5 Fakta Sint-Truidense, Klub Belgia Bercita Rasa Jepang

Ada 16 pemain Jepang pernah membela Sint-Truidense

Dari segi prestasi, tidak ada yang spesial dari Sint-Truidense. Pencapaian terbaik klub sepak bola di Liga Belgia tersebut hanyalah posisi kedua pada 1965/1966. Selebihnya, klub yang berdiri pada 1924 itu merupakan penghuni papan tengah hingga bawah.

Meski begitu, terdapat satu hal unik dari klub berjuluk The Canaries ini. Mereka sering merekrut pemain asal Jepang. Ada 16 pemain asal Negeri Sakura yang pernah membela klub, terbanyak di antara negara asing lainnya.

1. Dimiliki perusahaan asal Jepang

5 Fakta Sint-Truidense, Klub Belgia Bercita Rasa JepangSint-Truidense (twitter.com/stvv)

Kegemaran Sint-Truidense merekrut pemain asal Jepang tidak lepas dari kepemilikan klub tersebut. DMM.com, perusahaan e-commerce Jepang, membeli 100 persen saham klub pada November 2017.

"Sint-Truidense adalah klub yang menarik dan dinamis dengan perkembangan pesat, juga bagus secara hasil dan memiliki infrastruktur yang baik," kata Yusuke Muranaka, pihak dari DMM kala itu, seperti dikutip Inside World Football.

2. Yuji Ono jadi pemain pertama

5 Fakta Sint-Truidense, Klub Belgia Bercita Rasa JepangYuji Ono (twitter.com/stvv)

Yuji Ono menjadi pemain asal Jepang pertama yang membela Sint-Truidense. Namun, ia direkrut jauh sebelum klub tersebut dibeli DMM.com, yaitu pada Juni 2015. Bahkan, ia meninggalkan klub sebelum pergantian kepemilikan terjadi pada Januari 2017.

Kala itu, pemain berposisi gelandang tersebut dibeli dari klub Belgia lainnya, Standard Liege. Dalam waktu satu setengah musim, ia mencatatkan 33 penampilan. Setelahnya, Yuji dilepas secara gratis ke klub asal negaranya, Sagan Tosu.

Baca Juga: 10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Jepang, Banyak Eks Barcelona

3. Shinji Kagawa merupakan nama terbaru

Pada bursa transfer Januari 2022 ini, Sint-Truiden merekrut pemain Jepang lainnya, Shinji Kagawa. Gelandang serang ini memang sudah tidak memiliki klub sejak memutus kontrak dengan PAOK Thessaloniki pada Desember 2021.

Sint-Truiden akan menjadi klub kedelapan dalam karier pemain berusia 32 tahun itu. Sebelum PAOK, ia pernah membela FC Miyagi, Cerezo Osaka, Borussia Dortmund, Besiktas, Manchester United, dan Real Zaragoza.

4. Ada lima pemain Jepang aktif pada 2021/2022

5 Fakta Sint-Truidense, Klub Belgia Bercita Rasa JepangKo Marsubara (twitter.com/ko_matsubara)

Kedatangan Kagawa membuat pemain Jepang di Sint-Truidense saat ini berjumlah lima. Empat orang lainnya adalah Daichi Hayshi, Tatsuya Ito, Ko Matsubara, dan Daniel Schmidt. Nama terakhir menjadi yang paling senior karena sudah mengoleksi 66 penampilan sejak bergabung pada 2019 silam.

Pada paruh pertama lalu, sebetulnya ada satu pemain lainnya, yaitu Yuma Suzuki. Namun, ia, yang bergabung dari Kashima Antlers pada 2019 lalu, kembali ke klub asalnya per 9 Januari 2022.

5. Daftar 16 pemain Sint-Truidense asal Jepang

5 Fakta Sint-Truidense, Klub Belgia Bercita Rasa JepangTakehiro Tomiyasu dan Wataru Endo (twitter.com/stvv)

Selain nama-nama yang telah disebut di atas, ada beberapa pemain lain yang lebih populer, bahkan kini bermain di klub besar. Sebut saja Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), dan Wataru Endo (VfB Stuttgart).

Berikut daftar lengkap 16 pemain asal Jepang yang pernah membela Sint-Truidense:

  1. Yuji Ono,
  2. Takehiro Tomiyasu,
  3. Wataru Endo,
  4. Kosuke Kinoshita,
  5. Yuta Koike,
  6. Takahiro Sekine,
  7. Daichi Kamada,
  8. Daniel Schmidt,
  9. Ko Matsubara,
  10. Yuma Suzuki,
  11. Tatsuya Ito,
  12. Daiki Hashioka,
  13. Keito Nakamura,
  14. Taichi Hara,
  15. Daichi Hayashi,
  16. Shinji Kagawa.

Kepemilikan Sint-Truidense oleh DMM.com membuat peluang pemain Jepang untuk bermain di Eropa makin terbuka. Ini juga berdampak kepada popularitas klub tersebut di Jepang. Kehadiran turis Jepang di Sint-Truidense juga bertambah.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Jadi Pemain Masa Depan Bayern Munchen

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya