9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga Champions

Liverpool jadi klub yang tampil di final terbanyak!

Liga Inggris sering kali disebut sebagai kompetisi terbaik di dunia. Salah satu yang bisa menjadi bukti adalah dominasi mereka di Liga Champions yang merupakan kompetisi terbesar antar klub Eropa.

Tercatat, ada sembilan klub  yang berhasil menembus partai final kompetisi ini. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dibanding liga-liga lainnya. Meski begitu, hanya lima klub saja yang sukses berakhir sebagai juara. Klub mana saja?

1. Manchester United

9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga ChampionsManchester United (twitter.com/ManUtd)

Manchester United menjadi tim Inggris pertama yang mencapai final Liga Champions. Itu mereka lakukan pada 1968 dan berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Benfica dengan skor 4-1. Lebih spesial, pertandingan dilangsungkan di stadion negara sendiri, Wembley.

MU mencatatkan empat penampilan lain di partai puncak. Pertama pada 1999 kala mengalahkan Bayern Munchen 2-1. Kedua pada 2008 menang lewat adu penalti atas Chelsea. Ketiga setahun berikutnya saat takluk dari Barcelona 2-0. Dan terakhir pada 2011 kembali kalah dari Barca 3-1.

2. Leeds United

9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga ChampionsLeeds United (twitter.com/LUFC)

Leeds pernah mencatatkan satu penampilan di final Liga Champions, yaitu pada 1975 yang digelar di Parc des Princes, Prancis. Namun, mereka harus menerima kekalahan dari Bayern Munchen dengan skor 2-0. Pertandingan ini selalu diingat karena kontroversi sang wasit, Michel Kitabdjian.

Ia memberikan banyak keputusan yang merugikan Leeds. Salah satunya adalah menganulir gol mereka pada menit 63 setelah mendapat protes dari kapten Bayern, Franz Beckenbauer. Padahal, awalnya ia telah mengesahkan gol tersebut.

3. Liverpool

9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga ChampionsLiverpool (twitter.com/LFC)

Liverpool menjadi yang terbanyak dalam daftar ini. Bahkan, mereka merupakan salah satu klub tersukses di Liga Champions. The Reds pernah sembilan kali bermain di final dengan enam di antaranya berakhir sebagai juara.

Trofi mereka raih pada 1977, 1978, 1981, 1984, 2005, dan 2019. Berkat catatan tersebut, mereka pun berhak mengenakan badge of honour. Sementara itu, tiga kekalahan diderita Liverpool pada 1985, 2007, dan 2018.

4. Nottingham Forest

9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga ChampionsNottingham Forest (twitter.com/NFFC)

Nottingham Forest pernah dua kali bermain di final Liga Champions yang seluruhnya mereka akhiri dengan gelar juara. Pertama adalah pada 1979 kala mengalahkan Malmo dengan skor 1-0 dalam pertandingan yang digelar di Olympiastadion, Jerman.

Kemudian setahun berikutnya, Forest kembali masuk ke final. Kali ini, mereka menang atas Hamburg juga dengan skor 1-0. Dalam edisi ini, pertandingan digelar di Santiago Bernabeu, Spanyol.

Baca Juga: 11 Tim yang Pernah Bermain di Final Liga Champions Secara Beruntun

5. Aston Villa

9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga ChampionsAston Villa (twitter.com/AVFCOfficial)

Selain Nottingham Forest, Aston Villa merupakan satu tim Inggris 'kecil' lain yang pernah menjuarai Liga Champions. Itu mereka raih pada 1982 kala mengalahkan Bayern Munchen dengan skor 1-0. Pertandingan sendiri saat itu digelar di Stadion Feijenoord 'De Kuip', Belanda.

Hebatnya, ini merupakan keikutsertaan perdana The Villans di Liga Champions. Peter Withe menjadi pahlawan dengan mencetak gol pada menit 67. Padahal, Munchen saat itu diperkuat nama-nama besar seperti Karl-Heinz Rummenigge dan Paul Breitner.

6. Arsenal

9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga ChampionsArsenal (twitter.com/ChampionsLeague)

Periode 2000-an memang menjadi masa keemasan Arsenal. Setelah sukses meraih Liga Inggris secara tidak terkalahkan pada musim 2003/2004, puncak pencapaian The Gunners adalah berhasil bermain di final Liga Champions pada 2006.

Namun, mereka harus kalah dari Barcelona dengan skor 2-1 dalam laga yang digelar di Stade de France, Prancis. Itu tidak terlepas dari kondisi mereka yang bermain 10 orang sejak menit 18 setelah Jens Lehmann mendapat kartu merah.

7. Chelsea

9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga ChampionsChelsea (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea merupakan juara bertahan Liga Champions musim ini setelah pada final musim lalu mengalahkan sesama tim Inggris, Manchester City, dengan skor 1-0 di Estadio Do Dragao, Portugal. Selain itu, Chelsea pernah bermain di dua final lain.

Pertama adalah pada 2008 yang digelar di Luzhniki Stadium, Rusia. Sayangnya, itu berakhir dengan kekalahan lewat adu penalti dari Manchester United. Kemudian pada 2012 di Fussball Arena, Jerman, Chelsea mengalahkan Bayern Munchen lewat adu penalti.

8. Tottenham Hotspur

9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga ChampionsTottenham Hotspur (worldfootball.net)

Rival Arsenal, Tottenham Hotspur, juga pernah menginjakkan kaki di partai final, tepatnya pada 2019 yang digelar di Estadio Metropolitano, Spanyol. Namun, mereka juga mengalami kekalahan. Bedanya, itu didapat dari sesama tim Inggris, Liverpool, dengan skor 2-0.

Bagi pendukung Spurs, musim ini akan selalu diingat karena penampilan heroik timnya di babak perempat final dan semifinal. Pasalnya, mereka sukses melakukan comeback dramatis atas Manchester City dan Ajax Amsterdam.

9. Manchester City

9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga ChampionsManchester City (skysports.com)

Satu tim terakhir adalah Manchester City. Seperti telah disinggung di atas, mereka merupakan finalis musim lalu dan kalah dari Chelsea dengan skor 1-0. Datang sebagai tim yang lebih diunggulkan, City kebobolan pada menit 42 oleh Kai Havertz.

 

Pada musim ini yang telah masuk ke babak perempat final, City menjadi salah satu peserta yang berhasil lolos. Mereka akan menghadapi Atletico Madrid. Menarik untuk ditunggu apakah mereka kembali berhasil mencapai final dan mengakhirinya dengan gelar juara.

Baca Juga: 6 Negara dengan Klub Juara Liga Champions Terbanyak, Inggris Teratas

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya