Berstatus Pinjaman, 5 Pemain Ini Raih Medali Serie A 2021/2022

Salah satunya Brahim Diaz!

AC Milan berhasil menjuarai Serie A musim 2021/2022. Salah satu faktor di balik kesuksesan tersebut adalah pergerakan cemerlang mereka di bursa transfer. Hasilnya, Milan berhasil menciptakan skuad yang kompetitif.

Mengingat kondisi finansial yang tidak begitu mumpuni, langkah ini dieksekusi Milan tidak hanya dengan skema pembelian, tapi juga peminjaman. Tercatat, ada lima pemain yang dipinjam Milan dari berbagai tim yang berhasil raih scudetto. Siapa saja mereka?

1. Brahim Diaz

Berstatus Pinjaman, 5 Pemain Ini Raih Medali Serie A 2021/2022Brahim Diaz (twitter.com/Brahim)

Nama pertama adalah Brahim Diaz yang dipinjam dari Real Madrid. Ia menjadi pemain penting bagi Milan dalam meraih Scudetto. Tercatat, pemain berusia 22 tahun ini tampil dalam 31 pertandingan dengan sumbangan tiga gol dan tiga assists.

Meski begitu, ini bukan musim pertama Diaz membela Milan. Ia dipinjam pertama kali dipinjam pada musim 2020/2021. Pada awal musim 2021/2022, Madrid kemudian setuju untuk meminjamkannya lagi selama dua musim atau hingga 2023 mendatang.

Kabarnya, Milan ingin mempermanenkan Diaz. Namun, Madrid juga enggan melepasnya karena menilai ia cukup berharga untuk masa depan klub. Terlebih, Madrid kini memang tengah dalam proyek peremajaan tim.

2. Junior Messias

Berstatus Pinjaman, 5 Pemain Ini Raih Medali Serie A 2021/2022Junior Messias (instagram.com/messias_w_jr30)

Junior Messias dipinjam Milan pada awal musim ini dari Crotone yang terdegradasi ke Serie B. Pemain berusia 31 tahun asal Brasil ini memang bukan lah pemain yang tidak tergantikan. Dari total 26 penampilan, hanya dua kali saja ia tampil selama 90 menit.

Namun, kontribusinya ketika mendapat kepercayaan terbilang produktif. Ia mencetak lima gol dan dua assists. Tiga di antaranya ia buat ketika masuk sebagai pemain pengganti dengan waktu bermain yang kurang dari 40 menit.

Baca Juga: 9 Pemain yang Menjadi Andalan AC Milan Musim 2021/2022

3. Alessandro Florenzi

Berstatus Pinjaman, 5 Pemain Ini Raih Medali Serie A 2021/2022Alessandro Florenzi (instagram.com/florenzi)

Alessandro Florenzi kembali menghabiskan waktunya sebagai pemain pinjaman pada musim ini setelah juga merasakannya pada musim sebelumnya (2020/2021) di Paris Saint Germain. Klub aslinya, AS Roma, dengan sang pelatih baru, Jose Mourinho, lebih memilih Rick Karsdorp di posisi bek kanan.

Roma memang berhasil menjuarai Liga Konferensi Eropa. Namun, rasanya, Florenzi lebih bersyukur karena berhasil menjuarai Serie A bersama Milan yang merupakan Scudetto pertama sepanjang karirnya.

Pemain berusia 31 tahun ini mencatatkan 24 penampilan dengan sumbangan dua gol. Tidak hanya secara permainan, sebagai salah satu pemain senior di Italia, Florenzi juga ikut menyuntikkan pengalaman bagi skuad muda Milan.

4. Tiomoue Bakayoko

Berstatus Pinjaman, 5 Pemain Ini Raih Medali Serie A 2021/2022Tiomoue Bakayoko (instagram.com/bakayoko_official14)

Tiomoue Bakayoko dipinjam Milan pada awal musim ini dari Chelsea selama dua musim dan juga dengan opsi pembelian. Seperti diketahui, ini bukan kali pertama ia membela Milan. Pada musim 2018/2019 lalu, pemain asal Prancis ini juga pernah merasakan berseragam merah hitam.

Pada kesempatan keduanya ini, ia membantu Milan meraih Serie A dengan tampil dalam 14 pertandingan. Selain karena penampilan luar biasa Sandro Tonali, Franck Kessie, dan Ismael Bennacer, Bakayoko juga minim bermain karena cedera yang dideritanya.

5. Pietro Pellegri

Berstatus Pinjaman, 5 Pemain Ini Raih Medali Serie A 2021/2022Pietro Pellegri (instagram.com/pietropellegri)

Nama terakhir ini mungkin merupakan pengecualian. Pasalnya, Pietro Pellegri mengakhiri musim tidak di Milan, melainkan Torino. Itu tidak terlepas dari Milan yang memutus masa peminjamannya dari AS Monaco pada bursa transfer Januari.

Meski begitu, pemain berusia 21 tahun ini tetap berhak mendapat medali Serie A karena memenuhi syarat tampil lima kali. Pada paruh pertama, ia mencatatkan enam penampilan bagi Milan meski tanpa sumbangan gol atau assist. Bahkan, akun instagram AC Milan pun ikut menandainya dalam salah satu unggahan perayaan juara.

 

Jika menilik data dari Transfermarkt, kelima pemain di atas hanya membuat Milan mengeluarkan dana sekitar Rp184,23 miliar. Angka yang jelas sepadan untuk menebus gelar Serie A pertama dalam 11 tahun.

Baca Juga: 5 Pemain AC Milan dengan Kenaikan Harga Pasar Tertinggi, Scudetto!

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya