Comscore Tracker

5 Klub Italia yang Paling Banyak Meminjamkan Pemain

Atalanta menjadi yang teratas

FIFA berencana mengeluarkan regulasi baru terkait batasan pemain pinjaman. Setiap klub kabarnya hanya boleh meminjam dan meminjamkan enam pemain.

Klub Italia saat ini menempati posisi sebagai klub yang paling banyak meminjamkan pemain. Namun, jumlah tersebut merupakan total seluruh pemain dalam klub, bukan hanya mereka yang berada di tim senior.

1. Atalanta (64 pemain)

5 Klub Italia yang Paling Banyak Meminjamkan PemainPierluigi Gollini yang dipinjamkan Atalanta ke Tottenham Hotspur (twitter.com/SpursOfficial)

Atalanta menempati posisi teratas dengan jumlah 64 pemain. Menariknya, dari angka yang begitu banyak tersebut, pemain paling senior yang mereka pinjamkan baru berusia 26 tahun, yaitu Pierluigi Gollini yang dipinjam Tottenham Hotspur.

Pemain berposisi kiper tersebut bukan satu-satunya nama beken yang dipinjamkan Atalanta. Ada juga Cristian Romero (Tottenham Hotspur), Sam Lammers (Eintrach Frankfurt), dan Matteo Lovato (Cagliari).

2. Genoa (38 pemain)

5 Klub Italia yang Paling Banyak Meminjamkan PemainEddie Salcedo yang dipinjamkam Genoa ke Spezia (twitter.com/acspezia)

Genoa meminjamkan 38 pemain. Tidak ada nama yang cukup besar dalam daftar ini. Namun, Eddie Salcedo, striker bertalenta berusia 20 tahun, tampaknya layak disebutkan. Ia tengah dipinjamkan ke Spezia.

Alberto Paleari dan Stefano Sabelli, yang sama-sama berusia 29 tahun, menjadi dua pemain paling senior dalam deretan pemain yang dipinjamkan Genoa. Keduanya sama-sama dipinjamkan ke klub Serie B, Benevento dan Brescia.

Baca Juga: 5 Pelatih Italia yang Saat Ini Sedang Melatih Klub di Luar Italia

3. Sassuolo (30 pemain)

5 Klub Italia yang Paling Banyak Meminjamkan PemainManuel Locatelli yang dipinjamkan Sassuolo ke Juventus (twitter.com/locamanuel73)

Sassuolo ada di tempat ketiga dengan total 30 pemain. Manuel Locatelli yang memiliki harga pasar mencapai 31,5 juta pound sterling jelas menjadi pemain paling bernilai yang mereka pinjamkan. Gelandang tersebut dipinjamkan ke Juventus hingga akhir 2023.

Ada juga Fransesco Caputo, striker gaek berusia 34 tahun, yang dipinjamkan ke Sampdoria. Namun, jika melihat dari jumlah gol, Jens Odgaard yang dipinjamkan ke RKC Waalwijk menjadi yang tersukses karena telah mencetak tujuh gol. Jumlah gol itu paling banyak di antara pemain pinjaman Sassuolo lainnya.

4. Inter Milan (26 pemain)

5 Klub Italia yang Paling Banyak Meminjamkan PemainAndrea Pinamonti yang dipinjamkan Inter Milan ke Empoli (twitter.com/EmpoliCalcio)

Inter Milan menjadi satu-satunya tim papan atas dalam daftar ini. Mereka meminjamkan 26 pemain. Dengan sumber daya yang lebih baik, Inter Milan memiliki cukup banyak pemain muda bertalenta. Sebut saja Andrea Pinamonti (Empoli), Zinho Vanheusden (Genoa), dan Sebastiano Esposito (FC Basel).

Sementara, dari sisi pemain senior, ada nama Dalbert yang berusia 28 tahun. Ia dipinjamkan ke Cagliari. Ada pula Valentino Lazaro yang baru menginjak 25 tahun. Ia dipinjamkan ke Benfica. Jika memang tidak cocok dengan skema, Inter Milan bisa mendapat keuntungan dengan menjual mereka.

5. Parma (23 pemain)

5 Klub Italia yang Paling Banyak Meminjamkan PemainJuraj Kucka yang dipinjamkan Parma ke Watford (twitter.com/WatfordFC)/

Di posisi terakhir, ada satu tim yang cukup mengejutkan, yaitu Parma. Pasalnya, mereka kini bermain di Serie B alias kasta kedua sepak bola Italia. Jumlah pemain yang mereka pinjamkan cukup banyak, yaitu 23 orang.

Ada beberapa nama besar di antara pemain yang dipinjamkan. Mereka adalah Juraj Kucka (Watford), Wylan Cyprien (FC Nantes), dan Giuseppe Pezzella (Atalanta). Dengan kualitas yang dimiliki, para pemain tersebut memilih untuk pergi demi bisa tampil di level teratas meski hanya berstatus pinjaman.

Aturan baru FIFA terkait peminjaman sendiri menyatakan bahwa pemain usia 21 tahun ke bawah dan mereka yang merupakan didikan klub akan dikecualikan. Dengan jumlah yang banyak, menarik untuk melihat apakah kelima klub di atas lolos dari aturan tersebut.

Baca Juga: Inilah 5 Kemenangan Besar Chelsea Saat Menghadapi Klub-Klub Italia

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran. Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya