5 Negara yang Sudah Memastikan Lolos ke Piala Dunia 2022

Negara mana saja?

Dunia sepak bola kini tengah berada dalam periode jeda internasional. Salah satu agenda yang berlangsung adalah babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Qatar sebagai tuan rumah jelas sudah memastikan satu tempat di kompetisi olahraga terbesar ini.

Namun, di luar itu, negara mana yang juga sudah memastikan kehadirannya? Hingga Minggu (14/11/2021), terdapat lima negara yang juga telah dipastikan akan tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. Siapa saja mereka?

1. Brasil

5 Negara yang Sudah Memastikan Lolos ke Piala Dunia 2022potret selebrasi para pemain Brazil (twitter.com/CBF_Futebol)

Negeri Samba berhasil memastikan satu tempat di Piala Dunia 2022 setelah meraih kemenangan atas Kolombia pada Jumat (12/11/2021). Saat itu, Brasil unggul dengan skor 1-0. Gol semata wayang dicetak pemain asal Olympique Lyon, Lucas Paqueta.

Ini merupakan kemenangan ke-11 Brasil dari 12 laga yang telah dijalani dan satu lainnya berakhir seri. Hasil itu pun membuat tim asuhan Tite ini memimpin klasmen kualifikasi zona CONMEBOL dengan 34 poin.

Dengan enam laga tersisa, jumlah poin tersebut mustahil terkejar Kolombia yang sejauh ini ada di posisi kelima dengan 16 poin. Pasalnya, empat negara teratas di klasemen zona ini akan lolos otomatis ke putaran final nanti.

2. Denmark

5 Negara yang Sudah Memastikan Lolos ke Piala Dunia 2022potret selebrasi tim Denmark (instagram.com/herrelandsholdet)

Denmark berhasil memastikan tempat di Piala Dunia 2022 sejak pertandingan kualifikasi Oktober lalu. Tepatnya setelah meraih kemenangan 1-0 atas Austria pada matchday delapan (13/10/2021). Kala itu, pemain asal Atalanta, Joakim Maehle, menjadi pencetak gol.

Kemenangan tersebut membuat Denmark mengantongi 24 poin alias menyapu seluruh pertandingan dengan kemenangan. Jumlah poin tersebut juga menjadi tidak lagi bisa dikejar oleh lima negara lain di Grup F zona UEFA. Memang hanya juara grup yang mendapat jatah lolos otomatis dari zona ini.

Baca Juga: 6 Negara Eropa Berpeluang Lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar

3. Jerman

5 Negara yang Sudah Memastikan Lolos ke Piala Dunia 2022potret timnas Jerman (twitter.com/DFB_Team_EN)

Di luar Qatar yang mendapat tempat otomatis, Jerman menjadi negara pertama yang memastikan lolos ke Piala Dunia 2022. Seperti halnya Denmark, kepastian tersebut didapat dalam laga internasional Oktober lalu. Tepatnya setelah menang 4-0 dari Makedonia Utara pada 12 Oktober 2021 lalu.

Kai Havertz, Timo Werner (dua gol), dan Jamal Musiala menjadi pencetak gol dalam pertandingan tersebut. Dengan 24 poin serta ditambah dua laga tersisa, Tim Panser tidak lagi bisa dikejar negara lain di Grup J.

4. Prancis

5 Negara yang Sudah Memastikan Lolos ke Piala Dunia 2022potret tim nasional Prancis (instagram.com/equipedefrance)

Prancis baru saja membantai Kazakhstan dengan skor 8-0 pada Minggu (14/11/2021) dini hari WIB. Gol dicetak Kylian Mbappe (6′, 12′, 32′, 87′), Karim Benzema (55′, 59′), Adrien Rabiot (75′), dan Antoine Griezmann (84′). Hasil tersebut sekaligus membuat Tim Ayam Jantan menjadi negara selanjutnya yang lolos ke Piala Dunia 2022.

Hal tersebut dikarenakan Prancis kini mengoleksi 15 poin dan memimpin klasemen Grup D. Dengan satu laga tersisa, jumlah tersebut tidak lagi bisa dikejar empat negara lain. Sebagai catatan, dari 7 laga yang telah dijalani, Prancis berhasil meraih 4 kemenangan dan 3 seri.  

5. Belgia

5 Negara yang Sudah Memastikan Lolos ke Piala Dunia 2022potret tim nasional Belgia (twitter.com/BelRedDevils)

Belgia menjadi satu negara terakhir yang sejauh ini berhasil lolos ke Piala Dunia 2022. Kepastian tersebut didapat setelah mereka menang 3-1 atas Estonia pada Minggu dini hari (14/11/2021) WIB. Christian Benteke (11′), Yannis Carrasco (53′), dan Thorgan Hazard (74′) menjadi para pencetak gol.

Hasil itu membuat skuad asuhan Roberto Martinez memimpin klasmen Grup E dengan 19 poin. Dengan satu laga tersisa, jumlah tersebut mustahil dikejar empat negara lain. Wales yang berada di bawahnya pun hanya mengoleksi 14 poin.

Itu tadi lima negara yang telah memastikan lolos ke Piala Dunia 2022. Ditambah Qatar yang bertindak sebagai tuan rumah. Negara mana lagi yang akan menyusul selanjutnya? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Diprediksi Memainkan Piala Dunia Terakhir di 2022

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya