6 Pemain Chelsea yang Habis Kontrak di Akhir Musim 2021/2022

Tiga di antaranya termasuk pemain kunci Chelsea

Seperti diketahui, pemilik Chelsea, Roman Abramovich, telah dijatuhi hukuman oleh Pemerintah Inggris. Salah satu bentuknya adalah pembekuan asetnya dimana The Blues termasuk di antaranya. 

Akibatnya, Chelsea pun tidak bisa melakukan aktivitas transfer apapun, termasuk memperbarui kontrak pemain mereka. Padahal, ada enam pemain yang akan habis kontraknya pada akhir musim ini. Mereka pun disinyalir bakal pergi meninggalkan Chelsea tanpa bisa melakukan apa-apa.

Berikut ini adalah keenam pemain Chelsea yang kontraknya habis di akhir musim 2021/2022. 

1. Cesar Azpilicueta

6 Pemain Chelsea yang Habis Kontrak di Akhir Musim 2021/2022potret Cesar Azpilicueta (twitter.com/ChelseaFC)

Nama pertama adalah kapten utama mereka sendiri, Cesar Azpilicueta. Pemain asal Spanyol ini dibeli dari Olympique Marseille pada awal musim 2012/2013 lalu dengan biaya sekitar Rp152,96 miliar. 

Sejauh ini, pemain berusia 32 tahun ini telah mencatatkan 462 penampilan, 15 gol, dan 56 assist. Azpilicueta juga ikut mempersembahkan 2 gelar Liga Inggris, 1 Piala FA, 1 Piala Liga, 1 Liga Champions, 2 Liga Eropa, 1 Piala Super Eropa, dan 1 Piala Dunia Antarklub.

2. Antonio Rudiger

6 Pemain Chelsea yang Habis Kontrak di Akhir Musim 2021/2022potret Antonio Rudiger (twitter.com/ChelseaFC)

Kedatangan Thomas Tuchel di Chelsea pada Januari 2021 lalu membuat karier Antonio Rudiger meningkat. Terbukti, pemain asal Jerman ini menjadi pemain yang paling sering dimainkan oleh pelatih senegaranya tersebut sebanyak 64 kali. Rudiger dibeli dari AS Roma pada awal musim 2017/2018 lalu dengan biaya sebesar Rp608,36 miliar.

Sejauh ini, bek tengah berusia 29 tahun tersebut telah bermain sebanyak 189 kali dan mencetak 10 gol serta 7 assist. Sementara koleksi trofinya terdiri dari 1 Piala FA, 1 Liga Champions, 1 Liga Eropa, 1 Piala Super Eropa, dan 1 Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga: Dimakan Usia, 5 Gelandang yang Dapat Gantikan Jorginho di Chelsea

3. Andreas Christensen

6 Pemain Chelsea yang Habis Kontrak di Akhir Musim 2021/2022potret Andreas Christensen (twitter.com/ChelseaFC)

Andreas Christensen sudah cukup lama berada di Chelsea. Ia dikontrak secara gratis dari Bronby pada awal musim 2012/2013 saat masih berusia 16 tahun. Bek asal Denmark ini mendapakant debutnya untuk tim utama pada 18 Oktober 2014 di Piala Liga.

Christensen sempat dipinjamkan selama dua musim (2015—2017) ke Borussia Monchengladbach. Saat kembali pada musim berikutnya, ia mencatatkan 27 penampilan di Premier League yang merupakan jumlah terbanyak sepanjang karirnya.

Total, hingga kini bek berusia 25 tahun tersebut telah bermain sebanyak 155 kali dan mencetak 2 gol serta 2 assist untuk The Blues. Christensen mengoleksi 1 Piala FA, 1 Piala Liga, 1 Liga Champions, 1 Liga Eropa, 1 Piala Super Eropa, dan 1 Piala Dunia Amtarklub.

4. Charly Musonda Junior

6 Pemain Chelsea yang Habis Kontrak di Akhir Musim 2021/2022potret Charly Musonda Junior (twitter.com/ChelseaFC)

Charly Musonda Junior didatangkan Chelsea pada musim yang sama dengan Christensen. Namun bedanya, The Blues harus mengeluarkan uang sebesar Rp43,45 miliar untuk menebusnya dari Anderlecht. Usianya juga lebih muda satu tahun dari Christensen.

Sayangnya, karier pemain berposisi gelandang serang ini justru tidak semulus Christensen. Hingga kini Musonda hanya bermain 7 kali saja untuk tim utama Chelsea dengan koleksi 1 gol dan 2 assist. Ia juga pernah dipinjamkan ke Real Betis, Glasgow Celtic, dan Vitesse.

5. Danny Drinkwater

6 Pemain Chelsea yang Habis Kontrak di Akhir Musim 2021/2022potret Danny Drinkwater (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea membeli Danny Drinkwater dari Leicester City pada awal musim 2017/2018 dengan biaya Rp658,76 miliar. Namun, penampilannya nyatanya tidak sebagus ketika sukses membawa The Foxes juara Premier League dua musim sebelumnya.

Gelandang asal inggris ini akhirnya lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai pemain pinjaman, yaitu bersama Burnley, Aston Villa, Kasimpasa, dan Reading pada musim ini. Untuk Chelsea sendiri, Drinkwater baru bermain sebanyak 23 kali dengan koleksi 1 gol.

6. Jake Clarke-Salter

6 Pemain Chelsea yang Habis Kontrak di Akhir Musim 2021/2022potret Jake Clarke-Salter (twitter.com/ChelseaFC)

Nama terakhir pemain Chelsea yang akan habis kontraknya pada akhir musim ini adalah Jake Clarke-Salter. Seperti Drinkwater, bek tengah berusia 24 tahun ini juga tengah dipinjamkan, yaitu ke Coventry City.

Jake sejatinya adalah produk asli akademi Chelsea. Namun, ia hanya pernah merasakan dua kali bermain di tim utama. Ada empat tim lain yang juga pernah dibela Jake dengan status pinjaman, yaitu Bristol Rovers, Sunderland, Vitesse, dan Birmingham City.

Melihat kontribusinya, tiga nama pertama jelas akan sangat disayangkan jika pergi secara gratis. Namun, meskipun larangan transfer dicabut, apakah mereka bersedia bertahan di tengah situasi yang tidak kondusif seperti ini? Tentu menarik untuk ditunggu kemana mereka bakal berlabuh musim depan.

Baca Juga: 6 Pemain Chelsea Musim Ini yang Pernah Meraih Trofi Premier League

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya