6 Pemain Brighton asal Amerika Selatan pada Musim 2022/2023

Alexis Mac Allister jadi nama paling bersinar

Benua Amerika Selatan dikenal sebagai salah satu produsen pemain sepak bola unggul. Banyak klub Eropa yang rela mengeluarkan uang besar atau mengirim tim pemantau secara langsung untuk mengamankan nama-nama bintang muda dari Amerika Selatan.

Tak terkecuali kim kuda hitam yang mengejutkan English Premier League (EPL) 2022/2023, Brighton & Hove Albion. Peningkatan kualitas The Seagulls pada musim ini tidak terlepas dari kontribusi enam pemain Amerika Selatan yang mereka miliki. Siapa saja mereka?

1. Pervis Estupinan (Ekuador)

6 Pemain Brighton asal Amerika Selatan pada Musim 2022/2023Pervis Estupinan (Instagram.com/pervisestupinan_oficial)

Brighton menjual Marc Cucurella ke Chelsea pada awal musim ini dengan harga Rp1,135 triliun. Namun, mereka mampu mendapatkan pengganti lebih baik dengan harga lebih murah dalam diri Pervis Estupinan.

Bek kiri berusia 25 tahun asal Ekuador tersebut didatangkan dari Villarreal dengan biaya hanya sekitar Rp309 miliar. Total, di seluruh kompetisi ia telah bermain 37 kali, mencetak 7 assist, dan menjaga 10 cleansheet.

Baca Juga: 5 Produk Akademi Brighton Terakhir yang Promosi ke Skuad Utama

2. Moises Caicedo (Ekuador)

6 Pemain Brighton asal Amerika Selatan pada Musim 2022/2023Moises Caicedo (Instagram.com/moises_caicedo55)

Moises Caicedo menjadi satu nama lain asal Ekuador yang ada di dalam skuad Brighton saat ini. Gelandang berusia 21 tahun itu direkrut dari Independiente pada awal Februari 2021 dengan biaya sekitar Rp86 miliar.

Pada paruh pertama musim 2021/2022, ia dipinjamkan ke klub Belgia, K Beerschot VA. Saat kembali pada Januari 2022, karier Caicedo di Inggris pun mulai menanjak. Untuk Brighton, total ia telah mencatatkan 48 penampilan, 2 gol, dan 3 assist.

Pada bursa transfer Januari 2023 lalu, Caicedo mengeluarkan pernyataan terbuka bahwa dirinya ingin meninggalkan klub. Namun, Brighton enggan melepasnya meski mendapat tawaran tinggi dari Arsenal dan Chelsea.

3. Jeremy Sarmiento (Ekuador)

6 Pemain Brighton asal Amerika Selatan pada Musim 2022/2023Jeremy Sarmiento (Instagram.com/jeremy7official)

Jeremy Sarmiento melengkapi trio Ekuador di dalam skuad Brighton. Namun, berbeda dengan kedua pemain di atas, Sarmiento sebetulnya lahir di Madrid, Spanyol. Ia memiliki darah Ekuador dari kedua orang tuanya.

Pemain berposisi gelandang serang ini aktif membela tim nasional Ekuador sejak Oktober 2021. Namun, sebelum itu, ia sempat membela tim nasional junior Inggris. Ini tidak terlepas karena dirinya yang memang pindah ke negara ini sejak usia tujuh tahun.

Charlton Athletic menjadi tempat pertama Sarmiento menimba ilmu sepak bola. Setelah pindah ke Portugal pada 2017 untuk bergabung bersama Benfica, ia akhirnya kembali ke Inggris tiga tahun berselang bersama Brighton.

Sejak bergabung, Sarmiento yang kini berusia 20 tahun sudah mendapat 19 kali kesempatan bermain untuk tim utama Brighton dan sukses menyumbang 2 assist. Sayang, kecemerlangannya harus terjeda karena saat ini ia tengah mengalami cedera.

4. Alexis Mac Allister (Argentina)

6 Pemain Brighton asal Amerika Selatan pada Musim 2022/2023Alexis Mac Allister (Instagram.com/alemacallister)

Brighton memiliki sosok juara dunia dalam diri Alexis Mac Allister. Pencetak satu assist di final Piala Dunia 2022 melawan Prancis itu bergabung dari Argentinos Juniors pada Januari 2019.

Namun, karier gelandang yang kini berusia 24 tahun itu tidak langsung melesat. Ia langsung dipinjamkan kembali Argentinos selama enam bulan dan menghabiskan enam bulan berikutnya bersama Boca Juniors.

Mulai paruh kedua musim 2019/2020, barulah Mac Allister mendapat kepercayaan dari Brighton. Secara perlahan, ia menjadi tulang punggung mereka. Hingga kini, Mac Allister telah mencatatkan 107 penampilan, 20 gol, dan 8 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Termurah Brighton pada 2022/2023, Ada Eks Liverpool

5. Facundo Buonanotte (Argentina)

6 Pemain Brighton asal Amerika Selatan pada Musim 2022/2023Facundo Buonanotte (Instagram.com/facubuonanotte_)

Facundo Buonanotte baru bergabung dengan Brighton pada bursa transfer Januari lalu. Ia direkrut dari Rosario Central dengan harga sekitar Rp104 miliar. Gelandang kidal berusia 18 tahun ini dikontrak selama 3,5 tahun.

Rekan sekompatriot Mac Allister tersebut langsung mendapat kepercayaan untuk bermain di tim utama. Sejauh ini, Buonanotte telah tampil 9 kali dan mencetak 1 gol serta 1 assist.

6. Julio Enciso (Paraguay)

6 Pemain Brighton asal Amerika Selatan pada Musim 2022/2023Julio Enciso (Instagram.com/julioenciso.33)

Julio Enciso menjadi satu pemain Amerika Selatan terakhir yang ada di dalam skuad Brighton saat ini. Penyerang asal Paraguay berusia 19 tahun tersebut digaet dari Libertad pada awal musim ini dengan mahar sekitar Rp201 miliar.

Pada fase awal, pemain setinggi 1,73 meter ini diberi waktu adaptasi dengan bermain bersama tim akademi. Kini, menjelang musim usai, ia pun mulai punya kesempatan mengicipi tim utama. Tercatat, Enciso telah bermain 21 kali dengan catatan 2 gol serta 3 assist.

Sebetulnya, terdapat satu nama lain dalam daftar ini, yaitu Steven Alzate. Namun, gelandang asal Kolombia tersebut saat ini tengah dipinjamkan ke klub Belgia, Standard Liege. Ia pun tampil apik dengan catatan 2 gol dan 5 assist dari 24 penampilan bersama Standard Liege.

Ketujuh nama di atas saat ini tengah bermain menjanjikan di usia yang masih muda. Menarik untuk menunggu siapa nama pertama yang akan dilepas Brighton dengan harga tinggi pada bursa transfer di masa yang akan datang.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak Brighton di Premier League, Siapa Saja?

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya