Comscore Tracker

Selain Robben, 7 Pemain Ini Kembali Bermain Setelah Sempat Pensiun

Gak jadi gantung sepatu nih!

Kabar mengejutkan datang dari mantan bintang asal Belanda, Arjen Robben. Pada Jum'at (26/2), pemain berkaki kidal tersebut secara resmi dikontrak salah satu klub Eredivise, FC Groningen. Robben dikontrak dengan durasi satu tahun, yaitu untuk musim 2020-2021 ke depan.

Seperti kita tahu, sejatinya Robben telah memutuskan untuk gantung sepatu sejak musim lalu di mana Bayern Munchen menjadi klub terakhir yang dibelanya. Keputusan Robben ini membuatnya menambah daftar pemain yang kembali bermain setelah sempat menikmati masa pensiun. Siapa saja mereka? Berikut tujuh di antaranya.

1. Paul Scholes

Selain Robben, 7 Pemain Ini Kembali Bermain Setelah Sempat PensiunGoal

Paul Scholes memutuskan untuk pensiun di akhir musim 2010-2011. Namun, enam bulan berselang, ia membatalkan keputusannya tersebut. Scholes menerima permintaan Alex Ferguson untuk membantu Manchester United yang saat itu tengah mengalami krisis cedera di posisi gelandang.

Scholes melakukan comeback-nya pada Januari 2012 dalam pertandingan FA Cup melawan Manchester City. Di akhir musim, Scholes bahkan menandatangani perpanjangan kontrak selama satu musim. Ia baru benar-benar pensiun di akhir musim 2012-2013 setelah ikut berkontribusi dalam membantu MU meraih gelar juara Liga Inggris di musim tersebut.

2. Jens Lehmann

Selain Robben, 7 Pemain Ini Kembali Bermain Setelah Sempat PensiunThe Independent

Kiper asal Jerman ini memutuskan untuk menyudahi karir sepak bolanya di akhir musim 2009-2010 bersama Stuttgart. Namun, pada paruh kedua musim 2010-2011, Lehmann dikontrak oleh klub lain yang pernah Ia bela, Arsenal.

Lehmann diminta untuk menjadi kiper cadangan karena saat ituThe Gunners mengalami krisis cedera di posisi ini dengan hanya menyisakan Manuel Almunia. Di masa bakti keduanya ini, Lehmann mencatatkan satu kali penampilan melawan Blackpool.

Baca Juga: [BREAKING] Setelah 18 Tahun, Arjen Robben Akhirnya Pulang ke Groningen!

3. Johan Cruyff

Selain Robben, 7 Pemain Ini Kembali Bermain Setelah Sempat PensiunTheseFootballTimes

Cruyff memutuskan untuk pensiun di akhir musim 1977-1978 bersama Barcelona. Pasca pensiun, Cruyff berinvestasi dalam sebuah bisnis, peternakan babi. Sayangnya, bisnisnya ini tidak berjalan lancar. Alasan finansial ini lah yang membuatnya memutuskan untuk kembali berkarir sebagai pesepakbola.

Cruyff comeback ke lapangan hijau dengan membela salah satu klub di Amerika Serikat, Los Angles Aztecs, pada Mei 1979. Karir Cruyff pasca pensiun tidak berhenti di situ. Cruyff lanjut berkelana bersama berbagai klub, dari mulai Wasington Diplomats, Levante, Ajax, sebelum akhirnya benar-benar pensiun di Feyenoord pada 1985.

4. Romario

Selain Robben, 7 Pemain Ini Kembali Bermain Setelah Sempat PensiunGloboesporteglobo

Legenda asal Brasil ini pensiun dari dunia sepak bola bersama klub Vasco da Gama pada 2007. Namun, dua tahun berselang, Romario yang saat itu telah berusia 43 tahun memutuskan untuk kembali bermain dengan bergabung bersama klub di divisi dua Liga Brasil, America. Keputusannya ini untuk memenuhi impian Sang Ayah yang menginginkan anaknya untuk bisa membela klub yang Ia dukung tersebut. 

5. Socrates

Selain Robben, 7 Pemain Ini Kembali Bermain Setelah Sempat PensiunPlanetfootball

Socrates pensiun pada 1990. Namun, pada 2004, di usianya yang telah menginjak 50 tahun, Ia kembali ke dunia sepak bola dengan bergabung bersama salah satu klub amatir di Inggris, Garforth Town. Ketika itu, Socrates menerima kesepakatan untuk mempromosikan akademi sepak bola klub tersebut.

Namun, sebagai tambahan, Ia juga diminta untuk merangkap sebagai pelatih sekaligus pemain selama satu bulan. Socrates mencatatkan satu kali penampilan sebagai pemain pengganti dalam pertandingan melawan Tadcaster Albion.

6. Jurgen Klinsmann

Selain Robben, 7 Pemain Ini Kembali Bermain Setelah Sempat PensiunBundesliga

Legenda asal Jerman ini mengakhiri karir sepakbolanya bersama Tottenham Hotspurs pada 1998. Namun, pada 2003, Klinsmann kembali ke lapangan hijau dengan bergabung bersama salah satu klub semi-pro di Amerika Serikat, Orange County Blue Star. Klinsmann mengaku memanfaatkan kesempatan ini untuk tetap menjaga kesehatan dan bersenang-senang.

Selama satu musim, Klinsmann mencetak 13 gol. Terdapat satu hal menarik di mana untuk menghindari perhatian media, klubnya mendaftarkan Klinsmann dengan nama palsu, Jay Goppingen. Goppingen sendiri merupakan kampung halaman Klinsmann di Jerman.

7. Pele

Selain Robben, 7 Pemain Ini Kembali Bermain Setelah Sempat PensiunThe Guardian

Salah satu pemain terbaik sepanjang masa ini mengakhiri karir sepak bolanya pada 1974 bersama Santos. Namun, pada Juni 1975, Pele memutuskan untuk kembali bermain dengan menerima pinangan salah satu klub di Amerika Serikat, New York Cosmos. Awalnya, Pele menolak tawaran ini karena Ia menyatakan bahwa tidak akan pernah membela tim selain Santos.

Namun, Pele menjadi luluh karena bujukan dari Clive Toye, presiden klub tersebut, yang menyatakan ingin meningkatkan popularitas sepak bola di negeri Paman Sam. Selain tentu ditambah dengan bayaran kontrak yang besar. Pele bermain selama tiga musim dan secara resmi pensiun pada 1977.

Itu tadi tujuh pemain yang kembali bermain setelah sempat memutuskan pensiun. Ada nama lain yang kamu tahu?

Gifar Ramzani Photo Writer Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya