5 Pemain di Skuad Arsenal Terkini yang Pernah Dipinjamkan

William Saliba punya peran krusial

Meminjamkan pemain merupakan skema transfer yang cukup unik dalam sepak bola. Salah satu alasan banyak klub menggunakan cara ini adalah untuk mengembangkan para pemain muda yang mereka miliki.

Arsenal yang merupakan kandidat juara English Premier League (EPL) 2022/2023 tercatat adalah salah satu tim yang tengah merasakan dampak positif dari strategi meminjamkan pemain. Di dalam skuad solid nan kompetitif Mikel Arteta saat ini, setidaknya ada lima pemain yang pernah dipinjamkan.

1. Eddie Nketiah

5 Pemain di Skuad Arsenal Terkini yang Pernah DipinjamkanEddie Nketiah (twitter.com/eddienketiah9)

Arsenal meminjamkan Eddie Nketiah ke Leeds United pada awal musim 2019/2020. Selama paruh pertama, ia berhasil mencetak 5 gol dan 1 assist. Jumlah tersebut terhitung banyak mengingat dirinya mayoritas hanya mendapat menit bermain sebagai pemain pengganti.

The Gunners pun tidak puas dengan kebijakan yang diambil oleh Leeds tersebut. Akhirnya, mereka pun memulangkannya pada paruh kedua musim. Puncak kepercayaan Arsenal kepada Nketiah terlihat dari perpanjangan kontrak jangka panjang pada Juni 2022 silam.

Musim ini, Nketiah yang menggunakan nomor legendaris, 14, membayar tuntas keyakinan tersebut. Ketika Gabriel Jesus harus absen cukup lama, dirinya menjadi pengganti yang bisa diandalkan. Total, ada 9 gol dan 2 assist yang sudah dibuat pemain berusia 23 tahun tersebut sepanjang musim kompetisi 2022/2023 ini berlangsung.

2. Emile Smith-Rowe

5 Pemain di Skuad Arsenal Terkini yang Pernah DipinjamkanEmile Smith-Rowe (twitter.com/rbleipzig)

Musim ini, Emile Smith-Rowe memang tidak berbuat banyak untuk Arsenal lantaran lebih banyak berkutat dengan cedera. Gelandang kreatif tersebut baru tampil 10 kali dengan sumbangan 1 assist. Ini berbanding jauh dengan catatan musim lalu di mana dirinya mencetak 11 gol dan 2 assist.

Dalam seri dokumenter All or Nothing, pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengakui bahwa kesuksesan yang didapat oleh Smith-Rowe itu tak lepas dari masa pendewasaan diri di dua klub berbeda, yaitu bersama RB Leipzig pada paruh kedua musim 2018/2019 dan Huddersfield pada paruh kedua musim 2019/2020.

Sebagai catatan, di kedua klub tersebut, Smith-Rowe memang tidak banyak bermain karena cedera. Namun, Arteta menyebut bahwa sejak awal saat klub memutuskan untuk meminjamkannya, mereka memang hanya ingin membangun kepercayaan dirinya alih-alih mengasah kemampuan tekniknya yang dinilai sudah tidak perlu diragukan lagi.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Tampil Apik dalam Masa Peminjaman

3. Reiss Nelson

5 Pemain di Skuad Arsenal Terkini yang Pernah DipinjamkanReiss Nelson (instagram.com/reissnelson)

Arsenal meminjamkan Reiss Nelson ke Hoffenheim pada musim 2018/2029. Pemain sayap tersebut meledak dengan catatan tujuh gol dari 23 pertandingan di Bundesliga. Namun, ketika kembali, Nelson hanya bisa mencetak 4 gol saja selama 2 musim berikutnya.

Pada musim lalu, Arsenal kembali meminjamkannya ke Feyenoord. Nelson kemudian mampu mengemas 4 gol dari total 31 pertandingan. Keputusan tersebut bisa dibilang cukup berhasil mengingat Nelson musim ini sudah mencetak 3 gol bagi Arsenal di Premier League hanya dari 4 penampilan saja.

Cedera menjadi faktor terbesar yang menghambat perkembangan pemain yang kini berusia 23 tahun tersebut. Di sisa musim ini, Nelson tentu harus bekerja keras untuk membuktikan diri jika memang ia tidak ingin dilepas secara gratis karena kontraknya bakal berakhir pada Juni 2023 mendatang.

4. Mohamed Elneny

5 Pemain di Skuad Arsenal Terkini yang Pernah DipinjamkanMohamed Elneny (instagram.com/elnenym)

Arsenal membeli Mohamed Elneny dari FC Basel pada 2016. Pada awal musim 2019/2020, semusim setelah Unai Emery menggantikan Arsene Wenger sebagai pelatih, gelandang asal Mesir tersebut tersisihkan sehingga dipinjamkan ke Besiktas.

Elneny kembali pada musim berikutnya. Nasibnya berubah seiring dengan pelatih Arsenal yang juga sudah kembali berganti ke tangan pria asal Spanyol lainnya, Mikel Arteta. Di bawah asuhan Arteta, Elneny mendapat kepercayaan yang cukup besar.

Ia jarang mendapat kesempatan sebagai pemain inti. Namun, ketika dibutuhkan, Elneny tidak pernah gagal memuaskan Arteta. Puncaknya, pada Februari 2023, pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut pun mendapat perpanjangan kontrak meski dirinya tengah dilanda cedera.

5. William Saliba

5 Pemain di Skuad Arsenal Terkini yang Pernah DipinjamkanWilliam Saliba (instagram.com/w.saliba4)

Musim ini merupakan musim pertama William Saliba bermain untuk Arsenal. Padahal, dirinya sudah dibeli sejak 2019 lalu dari Saint-Etienne. Selama tiga musim beruntun, pemain yang kini berusia 21 tahun itu terlebih dahulu dipinjamkan oleh Arsenal, yaitu ke Saint-Etienne (2019/2020), OGC Nice (2020/2021), dan Olympique Marseille (2021/2022).

Bek tengah tersebut pun menjadi contoh paling nyata tentang berhasilnya kebijakan Arsenal meminjamkan pemain sekaligus sabar menunggu mereka. Salah satu bukti peran krusial Saliba adalah hanya Gabriel Magalhaes (3032 menit) dan Bukayo Saka (2818 menit) saja yang mencatatkan menit bermain lebih banyak dibanding dirinya (2793 menit) pada musim kompetisi 2022/2023 ini.

Saat ini, terdapat sepuluh pemain yang tengah dipinjamkan oleh Arsenal. Mereka adalah Nicolas Pepe, Nuno Tavares, Albert Sambi Lokonga, Folarin Balogun, Marquinhos, Ainsley Maitland-Niles, Pablo Mari, Cedric Soares, Auston Trusty, dan Runar Alex Runnarson. Dari sederet nama ini, siapa yang bakal balik dan menjadi pilar Arsenal di masa mendatang?

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Pernah Cetak 3 Assist dalam Laga Premier League

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya