Comscore Tracker

6 Pemain yang Hengkang dari Arsenal Setelah Menjabat Sebagai Kapten

Jabatan kapten tidak mampu menahan mereka untuk pergi

Ada banyak alasan pelatih menunjuk seorang pemain sebagai kapten tim. Dari mulai kualitas permainan, aura kepemimpinan, nama besar, hingga senioritas. Namun, ada satu pertimbangan lain yang juga sering digunakan, yaitu agar si pemain tidak meninggalkan klub.

Arsenal bisa dibilang menjadi salah satu tim yang sering kali melakukan hal seperti ini. Sayangnya, langkah tersebut tetap sia-sia karena banyak pemain yang diberi jabatan kapten pada akhirnya hengkang juga. Setidaknya, ada enam pemain yang hengkang dari Arsenal setelah mereka menjabat sebagai kapten. Siapa saja? Berikut daftarnya.

1. Laurent Koscielny

6 Pemain yang Hengkang dari Arsenal Setelah Menjabat Sebagai KaptenLaurent Koscielny (tbrfootball.com)

Bek yang kini berusia 35 tahun ini bergabung dengan Arsenal dari FC Lorient pada 2010. Di awal musim 2018/2019, Arsenal kedatangan pelatih baru, Unai Emery. Pria asal Spanyol tersebut pun menunjuk Koscielny sebagai kapten tim menggantikan Per Mertesacker yang memutuskan pensiun di akhir musim sebelumnya.

Namun, di musim berikutnya, pemain asal Prancis ini memutuskan untuk pindah ke tim League 1, Bordeaux. Sebelum pindah, Koscielny bahkan menolak untuk mengikuti rangkaian pramusim Arsenal demi memuluskan hasratnya untuk hengkang. Bagi Arsenal sendiri, Koscielny mencatatkan total 357 penampilan.

2. Thomas Vermaelen

6 Pemain yang Hengkang dari Arsenal Setelah Menjabat Sebagai KaptenThomas Vermaelen (metro.co.uk)

Thomas Vermaelen bergabung dengan Arsenal dari Ajax pada Juli 2009. Bek berkaki kiri ini ditunjuk sebagai kapten pada musim 2012/2013 menggantikan Robin van Persie yang hengkang ke Manchester United. Jabatan ini pun dia emban selama dua musim sebelum akhirnya pindah ke Barcelona.

Di musim terakhirnya berseragam Arsenal pada 2014, bek asal Belgia ini sukses mempersembahkan Piala FA. Itu merupakan trofi pertama Arsenal dalam sembilan tahun dan sebagai kapten, Vermaelen mendapat kehormatan untuk mengangkatnya. Vermaelen total mencatatkan 150 penampilan bagi Arsenal.

Baca Juga: 6 Pemain Pemakai Nomor Punggung 10 Arsenal di Era Premier League

3. Robin van Persie

6 Pemain yang Hengkang dari Arsenal Setelah Menjabat Sebagai KaptenRobin van Persie (goal.com)

Musim 2011/2012 merupakan musim terbaik van Persie bersama Arsenal. Statistik menunjukkan pemain asal Belanda ini tampil dalam 48 pertandingan dan mencetak 37 gol. Jumlah terbanyak semenjak kedatangannya dari Feynoord pada 2004.

Di Liga Inggris musim itu, RvP berhasil meraih gelar top skor dengan koleksi 30 gol. Semuanya menjadi semakin istimewa karena Ia juga bertindak sebagai kapten. Ia menggantikan Fabregas yang hengkang ke Barcelona.

Di musim berikutnya, justru giliran van Persie yang memutuskan untuk hengkang. Ia berlabuh di tim rival, Manchester United, dan langsung berhasil meraih trofi Liga Inggris. Total, striker berkaki kiri ini mencatatkan 278 penampilan dan mencetak 132 gol bagi Arsenal.

4. Cesc Fabregas

6 Pemain yang Hengkang dari Arsenal Setelah Menjabat Sebagai KaptenCesc Fabregas (eurosport.com)

Fabregas datang ke Arsenal dari Barcelona saat Ia masih berusia 16 tahun pada 2003. Ia ditunjuk sebagai kapten pada pertengah musim 2008/2009 menggantikan William Gallas yang ketika itu dicopot oleh Arsene Wenger karena melakukan tindakan indisipliner. 

Fabregas pun mengemban tugas kapten ini hingga kepindahannya ke Barcelona pada 2011. Selama tujuh musim membela The Gunnersplaymaker asal Spanyol ini mencatatkan 304 penampilan dengan koleksi 57 gol serta 93 assists.

5. Thierry Henry

6 Pemain yang Hengkang dari Arsenal Setelah Menjabat Sebagai KaptenThierry Henry (arsenalstation.com)

Henry bergabung dengan Arsenal dari Juventus pada 1999. Ia menjabat kapten sejak musim 2005/2006 menggantikan Patrick Vieira. Di musim tersebut, striker asal Perancis ini sukses membawa Arsenal melaju ke final Liga Champions meski harus berakhir dengan kekalahan dari Barcelona dengan skor 2-1.

Kekalahan tersebut pula yang membuat Henry menginginkan pindah. Wajar, karena Liga Champions menjadi satu-satunya gelar yang belum pernah Ia dapatkan. Namun, berkat bujukan pelatih Arsenal saat itu, Arsene Wenger, Henry pun bersedia untuk bertahan.

Keinginan Henry untuk hengkang pada akhirnya tidak bisa lagi tertahankan setelah Ia pindah ke Barcelona pada musim berikutnya (2007/2008). Pada 2009, Henry mendapat keinginannya untuk meraih Liga Champions. Henry sendiri merupakan top skor sepanjang masa Arsenal dengan koleksi 226 gol dari 376 penampilan.

6. Patrick Vieira

6 Pemain yang Hengkang dari Arsenal Setelah Menjabat Sebagai KaptenPatrick Vieira (arsenalarsenal.net)

Vieira mendapat kehormatan untuk mengemban kapten Arsenal sejak musim 2002/2003 menggantikan legenda klub, Tony Adams, yang memutuskan pensiun di akhir musim sebelumnya. Jabatan ini pun Ia pegang hingga 2006 sebelum akhirnya pidah ke Juventus.

Pemain asal Prancis ini sendiri didatangkan Arsenal dari AC Milan pada 1996. Vieira yang kini merupakan pelatih dari Crystal Palace mencatatkan 396 penampilan dan mencetak 32 gol serta 43 assists bagi The Gunners.

 

Itu tadi enam pemain yang hengkang dari Arsenal setelah menjabat sebagai kapten. Sebagai seorang profesional, keputusan ini merupakan sebuah hal yang wajar demi kepentingan karir mereka sendiri.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Arsenal dalam Sejarah Kompetisi Premier League

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran. Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya