9 Pemain Arsenal Terakhir yang Membela Timnas Inggris di Piala Eropa

Ada siapa saja?

Arsenal hanya mengirim satu pemain bagi tim nasional Inggris di Piala Eropa 2020 kali ini, yaitu Bukayo Saka. The Gunners kalah dari Everton dan Aston Villa yang masing-masing menyumbang dua nama. Hal ini agak miris karena keduanya duduk di posisi yang lebih rendah dibanding Arsenal dalam klasmen akhir Liga Inggris musim 2020/2021.

Arsenal memang terhitung minim mengirim pemain bagi tim nasional Inggris di turnamen besar seperti Piala Eropa. Tercatat, sejak edisi tahun 2000, hanya ada 9 pemain asal klub London Utara yang dipanggil The Three Lions untuk tampil di Piala Eropa. Siapa saja dan bagaimana kiprah mereka? Berikut daftarnya.

1. Bukayo Saka

9 Pemain Arsenal Terakhir yang Membela Timnas Inggris di Piala Eropaeurosport.com

Pada musim 2020/2021, Saka tampil di sebanyak 46 pertandingan bagi Arsenal. Ia berhasil mencetak tujuh gol dan 10 assist. Performa impresifnya inilah yang membuat pelatih Inggris, Gareth Southgate, tanpa ragu membawanya ke Piala Eropa 2020.

Sejauh ini Saka telah tampil satu kali ketika Inggris menang dengan skor 1-0 melawan Republik Ceko. Hebatnya, debutnya tersebut juga diganjar dengan penghargaan Man of The Match.

2. Jack Wilshere

9 Pemain Arsenal Terakhir yang Membela Timnas Inggris di Piala Eropabeinsports.com

Di Piala Eropa 2016, ada nama Jack Wilshere sebagai delegasi Arsenal bagi tim nasional Inggris. Keputusan pelatih Inggris saat itu, Roy Hodgson, untuk memanggil Wilshere sebenarnya cukup mengejutkan. Pasalnya, pemain berposisi gelandang ini dibekap cedera sepanjang musim 2015/2016 dan hanya bermain tiga kali bagi Arsenal.

Tidak heran performanya di Piala Eropa sendiri mengecewakan. Ia bermain tiga kali dengan total waktu bermain hanya sebanyak 112 menit. Begitu pun dengan langkah Inggris yang hanya mencapai babak 16 besar karena kalah dari Islandia.

3. Alex-Oxlade Chamberlain

9 Pemain Arsenal Terakhir yang Membela Timnas Inggris di Piala Eropaindependent.co.uk

Alex-Oxlade Chamberlain bergabung dengan Arsenal pada Agustus 2011. Ini merupakan musim debutnya di kasta teratas sepak bola Inggris. Di akhir musim tersebut, Chambo total bermain sebanyak 26 pertandingan dan mencetak empat gol.

Performa tersebut ternyata cukup bagi Roy Hodgson untuk membawanya ke Piala Eropa 2012. Di pertandingan pertama melawan Prancis, Chamberlain yang masih berusia 18 tahun bahkan dipercaya menjadi starter dan bermain selama 77 menit.

Chamberlain kembali tampil di dua pertandingan babak grup selanjutnya, namun sebagai pemain pengganti. Inggris gugur di babak perempat final setelah kalah dari Italia lewat adu penalti.

4. Theo Walcott

9 Pemain Arsenal Terakhir yang Membela Timnas Inggris di Piala Eropagoal.com

Satu pemain Arsenal lain yang tampil bagi Inggris di Piala Eropa 2012 adalah Theo Walcott. Pemain sayap ini tampil di empat pertandingan yang dilakoni Inggris dengan total waktu bermain sebanyak 109 menit. Walcott berhasil mencetak satu gol dan satu assist di gelaran ini.

Baca Juga: 6 Momen Terbaik Theo Walcott Selama Bergabung dengan Arsenal

5. Ashley Cole

9 Pemain Arsenal Terakhir yang Membela Timnas Inggris di Piala Eropaskysports.com

Di Piala Eropa edisi 2004, Ashley Cole tidak tergantikan di posisi bek kiri tim nasional Inggris. Dari empat pertandingan yang dijalani Inggris, Cole bermain penuh. Inggris gugur di perempat final setelah kalah dari Portugal lewat adu penalti.

6. Sol Campbell

9 Pemain Arsenal Terakhir yang Membela Timnas Inggris di Piala Eropatelegraph.co.uk

Selain Ashley Cole, Sol Campbell jadi pemain Arsenal lain yang bermain bagi Inggris di Piala Eropa 2004. Seperti Cole juga, Campbell tidak tergantikan dalam empat pertandingan yang dilakoni Inggris. Sayang, keduanya gagal mempersembahkan trofi bagi negara mereka.

7. Martin Keown

9 Pemain Arsenal Terakhir yang Membela Timnas Inggris di Piala Eropafootball.fandom.com

Di Piala Eropa 2000, terdapat tiga pemain Arsenal yang masuk ke dalam skuad tim nasional Inggris. Pemain pertama adalah Martin Keown. Pemain bertahan ini tampil di tiga pertandingan yang dijalani Inggris dengan total waktu bermain sebanyak 188 menit.

8. Tony Adams

9 Pemain Arsenal Terakhir yang Membela Timnas Inggris di Piala Eropaskysports.com

Pemain kedua Arsenal yang membela Inggris di Piala Eropa 2000 adalah kapten mereka sendiri, yaitu Tony Adams. Tidak seperti Keown, Adams hanya bermain satu kali sepanjang gelaran ini. Ia tampil di pertandingan pertama selama 82 menit.

9. David Seaman

9 Pemain Arsenal Terakhir yang Membela Timnas Inggris di Piala Eropatransfermarkt.com

Pemain Arsenal terakhir yang membela Inggris di Piala Eropa 2000 adalah David Seaman. Pemain berposisi kiper ini tidak tergantikan di bawah gawang Inggris selama gelaran ini. Sayang, Seaman hanya mampu mencatatakan clean sheet satu kali.

 

Itu tadi sembilan pemain Arsenal terakhir yang membela Inggris di Piala Eropa. Apakah Saka bisa melampaui prestasi para seniornya di tim nasional? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: Lini Serang Tumpul, Ini Dia 5 Striker Top yang Bisa Dibidik Arsenal

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya