6 Pemain Norwegia Bela Klub Top Eropa, Gak Hanya Haaland dan Odegaard

Generasi emas sepak bola Norwegia?

Di kancah sepak bola, Norwegia bukanlah negara juara seperti Brasil, Jerman, Prancis, atau Italia. Sepanjang sejarah, prestasi terbaik mereka hanya pernah tiga kali mengikuti Piala Dunia (1938, 1994, 1998) dan satu kali Piala Eropa (2000). Sebagai bukti, banyak pemain dari negara ini yang berkarier di klub-klub top Eropa.

Di masa kini ada Erling Haaland dan Martin Odegaard. Halaand tengah menjadi sensasi bersama Borrusia Dortmund dan Odegaard sedang dipinjamkan Real Madrid ke Arsenal. Selain keduanya, masih terdapat banyak pemain lain dari negara ini yang juga membela klub-klub atau bermain di liga top Eropa. Siapa saja? Berikut enam di antaranya.

1. Alexander Sorloth

6 Pemain Norwegia Bela Klub Top Eropa, Gak Hanya Haaland dan Odegaarddierotenbullen.com

Nama pertama adalah Alexander Sorloth. Pemain kelahiran 5 December 1995 ini bermain untuk klub Bundesliga, RB Leipzig. Sorloth bergabung dengan Leipzig dari klub Liga Inggris, Crystal Palace, pada awal musim ini. Menurut Transfermarkt, saat itu Ia ditebus dengan harga sekitar Rp347 miliar.

Sejauh ini, pemain yang memiliki tinggi 1,94 meter ini telah bermain sebanyak 28 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak empat gol dan tiga assist. Sementara bersama tim nasional, Sorloth telah bermain sebanyak 27 pertandingan dan mencetak sembilan gol.

2. Sander Berge

6 Pemain Norwegia Bela Klub Top Eropa, Gak Hanya Haaland dan Odegaardsufc.co.uk

Di daftar selanjutnya ada nama Sander Berge yang bermain untuk Sheffield United di Liga Inggris. Berge bergabung dengan Sheffield dari KRC Genk, klub asal Belgia, pada Januari 2020. Ia ditebus dengan harga Rp417 miliar yang membuatnya menjadi pembelian termahal Sheffield saat itu.

Dengan usia yang masih 23 tahun, Berge dianggap sebagai salah satu gelandang bertahan yang potensial. Sayang, musim ini Berge dirundung cedera. Ia hanya bermain sebanyak 14 pertandingan dan mencetak satu gol. Absennya Berge menjadi salah satu faktor buruknya performa Sheffiled di musim ini yang membuat mereka kemungkinan terdegradasi.

Di tim nasional, Berge telah bermain sebanyak 24 pertandingan dan mencetak satu gol sejak debut pada 2017.

3. Joshua King

6 Pemain Norwegia Bela Klub Top Eropa, Gak Hanya Haaland dan Odegaarddailystar.co.uk

Para pecinta Liga Inggris pasti tidak asing dengan nama satu ini. Joshua King memang sudah malang melintang membela banyak klub di negeri Elizabeth. Dari mulai Manchester United, Hull City, Blackburn Rovers, hingga Bournemouth. Pada Januari lalu, daftar tersebut bertambah karena pemain berposisi striker ini bergabung dengan Everton.

Baru bergabung di tengah musim, King hanya baru mencatatkan delapan penampilan bersama The Tofees. Tapi jika kita melihat catatan totalnya di Liga Inggris, pemain 29 tahun ini mengemas 169 penampilan dan 48 gol serta 15 assist. Statistik yang cukup baik.

Di tim nasional, King merupakan salah satu pemain senior karena telah debut sejak 2012 lalu. Jumlah penampilannya telah mencapai 51 pertandingan dan mengoleksi 17 gol.

Baca Juga: Diincar Chelsea dan Liverpool, Sander Berge Gabung Sheffield United 

4. Jens Petter Hauge

6 Pemain Norwegia Bela Klub Top Eropa, Gak Hanya Haaland dan Odegaard90min.com

Norwegia tidak hanya memiliki Halaand dan Odegaard sebagai pemain muda nan potensial. Ada juga nama Jens Petter Hauge yang masih berusia 21 tahun dan kini membela raksasa Italia, AC Milan. Pemain berposisi winger ini baru bergabung dengan Rossoneri di awal musim ini.

Sejauh ini, Hauge telah tampil sebanyak 24 pertandingan dan mencetak empat gol serta satu assist. Sebuah catatan impresif di musim debutnya. Penampilan yang mengesankan ini pula yang membuatnya mendapat panggilan pertama dari tim nasional pada Oktober 2020 lalu.

5. Mohamed Elyounoussi

6 Pemain Norwegia Bela Klub Top Eropa, Gak Hanya Haaland dan Odegaardscotsman.com

Mohamed Elyounoussi menjadi nama pemain Norwegia lain yang kini membela klub top Eropa. Sejak musim lalu, Ia bermain untuk klub Skotlandia, Glasgow Celtic, sebagai pemain pinjaman dari Southampton.

Bagi Celtic, Elyounoussi menjadi penyerang andalan. Di musim ini saja, Ia telah mencatatkan 37 penampilan dengan jumlah gol yang mencapai dua digit (13) serta enam assist.

Di tim nasional, pemain yang sebetulnya lahir di Maroko ini telah tampil sebanyak 28 pertandingan dan mencetak enam gol sejak debut pada 2014 lalu.

6. Morten Thorsby

6 Pemain Norwegia Bela Klub Top Eropa, Gak Hanya Haaland dan Odegaardruetir.con

Di daftar terakhir ada nama Morten Thorsby yang kini membela klub Italia, Sampdoria. Pemain berposisi gelandang ini bergabung dengan tim yang kini dilatih oleh Claudio Ranieri pada Juli 2019 dari klub Belanda, Hereenven, secara gratis.

Bisa bermain di berbagai posisi, Thorsby menjadi tulang punggung Sampdoria. Musim ini, Ia telah mencatatkan 25 penampilan dan mencetak dua gol. Menariknya, kedua gol tersebut Ia cetak ketika berhadapan dengan klub besar yaitu Inter dan Juventus.

Di tim nasional, sejak debut pada 2017 lalu, Thorsby baru mencatatkan tiga caps. Namun jumlah tersebut pasti akan bertambah jika melihat performanya yang meningkat di dua musim terakhir.

Enam nama tersebut, bisa dibilang Norwegia memiliki fondasi tim yang cukup bagus, meski sayangnya mereka tidak akan tampil di Piala Eropa tahun ini. Namun dengan kualitas yang ada, bukan tidak mungkin beberapa tahun mendatang mereka menjadi salah satu tim nasional yang mengejutkan.

Baca Juga: Gak Hanya Haaland, Ini 5 Pemain Norwegia yang Membela Klub Bundesliga

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya