Comscore Tracker

5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan MU di Era Premier League

Van Persie jadi satu nama paling diingat

Arsenal dan Manchester United akan bertemu dalam lanjutan pertandingan Liga Inggris matchday ke-14 musim 2021/2022 pada Jumat (3/12/21) dini hari WIB. Sepanjang sejarahnya, rivalitas di antara kedua tim memang terbilang panas karena status mereka sebagai dua tim sukses di Inggris.

Namun, hal tersebut tidak membuat beberapa pemain ragu untuk bermain bagi kedua klub. Sejak era Premier League (1992), setidaknya ada lima pemain yang pernah melakukan hal tersebut. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Alexis Sanchez

5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan MU di Era Premier LeaguePotret Alexis Sanchez (instagram.com/alexis_official1)

Pada Januari 2018, Arsenal dan Manchester United menyepakati pertukaran pemain di antara mereka. MU mendapatkan Alexis Sanchez sedangkan Arsenal mengambil Henrik Mkhitaryan. Sanchez sendiri yang lahir pada 19 Desember 1988 didatangkan Arsenal dari Barcelona pada Juli 2014.

Untuk The Gunners, pemain asal Chili ini bermain sebanyak 166 pertandingan dengan koleksi 80 gol, 45 assist, dan dua Piala FA. Sementara bagi MU, Ia hanya tampil dalam 45 laga dengan torehan lima gol dan sembilan assist. Sanchez akhirnya pindah ke Inter Milan pada awal musim 2020/2021 setelah semusim sebelumnya menetap di sana sebagai pemain pinjaman.

2. Henrik Mkhitaryan

5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan MU di Era Premier LeaguePotret Henrikh Mkhitaryan (instagram.com/micki_taryan)

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Mkhitaryan merupakan bagian dari kesepakatan pertukaran pemain antara Arsenal dan MU pada Januari 2018. Pemain asal Armenia ini didatangkan Setan Merah dari Borrusia Dortmund pada Juli 2016. Selama masa baktinya, Ia bermain sebanyak 63 kali dengan koleksi 13 gol, 11 assist, satu Piala Liga, dan satu piala Liga Eropa.

Ketika bermain untuk Arsenal, performanya pun tidak jauh berbeda. Ia tampil dalam 59 laga dan mencetak sembilan gol serta 13 assist. Seperti Sanchez, Ia pun dipinjamkan terlebih dahulu sebelum akhirnya dilepas secara permanen ke AS Roma pada September 2020.

Baca Juga: 5 Produk Akademi Athletic Bilbao yang Pernah Bermain di EPL

3. Danny Welbeck

5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan MU di Era Premier LeaguePotret Danny Welbeck (instagram.com/dannywelbeck)

Pemain yang kini membela Brighton ini merupakan didikan asli akademi MU. Ia membuat debut untuk Setan Merah di usia 17 tahun pada 15 November 2008 kala melawan Stoke City di Liga Inggris dan sekaligus juga sukses mencetak gol debut kala itu. Total, Welbeck mencatatkan 142 caps, 29 gol, dan 21 assist serta meraih dua gelar Liga Inggris, satu Liga Champions, dua Piala Liga, dan satu Piala Dunia Antarklub selama membela MU.

Pada September 2014, Ia memutuskan untuk menyebrang ke Arsenal. Namun, torehannya di London tidak semengkilap ketika berada di Manchester. Ia hanya meraih dua gelar Piala FA dari 126 penampilan dan mengoleksi 32 gol. 

4. Robin Van Persie

5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan MU di Era Premier LeaguePotret Robin van Persie (instagram.com/robinvanpersie)

Keputusan van Persie untuk pindah dari Arsenal ke Manchester United pada awal musim 2012/2013 cukup menyita perhatian kala itu. Pemain asal Belanda ini berdalih bahwa hal tersebut Ia lakukan demi mengejar ambisi meraih gelar Premier League. Di musim pertamanya bersama Setan Merah, impian tersebut memang terbukti langsung terwujud.

Sejak bergabung dengan Arsenal dari Feyenoord pada 2004 hingga kepindahannya ke MU tersebut, pemain kidal ini memang hanya mengoleksi satu saja gelar, yaitu Piala FA pada 2005. Bagi The Gunners, Ia total mencatatkan 278 penampilan dengan koleksi 132 gol. Sementara untuk MU, Ia bermain sebanyak 105 kali dengan torehan 58 gol. 

5. Mikael Silvestre

5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan MU di Era Premier LeaguePotret Mikael Silvestre (instagram.com/iammsilvestre)

Bek asal Perancis ini bergabung dengan MU dari Inter Milan pada September 1999. Bersama Setan Merah, Ia merasakan masa terbaik selama karirnya. Silvestre meraih empat gelar Liga Inggris, satu Liga Champions, satu Piala FA, dan satu Piala Liga dari 361 penampilan.

Pada awal musim 2008/2009, Arsenal menampung sang pemain yang kala itu telah menginjak usia 31 tahun. Masa emas yang telah lewat membuatnya hanya membela The Gunners dalam waktu yang singkat, yaitu selama dua musim dengan catatan 43 penampilan. Di awal musim 2010/2011, Ia pun dilepas secara gratis ke Werder Bremen.

Itu tadi lima pemain yang pernah membela Arsenal dan Manchester United di era Premier League. Akankah ada pemain yang mengisi daftar ini selanjutnya? Dan siapa pula yang akan keluar sebagai pemenang pada Jumat nanti? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Pemain Liga Inggris dengan Gol Terbanyak setelah Berusia 30 Tahun

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran. Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya