Comscore Tracker

5 Pembelian Termahal Sepanjang Sejarah Juventus

Dusan Vlahovic jadi nama terbaru

Bagi klub sepak bola, kekuatan finansial memang bisa menjadi salah satu faktor yang menentukan kesuksesan. Hal ini bisa kita lihat dari keperkasaan Juventus di Serie A. Sebelum Inter Milan menjuarai kompetisi ini pada musim lalu, Si Nyonya Tua memenanginya sembilan kali beruntun sejak 2011/2012.

Selama periode tersebut hingga kini, Juventus mencatatkan lima pembelian pemain mahal. Tidak hanya itu, lima pembelian tersebut sekaligus menjadi rekor pembelian termahal di kompetisi Negeri Piza. Siapa saja mereka dan bagaimana kiprahnya?

1. Cristiano Ronaldo

5 Pembelian Termahal Sepanjang Sejarah JuventusCristiano Ronaldo (twitter.com/juventusfc)

Rekor pembelian termahal Juventus sekaligus Serie A dipegang oleh Cristiano Ronaldo. Pada 10 Juli 2018, Si Nyonya Tua mendatangkan bintang Portugal ini dari Real Madrid dengan biaya hingga Rp2 triliun rupiah. Angka tersebut terbilang fantastis mengingat Ronaldo sudah berusia 33 tahun saat itu.

Sang pemain kemudian bertahan selama 3 musim di Turin sebelum hengkang ke Manchester United pada awal 2021/2022 ini. Selama itu, mantan pemain Sporting Lisbon ini mencatatkan 134 penampilan dengan koleksi 101 gol dan 22 assist.

Sementara, dari sisi raihan trofi, CR7 mempersembahkan 2 Serie A, 1 Coppa Italia, dan 2 Piala Super Italia. Sayangnya, Ronaldo gagal membantu Juventus menuntaskan rasa penasaran untuk memenangi Liga Champions.

2. Gonzalo Higuain

5 Pembelian Termahal Sepanjang Sejarah JuventusGonzalo Higuain (twitter.com/juventusfc)

Di posisi selanjutnya, ada nama Gonzalo Higuain yang dibeli Juventus dari Napoli seharga Rp1,5 triliun pada 26 Juli 2016. Pemain asal Argentina ini memang merupakan penyerang paling moncer di Serie A kala itu. Pasalnya, semusim sebelumnya, ia meraih gelar top skor dengan koleksi 36 gol.

Dua musim pertama, kariernya di Turin berjalan lancar. Mantan pemain Real Madrid ini bermain sebanyak 105 kali dengan torehan 55 gol dan 8 assist. Namun, untuk musim berikutnya, Higuain dipinjamkam ke AC Milan pada paruh pertama dan Chelsea pada paruh kedua.

Setelah kembali, ia sempat bertahan 1 musim dan mencatatkan 44 penampilan tambahan dengan 11 gol dan 9 assist sebelum hengkang secara resmi ke Inter Miami. Selama 3 musim, Higuain membantu Juventus memenangi 3 gelar Serie A dan 2 Coppa Italia.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Sepanjang Sejarah Tottenham dan Kabarnya Kini!

3. Matthijs de Ligt

5 Pembelian Termahal Sepanjang Sejarah JuventusMatthijs de Ligt (twitter.com/juventusfc)

Tampil mengesankan bersama Ajax yang melaju hingga ke semifinal Liga Champions 2018/2019, Juventus memutuskan untuk merekrut Matthijs de Ligt pada awal musim berikutnya. Ia yang kala itu masih berusia 19 tahun ditebus dengan mahar mencapai Rp1,4 triliun.

Tiga musim berjalan, bek tengah ini telah tampil sebanyak 98 kali dengan kontribusi 6 gol dan 2 assist. Koleksi trofinya baru terdiri dari 1 Serie A, 1 Coppa Italia, dan 1 Piala Siper Italia. De Ligt memang diproyeksikan sebagai salah satu pengganti dari duet Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini yang telah beranjak tua.

4. Dusan Vlahovic

5 Pembelian Termahal Sepanjang Sejarah JuventusDusan Vlahovic (twitter.com/juventusfc)

Nama yang satu ini baru saja diakuisi Juventus dari Fiorentina pada pada 28 Januari 2022 lalu dengan dana sebesar Rp1,4 triliun. Angka tersebut sekaligus memasukkannya ke dalam tiga besar pembelian termahal pada bursa transfer musim dingin.

Performa striker asal Serbia ini memang tengah menanjak dengan torehan 38 gol sejak 2020/2021 lalu hingga detik ini. Dipercaya menggunakan nomor 7 yang terakhir kali dipakai Cristiano Ronaldo, Vlahovic diharapkan bisa menjadi solusi tepat Juventus terkait persoalan lini depannya.

5. Arthur Melo

5 Pembelian Termahal Sepanjang Sejarah JuventusArthur Melo (twitter.com/arthurmelo)

Tempat terakhir diisi oleh gelandang asal Brasil, Arthur Melo. Pemain yang kini berusia 25 tahun tersebut dibeli dari Barcelona sebesar Rp1,3 triliun pada 1 September 2020 lalu. Namun, performanya hingga detik ini terbilang tidak memuaskan.

Mantan pemain Gremio ini hanya baru mencatatkan 47 penampilan dengan sumbangsih 1 gol dan 1 assist. Arthur dikabarkan akan hengkang. Arsenal menjadi salah satu yang disebut berminat meminjamnya.

Dibanding klub Serie A lainnya, Si Nyonya Tua memang terbilang yang paling stabil secara finansial. Tidak heran rekor di atas pun selalu mereka pecahkan.

Baca Juga: 5 Rekor Pembelian Pemain Termahal di Bawah 20 Tahun, Mbappe Memimpin!

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran. Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya