5 Tim 'Kecil' yang Pernah Menjuarai Liga Champions

Ada yang kini hanya bermain di kasta kedua kompetisi domestik

Penggemar sepak bola pasti sepakat bahwa Liga Champions merupakan kompetisi level klub paling bergengsi di dunia. Ajang adu jago antarklub terbaik Eropa ini pertama kali digelar pada 1955/1956. Hingga kini, dari 66 kali penyelenggaraan, total terdapat 22 tim berbeda yang berhasil menjadi juara.

Namun, jika melihat secara perinci ke dalam daftar tersebut, kita setidaknya bisa menemukan lima tim "kecil" yang ternyata juga berstatus sebagai juara. Disebut "kecil" karena tim-tim tersebut kini tidak lagi punya taji di kompetisi ini. Begitu pun di kompetisi domestik mereka sendiri. Beberapa hanya mampu bersaing di papan bawah atau lebih parahnya bermain di kasta kedua.

1. Nottingham Forest

5 Tim 'Kecil' yang Pernah Menjuarai Liga ChampionsNottingham Forest ketika menjuarai Liga Champions pada 1980. (twitter.com/NFFC)

Nottingham Forest, tim yang kini bermain di Championship alias kasta kedua dalam piramida sepak bola Inggris, pernah menjuarai Liga Champions bukan hanya sekali, tetapi dua kali. Mereka meraihnya secara beruntun pada 1978/1979 dan 1979/1980. Ini jelas prestasi membanggakan mengingat beberapa tim besar Inggris era sekarang, seperti Manchester City, Arsenal, atau Tottenham Hotspur, belum bisa memenanginya sekali pun.

Pada gelar pertama, Nottingham Forest mengalahkan klub asal Swedia, Malmo FC, dengan skor 1-0 di final. Sementara, untuk gelar keduanya, mereka menang atas klub asal Jerman, Hamburger SV, juga dengan skor 1-0. Satu faktor penting dari kesuksesan ini tidak terlepas dari kecemerlangan pelatih mereka kala itu, Brian Clough.

2. Aston Villa

5 Tim 'Kecil' yang Pernah Menjuarai Liga ChampionsAston Villa melakukan selebrasi setelah berhasil menjuarai Liga Champions pada 1982. (twitter.com/AVFCOfficial)

Pada 1980/1981, Aston Villa sukses menjuarai Liga Inggris yang membuat mereka berhak untuk bermain di Liga Champions musim berikutnya. Secara mengejutkan, tim yang kini dilatih oleh Steven Gerrard ini justru keluar sebagai juara. Kala itu, mereka menaklukan raksasa asal Jerman, Bayern Munchen, dengan skor 1-0 dalam laga final yang digelar di De Kuip Stadium, Feyenoord, Belanda.

Selanjutnya, gelar ini juga membuat mereka bertemu dengan Barcelona dalam laga Piala Super UEFA. Dalam pertandingan yang berlangsung dua leg tersebut, Aston Villa kembali berhasil meraih trofi setelah menang dengan agregat 3-0.

Baca Juga: 6 Pemain Asal Negara Kecil yang Pernah Menjuarai Liga Champions

3. FC FCSB

5 Tim 'Kecil' yang Pernah Menjuarai Liga ChampionsFCSB ketika menjuarai Liga Champions pada 1986. (twitter.com/ChampionsLeague)

Klub asal Rumania ini dahulu dikenal dengan nama Steaua Bucharest. Namun, pada 2017, mereka terpaksa mengganti namanya menjadi FC FCSB. Pasalnya, nama sebelumnya mengandung unsur militer dan pihak militer Rumania menuntut kepemilikan hak atas hal tersebut.

Gelar Liga Champions sendiri mereka raih pada 1985/1986 setelah mengalahkan Barcelona di partai final lewat adu penalti. Pada 1988/1989, mereka sempat kembali melaju ke final, tetapi dikalahkan AC Milan dengan skor 0-4. Kini, meski di kompetisi domestik mereka memang masih pesaing utama, tetapi di Liga Champions atau kompetisi Eropa lainnya FCSB sudah lagi tidak memiliki taji.

4. Crvena Zvezda

5 Tim 'Kecil' yang Pernah Menjuarai Liga ChampionsCrvena Zvezda ketika menjuarai Liga Champions pada 1991. (twitter.com/crvenazvezdafk)

FK Crvena Zvezda yang juga dikenal dengan nama Red Star Belgrade sukses menjuarai Liga Champions pada 1990/1991. Kala itu, mereka yang masih tergabung ke dalam Yugoslavia mengalahkan tim asal Prancis, Olympique Marseille, lewat babak adu penalti. Skuad Crvena saat itu memang terbilang cukup berkualitas karena dihuni beberapa nama bintang, seperti Sinisa Mihajlovic dan Dejan Savicevic.

Kini, mereka masih aktif berkompetisi di Eropa, seperti musim ini di Liga Europa. Namun, tidak ada prestasi spesial seperti halnya dahulu. Di Liga Champions, penampilan terakhir dicatatkan pada 2019/2020 lalu dan itu pun terhenti pada babak grup. 

5. Hamburger SV

5 Tim 'Kecil' yang Pernah Menjuarai Liga ChampionsHamburger SV ketika menjuarai Liga Champions pada 1983. (twitter.com/HSV_English)

Seperti halnya Nottingham Forest, Hamburger SV juga kini bermain di kasta kedua negara mereka, Jerman, yaitu Bundesliga 2. Mantan tim dari beberapa bintang, seperti Son Heung Min, Vincent Kompany, Hakan Calhanoglu, Nigel de Jong, atau Rafael van der Vaart ini meninggalkan Bundesliga sejak 2018/2019. Sebelum periode 2010-an, mereka terbilang kompetitif, baik di kompetisi domestik ataupun Eropa.

Gelar Liga Champions sendiri berhasil mereka raih pada medio 1980-an, tepatnya pada 1982/1983. Kala itu, mereka berhasil menang atas Juventus dengan skor 1-0. Seperti telah disebutkan sebelumnya, mereka sebetulnya pernah melaju ke final pada 1979/1980, tetapi harus menerima kekalahan dari Nottingham Forest.

Itu tadi lima tim "kecil" yang ternyata pernah menjuarai Liga Champions. Mungkinkah tim serupa bisa memenangi kejuaraan musim ini atau musim-musim selanjutnya? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Klub Top Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga Champions

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya