Chelsea dan Deretan Tim Peserta Piala Dunia Antarklub 2021

Chelsea bertindak sebagai perwakilan Eropa

Piala Dunia Antarklub merupakan sebuah kompetisi yang mempertemukan tim terbaik dari setiap konfederasi anggota FIFA, yaitu AFC, UEFA, CAF, CONMEBOL, CONCACAF, dan OFC. Untuk edisi 2021, ajang ini awalnya akan digelar di Jepang pada Desember nanti. Namun, Japan Football Association (JFA) memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai tuan rumah karena alasan pandemik COVID-19.

Sebagai gantinya, ajang ini akan dihelat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 3—12 Februari 2022. Terdapat tujuh tim yang bertanding di kompetisi kali ini.

1. Al Jazira

Chelsea dan Deretan Tim Peserta Piala Dunia Antarklub 2021potret Al Jazira (instagram.com/al_jazira_fc)

Bertindak sebagai tuan rumah, satu tim asal Uni Emirat Arab berhak mengikuti Piala Dunia Antarklub 2021. Tempat tersebut jatuh kepada Al Jazira yang merupakan juara edisi terakhir dari kompetisi lokal di negara tersebut. Meski begitu, ini bukan pertama kalinya Al Jazira ikut Piala Dunia Antarklub.

Mereka pernah ikut pada edisi 2017, yang juga diselenggarakan di Uni Emirat Arab. Kala itu, dari 4 kali bertanding, mereka berhasil meraih 2 kemenangan dan merasakan 2 kekalahan. Hasil tersebut menempatkan mereka di posisi keempat klasemen akhir.

2. Chelsea

Chelsea dan Deretan Tim Peserta Piala Dunia Antarklub 2021potret Chelsea FC (instagram.com/chelseafc)

Sebagai juara Liga Champions Eropa 2020/2021, Chelsea menjadi perwakilan dari UEFA. Selain mengincar tambahan trofi, ini juga sekaligus menjadi kesempatan bagi The Blues untuk memperbaiki catatan masa lalu. Pasalnya, Chelsea pernah ikut serta di Piala Dunia Antarklub, tepatnya pada edisi 2012 silam.

Namun, kala itu mereka gagal menjadi juara setelah dikalahkan wakil CONMEBOL, Corinthians, dengan skor 0-1 di final. Menariknya, itu merupakan kali terakhir tim dari Eropa gagal menjadi juara di Piala Dunia Antarklub. Oleh karena itu, menarik untuk ditunggu apakah Chelsea berhasil meraih trofi ini untuk pertama kalinya atau kembali gagal.

3. Al Ahly

Chelsea dan Deretan Tim Peserta Piala Dunia Antarklub 2021potret Al Ahly (instagram.com/alahlyegypt)

Al Ahly, yang merupakan tim sepak bola asal Mesir, menjadi juara dari Liga Champions Afrika 2020/2021. Hasil tersebut membuat mereka terpilih sebagai perwakilan CAF yang merupakan konfederasi Afrika. Secara rekor keikutsertaan sendiri, Al Ahly terbilang sering mengikuti Piala Dunia Antarklub ini.

Mereka enam kali terlibat pada edisi 2005, 2006, 2008, 2012, 2013, dan 2020. Dari seluruh keikutsertaannya tersebut, prestasi terbaik mereka adalah peringkat tiga yang diraih pada 2020 dan 2006.

Baca Juga: Jepang Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub 2021

4. Al Hilal

Chelsea dan Deretan Tim Peserta Piala Dunia Antarklub 2021potret Al Hilal (instagram.com/alhilal.f.c)

Al Hilal akan bertindak sebagai perwakilan dari AFC karena status mereka sebagai juara Liga Champions Asia 2020/2021. Ini akan menjadi keikutsertaan kedua tim asal Arab Saudi ini. Mereka pernah mencicipi ajang ini pada edisi 2019 lalu dengan hasil peringkat keempat.

Sebagai catatan, skuad Al Ahli saat ini terbilang menarik karena diisi beberapa nama cukup beken yang pernah bermain di liga-liga top Eropa. Mereka di antaranya adalah Bafetimbi Gomis, Luciano Vietto, Matheus Pereira, dan Moussa Marega.

5. Monterrey

Chelsea dan Deretan Tim Peserta Piala Dunia Antarklub 2021potret Montterey (instagram.com/rayados)

Monterrey bertindak sebagai wakil CONCACAF (konfederasi Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia) di Piala Dunia Antarklub mendatang. Ini karena tim asal Meksiko tersebut merupakan juara edisi terbaru dari Liga Champions wilayah tersebut. 

Edisi ini sendiri akan menjadi kali kelima tim yang berjuluk Rayados mengikuti Piala Dunia Antarklub. Sebelumnya, mereka pernah ambil serta pada 2011, 2012, 2013, dan 2019. Vincent Janssen dan Joel Campbell setidaknya jadi dua nama dengan pengalaman bermain di liga top Eropa yang ada di skuad mereka saat ini.

6. Palmeiras

Chelsea dan Deretan Tim Peserta Piala Dunia Antarklub 2021potret Palmeiras (instagram.com/palmeiras)

Palmeiras baru saja menjuarai Copa Libertadores setelah mengalahkan Flamengo dengan skor 2-1 akhir pekan lalu. Alhasil, ini menjadikan mereka sebagai perwakilan dari CONMEBOL atau konfederasi Amerika Selatan di Piala Dunia Antarklub nanti.

Kesempatan ini akan menjadi kali kedua mereka ikut serta pada ajang ini. Pengalaman pertama mereka cicipi pada edisi tahun lalu dengan peringkat keempat sebagai hasil akhirnya.

7. Auckland City

Chelsea dan Deretan Tim Peserta Piala Dunia Antarklub 2021potret Auckland City (instagram.com/officialaucklandcityfc)

Auckland City akan bertindak sebagai perwakilan dari OFC atau konfederasi Oseania. Namun, berbeda dengan tim-tim di atas, mereka terpilih bukan karena menjadi juara Liga Champions di wilayah tersebut, melainkan karena dinominasikan setelah melewati proses perhitungan peringkat. Liga Champions OFC 2020/2021 sendiri memang tidak ada karena terpaksa dibatalkan akibat pandemik COVID-19.

Ajang Piala Dunia Antarklub kali ini akan menjadi keikutsertaan yang ke-10 bagi tim asal Selandia Baru ini. Mereka pernah mengikut gelaran yang sama pada 2006, 2009, 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, dan  2017. Prestasi terbaiknya adalah peringkat tiga pada edisi 2014. 

Itu tadi tujuh tim yang akan bertarung di Piala Dunia Antarklub edisi 2021. Apakah Chelsea akan melanjutkan dominasi tim Eropa yang telah berlangsung dalam delapan penyelenggaraan terakhir? Atau tim dari benua lain yang justru berhasil keluar sebagai juara? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 7 Klub Eropa yang Pernah Menjuarai Piala Dunia Antarklub, Sudah Tahu?

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya