Comscore Tracker

5 Pemain Pernah Bela Arsenal dan Tottenham di Era Premier League

North London Derby selanjutnya akan tersaji malam ini!

Arsenal dan Tottenham Hotspurs merupakan dua tim rival di Premier League. Keduanya berasal dari wilayah yang sama, yaitu London Utara. Malam nanti, Minggu (26/9/2021), kedua tim akan kembali bersua untuk saling membuktikan siapakah raja di wilayah tersebut yang sesungguhnya.

Menariknya, perseturuan di antara kedua tim tidak membuat beberapa pemain menjadi ragu untuk membela tim yang lain. Sejak era Premier League berlangsung di musim 1992, terdapat lima pemain yang tercatat pernah membela Arsenal dan Tottenham.

Siapa sajakah pemain sepak bola tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Sol Campbell

5 Pemain Pernah Bela Arsenal dan Tottenham di Era Premier Leaguepotret jersey Sol Campbell yang bertuliskan judas karena dicap pengkhianat oleh pendukung Tottenham (skysports.com)

Sol Campbell bermain untuk Tottenham dari 1992 hingga 2001. Ketika Spurs menjadi juara Piala Liga pada 1999, Campbell merupakan kapten tim. Mantan bek tim nasional Inggris ini bermain sebanyak 287 pertandingan di White Hart Lane, kandang lama Tottenham.

Sementara bersama Arsenal, Campbell bermain sejak 2001 hingga 2006 dan sempat kembali bergabung pada 2010. Total, Ia tampil dalam 211 pertandingan dan berhasil mengangkat dua trofi Liga Inggris, tiga Piala FA, serta dua Community Shield.

2. Rohan Ricketts

5 Pemain Pernah Bela Arsenal dan Tottenham di Era Premier Leaguepotret Rohan Ricketts (goal.com)

Baik di Arsenal maupun Tottenham, karier Rohan Ricketts tidak berjalan begitu mulus. Ia merupakan pemain asli akademi The Gunners dan hanya mencatatkan satu penampilan untuk tim senior pada musim 2001-2002.

Musim berikutnya, pemain yang berposisi gelandang serang ini bergabung secara gratis dengan Tottenham. Ia bermain di sana hingga 2005 setelah sempat dipinjamkan ke Coventry City pada 2004. Total, Ricketts mengoleksi 36 caps bagi Spurs.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jelang Arsenal Kontra Tottenham, Derby London Utara

3. David Bentley

5 Pemain Pernah Bela Arsenal dan Tottenham di Era Premier Leaguepotret David Bentley (football.london)

David Bentley menimba ilmu di akademi Arsenal. Ia mulai masuk ke tim senior sejak musim 2003-2004. Karena bakatnya, Ia pun sempat disebut-sebut sebagai The Next David Beckham.

Sayangnya, Bentley tidak bisa memaksimalkan talentanya. Ia lebih banyak dipinjamkan ke beberapa klub hingga akhirnga dijual ke Blackburn Rovers pada 2006. Untuk Arsenal, Bentley hanya mencatatkan sembilan penampilan.

Pada 2008, Tottenham memutuskan merekrutnya. Hingga memutuskan pensiun pada 2013, Bentley juga lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai pemain pinjaman. Ia mengoleksi 62 caps untuk Tottenham.

4. William Gallas

5 Pemain Pernah Bela Arsenal dan Tottenham di Era Premier Leaguepotret William Gallas (skysports.com)

Gallas bergabung dengan Arsenal dari Chelsea pada 2006. Bermain hingga 2010, Gallas total mencatatkan 142 penampilan. Pemain asal Perancis ini juga pernah menjabat sebagai kapten semasa menghabiskan waktunya di sana.

Selepas dari Arsenal, Gallas bergabung dengan Spurs secara gratis pada 2010. Selama tiga musim, pemain berposisi bek ini mengoleksi 76 caps untuk Tottenham.

5. Emmanuel Adebayor

5 Pemain Pernah Bela Arsenal dan Tottenham di Era Premier Leaguepotret Emmanuel Adebayor (hitc.com)

Striker asal Togo ini bermain terlebih dahulu untuk Arsenal setelah bergabung dari AS Monaco pada Januari 2006. Bersama The Gunners, Adebayor mengukuhkan diri sebagai salah satu penyerang tajam. Bermain hingga 2009, ia tampil dalam 142 pertandingan dan mencetak 62 gol.

Adebayor kemudian pindah ke Manchester City. Pada 2011, Ia terlebih dahulu bergabung dengan Tottenham sebagai pemain pinjaman dan barulah semusim berikutnya direkrut secara permanen. Membela Spurs hingga 2015, ia mengoleksi 113 caps dan 42 gol.

Itu tadi lima pemain yang pernah membela Arsenal dan Tottenham Hotspur di era Premier League. Siapakah yang akan memenangkan duel sengit North London Derby malam nanti?

Baca Juga: 5 Derby London Utara Terbaik Sepanjang Sejarah Premier League, Panas!

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran. Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya