5 Pelatih yang Menjuarai Liga Champions bersama Dua Klub Berbeda

Dua di antaranya berasal dari Jerman

Sebagai kompetisi sepak bola yang mempertemukan klub-klub terbaik di Eropa, tidak heran jika prestise Liga Champions begitu tinggi. Rasa bangga saat berhasil menjuarainya bukan hanya milik pemain, namun juga pelatih.

Sejak berlangsung pada 1956, terdapat 43 pelatih yang sudah berhasil membawa timnya meraih trofi Si Kuping Besar ini. Namun, hanya lima orang saja yang bisa mempersembahkannya untuk dua klub berbeda. Siapa saja?

1. Carlo Ancelotti

5 Pelatih yang Menjuarai Liga Champions bersama Dua Klub BerbedaCarlo Ancelotti (twitter.com/ChampionsLeague)

Selama berkarier sebagai seorang pelatih, Don Carlo total mengoleksi tiga gelar Liga Champions. Dua ia raih bersama AC Milan (2003 dan 2007) serta satu lainnya bersama tim yang tengah dilatihnya kini, Real Madrid pada 2014 lalu.

Sebagai catatan, Ancelotti juga menjadi satu dari tujuh nama yang berhasil meraih Liga Champions sebagai pemain dan pelatih. Itu diraihnya juga bersama Rossoneri pada 1989 dan 1990.

2. Jose Mourinho

5 Pelatih yang Menjuarai Liga Champions bersama Dua Klub BerbedaJose Mourinho (twitter.com/ChampionsLeague)

Jose Mourinho pertama kali menjuarai Liga Champions pada 2004 lalu bersama FC Porto. Kala itu skuadnya diisi pemain-pemain bertalenta, seperti Ricardo Carvalho, Maniche, dan Deco. Mereka juga sukses meraih dua trofi domestik sehingga mencatatkan treble.

Gelar kedua Liga Champions Mourinho diraih enam tahun berselang, yaitu pada 2010 bersama Inter Milan. Itu merupakan gelar Liga Champions pertama Inter sepanjang sejarah. Mou juga kembali meraih treble di musim tersebut.

Baca Juga: Jose Mourinho Merapat ke Nigeria Jelang Piala Afrika

3. Jupp Heynckes

5 Pelatih yang Menjuarai Liga Champions bersama Dua Klub BerbedaJupp Heynckes (twitter.com/ChampionsLeague)

Sosok yang telah pensiun sejak 2018 ini meraih dua gelar Liga Champions bersama Real Madrid dan Bayern Munchen. Namun, jarak juara keduanya terpaut cukup lama. Heynckes pertama kali menjuarainya bersama Madrid pada 1998.

Perlu waktu 15 tahun bagi dirinya untuk kembali meraih trofi tersebut. Pada 2013, bukan hanya Liga Champions, namun pria asal Jerman ini juga meraih dua gelar domestik lainnya sehingga sukses mencatatkan treble bersama Munchen.

4. Ottmar Hitzfeld

5 Pelatih yang Menjuarai Liga Champions bersama Dua Klub BerbedaOttmar Hitzfeld (twitter.com/ChampionsLeague)

Ottmar Hitzfeld yang juga merupakan pelatih asal Jerman meraih Liga Champions bersama Borussia Dortmund dan Bayern Munchen. Bedanya dengan Heynckess, Hitzfeld meraihnya dalam waktu yang cukup berdekatan.

Pertama bersama Dortmund pada 1997 dan empat tahun berselang atau pada 2001 dengan Munchen. Raihannya bersama Dortmund terasa lebih spesial karena merupakan yang pertama sepanjang sejarah klub dan masih bertahan hingga kini.

5. Ernst Happel

5 Pelatih yang Menjuarai Liga Champions bersama Dua Klub BerbedaErnst Happel (twitter.com/HSV)

Mendiang Ernst Happel menjadi orang pertama yang sukses meraih Liga Champions bersama dua klub berbeda. Sosok pelatih asal Austria ini pertama kali meraihnya pada 1970 bersama Feyenoord. 

Sementara itu, gelar keduanya dipersembahkan untuk Hamburg SV pada 1983. Lahir pada 29 November 1925, sosok bernama lengkap Ernst Franz Hermann Happel ini meninggal pada 14 November 1992 lalu.

 

Di musim 2021/2022 yang telah melaju ke fase gugur ini, ada Pep Guardiola, pelatih Manchester City, yang sebelumnya pernah menjuarai Liga Champions pada 2009 dan 2011 bersama Barcelona. Apakah pria Spanyol bisa kembali menjuarai kompetisi ini di akhir musim nanti sekaligus mencatatkan namanya ke dalam daftar ini?

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya