kali ini. Mereka meraih pendapatan dari hasil penjualan pemain senilai 127,5 juta euro atau setara Rp,2,5 triliun. Penjualan Jack Grealish ke Manchester City menjadi penyumbang terbesar dengan angka 117,5 juta euro atau sekitar Rp1,98 triliun.

Villa sendiri mendatangkan lima pemain anyar di musim baru ini. Namun, hanya tiga dari mereka yang perlu ditebus dengan uang, yaitu Emiliano Buendia, Danny Ings, dan Leon Bailey. Sementara dua lainnya, yaitu Ashley Young didatangkan secara gratis dari Inter dan Axel Tuanzebe yang dipinjam dari MU.

Ketiga pemain yang dibeli Aston Villa hanya menguras total dana 105,6 juta euro atau sekitar Rp1,78 triliun. Penjualan Grealish seorang masih bisa menutupi angka tersebut. Tak pelak, Aston Villa pun untung besar di bursa transfer kali ini.

Baca Juga: 5 Pembelian Panik Arsenal di Bursa Transfer, Terjadi Lagi Musim Ini?

3. Chelsea

5 Klub Paling Cuan di Bursa Transfer Musim Ini, Plusvalenza!potret Chelsea (standard.co.uk)

Di bursa transfer musim panas kali ini, Chelsea total menghabiskan dana mencapai 120 juta euro atau sekitar Rp2 triliun untuk mendatangkan pemain. Mayoritas jumlah tersebut dihabiskan untuk membeli Romelu Lukaku dari Inter yang seharga 115 juta euro atau setara dengan Rp1,9 triliun. Namun, siapa sangka, pemasukan mereka dari hasil penjualan pemain ternyata lebih besar dari angka tersebut.

Chelsea berhasil mengumpulkan uang mencapai 122 juta euro atau sekitar Rp2 triliun. Terlebih, pemain yang dijual terbilang bukanlah pilihan utama. Pemain-pemain yang dilepas itu memberikan pemasukan antara lain 40 juta euro atau sekitar Rp675 miliar dari Tammy Abraham ke AS Roma, 35 juta euro atau sekitar Rp591 miliar dari Kurt Zouma ke West Ham, dan 29,2 juta euro atau sekitar Rp493 miliar dari Fikayo Tomori ke AC Milan.

4. RB Leipzig

5 Klub Paling Cuan di Bursa Transfer Musim Ini, Plusvalenza!potret RB Leipzig (sport.sky.de)

Leipzig memang sudah terkenal sebagai tim yang lihai dalam bisnis jual-beli pemain. Mereka dikenal kerap membeli pemain dengan harga murah, membinanya, kemudian menjualnya dengan harga mahal. Hal tersebut juga terulang di bursa transfer musim panas kali ini.

Tim ini sukses mengumpulkan dana mencapai 112 juta euro atau sekitar Rp1,89 triliun dari hasil menjual pemain. Ada tiga bintang utama mereka yang dilego, yaitu Dayot Upamecano dan Marcel Sabitzer ke Bayern Munchen seharaga 42 juta euro atau sekitar Rp709 miliar dan 15 juta euro atau sekitar Rp253 miliar serta Ibrahima Konate ke Liverpool seharga 40 juta euro atau setara Rp675 miliar.

5. Borrusia Dortmund

5 Klub Paling Cuan di Bursa Transfer Musim Ini, Plusvalenza!potret Borussia Dortmund (theathletic.com)

Di bursa transfer musim panas kali ini, Dortmund meraup dana dari hasil penjualan pemain senilai 108 juta euro atau sektiar Rp1,82 triliun. Seperti halnya Aston Villa, angka besar tersebut disumbang oleh satu pemain saja, yaitu Jadon Sancho yang dilepas ke MU dengan nilai 85 juta euro yang setara dengan Rp1,4 triliun.

Beberapa nama lain yang menyumbang pendapatan bagi Dortmund adalah Leonardo Balerdi 11 juta euro atau Rp185 miliar ke Marseille, Thomas Delaney 6 juta euro atau Rp101 miliar ke Sevilla, Jeremy Toljan 3,5 juta euro atau Rp59miliar ke Sassuolo, dan Sergi Gomez 2,5 juta euro atau Rp42 miliar ke Anderlecht.

Itu tadi lima klub dengan hasil penjualan pemain tertinggi di bursa transfer musim panas kali ini. Menurut kamu, siapa yang paling beruntung?

Baca Juga: 5 Transfer Deadline dengan Status Pinjaman Terbaik Musim Ini

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya