Siap Nonton! 5 Sajian Big Match Boxing Day Premier League 2021/2022

Manchester City bertemu Leicester City

Boxing Day membuat Premier League spesial. Ketika liga sepak bola lain meliburkan diri, kompetisi di Negeri Ratu Elizabeth ini justru tetap berjalan. Mereka menawarkan pilihan hiburan bagi mereka yang tengah merayakan Natal.

Jika tidak ada kendala karena COVID-19, 20 tim dipastikan akan saling bertarung pada Minggu dan Senin (26—27 Desember 2021). Dari 10 laga yang ada, 5 setidaknya bisa dibilang big match karena kemungkinan akan berjalan lebih seru dibanding sisanya.

1. Liverpool versus Leeds United

Siap Nonton! 5 Sajian Big Match Boxing Day Premier League 2021/2022Mohamed Salah (twitter.com/LFC)

Kedua tim kini memang terpaut jauh di klasemen. Liverpool berada di posisi kedua, sedangkan Leeds terpuruk di posisi ke-16. Pada pertemuan pertama September lalu, Leeds pun harus menerima kekalahan telak dengan skor 3-0. Namun, jika kita melihat dua pertemuan musim lalu, yang mana merupakan kali pertama kembalinya Leeds ke Premier League dalam 13 musim, pertandingan berjalan ketat.

Pada pertemuan pertama, The Reds memang berhasil menang. Namun, skornya begitu tipis, 4-3. Sementara, pada paruh kedua, skuad asuhan Marcelo Bielsa bahkan bisa mengimbangi armada Jurgen Klopp dengan skor 1-1. 

Banyaknya pemain inti yang cedera menjadi salah satu faktor menurunnya performa Leeds musim ini. Namun, terlepas dari itu, mereka tetap menampilkan cara bermain yang cepat. Berhadapan dengan gegenpressing ala Liverpool, pertemuan keduanya nanti jelas menjanjikan tontonan seru.

2. Tottenham Hotspur versus Crystal Palace

Siap Nonton! 5 Sajian Big Match Boxing Day Premier League 2021/2022Odsonne Edouard (twitter.com/CPFC)

Meski memang tidak memiliki sejarah rivalitas yang akut, tetapi pertemuan keduanya tetaplah terkategorikan sebagai derbi karena sama-sama berasal dari London. Hal tersebut cukup bisa menjadi faktor yang akan membuat laga berjalan panas. Jangan lupa! Patrick Vieira, pelatih Crystal Palace, adalah legenda Arsenal, musuh bebuyutan Spurs. 

Tottenham sendiri jelas akan mengemban misi balas dendam. Pasalnya, pada pertemuan pertama September lalu, mereka dipermalukan dengan skor 0-3. Spurs yang belum terkalahkan dalam lima pertandingan Liga Inggris terakhir sejak dilatih Antonio Conte (3 menang dan 2 kalah) tentu ingin terus menjaga catatan bagus tersebut.

Baca Juga: 7 Rekor Laga Boxing Day Era Premier League

3. Burnley versus Everton

Siap Nonton! 5 Sajian Big Match Boxing Day Premier League 2021/2022Demarai Gray (twitter.com/Everton)

Kedua tim kini bisa dibilang merupakan pesakitan. Mereka sama-sama hanya meraih satu poin dalam dua pertandingan terakhir. Everton kini duduk di peringkat 14, sedangkan Burnley ada di tempat ke-18 yang merupakan zona degradasi.

Kondisi tersebutlah yang diyakini membuat keduanya akan sama-sama mengincar tiga poin. Tidak ada tim yang berorientasi bertahan dan hanya puas dengan skor imbang. Dengan begitu, pertandingan pun bisa berjalan lebih terbuka dan berpeluang mendulang banyak gol.

4. Brighton & Hove Albion versus Brentford

Siap Nonton! 5 Sajian Big Match Boxing Day Premier League 2021/2022Leandro Trossard (twitter.com/OfficialBHAFC)

Brighton dan Brentford sama-sama mengejutkan pada awal musim dengan sempat duduk di papan atas. Namun, perlahan performa keduanya menurun dan menjadi kurang kompetitif. Salah satu faktornya adalah kedalaman skuad. Banyak pemain inti yang cedera.

Di klasemen, keduanya kini duduk berdampingan, Brentford di posisi 12 dan Brighton di peringkat 13. Head to head tersebut jelas menjadi pertaruhan yang bisa membuat pertandingan ini menjadi menarik. Satu tim ingin menyalip, sedangkan satu tim lain akan berusaha keras mempertahankan posisinya.

5. Manchester City versus Leicester City

Siap Nonton! 5 Sajian Big Match Boxing Day Premier League 2021/2022Youri Tielemans (twitter.com/LCFC)

Laga terakhir ini mungkin menjadi yang paling layak disebut big match. Itu tidak terlepas dari kualitas pemain yang dimiliki masing-masing tim. Manchester City, yang merupakan pemuncak klasemen, jelas menjadi unggulan. Namun, Leicester selalu bisa mengejutkan meski kini ada di tempat sembilan.

Pada pertemuan pertama September lalu, Manchester City menang 1-0. Namun, dalam empat pertandingan pada dua musim terakhir, keduanya sama-sama menang dan kalah dua kali. Salah satu skor akhirnya adalah 5-2 untuk keunggulan The Foxes.

Lima pertandingan lain akan mempertemukan Wolverhampton Wanderers versus Watford, Norwich City versus Arsenal, West Ham United versus Southampton, Aston Villa versus Chelsea, dan Newcastle United versus Manchester United. Jadi, mana pertandingan yang sangat kamu tunggu-tunggu?

Baca Juga: 10 Pemain Termuda yang Berhasil Cetak 100 Gol di Premier League

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya