Comscore Tracker

6 Pesepak Bola Asal Portugal yang Bermain untuk Arsenal

Bagaimana kiprah mereka?

Portugal merupakan salah satu negara yang memiliki talenta sepak bola berkualitas. Tak heran banyak klub besar dunia pun menggunakan jasa mereka, salah satunya adalah tim asal Liga Inggris, Arsenal.

Sepanjang sejarah The Gunners, terdapat enam pemain asal negara juara Piala Eropa 2016 ini yang pernah bermain untuk mereka. Siapa saja pemain tersebut dan bagaimana kiprahnya ketika berseragam Arsenal? Berikut ulasannya.

1. Nuno Tavares

6 Pesepak Bola Asal Portugal yang Bermain untuk Arsenaltheathletic.com

Nuno Tavares merupakan nama terbaru asal Portugal yang bermain untuk Arsenal. Pemain berusia 21 tahun ini baru saja bergabung dengan tim Meriam London pada bulan Juli ini dari Benfica. Nuno berposisi sebagai bek kiri.

Selama berseragam Benfica sejak 2015, Nuno telah mencatatkan 41 penampilan, 1 gol, dan 7 assist. Ia juga merupakan penghuni tim nasional Portugal U-21. Catatan ini yang membuat pelatih Arsenal, Mikel Arteta, menilainya sebagai back-up sepadan bagi pengisi pos bek kiri utama Arsenal, Kieran Tierney.

2. Cedric Soares

6 Pesepak Bola Asal Portugal yang Bermain untuk Arsenaltbrfootball.com

Selain Nuno Tavares, Cedric Soares merupakan pemain asal Portugal yang sampai saat ini aktif bermain untuk Arsenal. Cedric awalnya didatangkan Arsenal dari Southampton sebagai pinjaman pada Januari 2020. Namun, saat kontraknya habis pada bulan Juni tahun yang sama, Arsenal pun memutuskan untuk merekrutnya secara permanen.

Sejauh ini, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini telah mencatatkan 29 penampilan, 1 gol, dan 2 assist. Cedera dan kurangnya menit bermain menjadi alasan mengapa jumlah penampilan pemain juara Piala Eropa 2016 ini masih terbilang minim bagi Arsenal.

Baca Juga: 5 Pemain Top Arsenal Bernomor Punggung 23 Sebelum Sambi Lokonga

3. Elton Monteiro

6 Pesepak Bola Asal Portugal yang Bermain untuk Arsenalskysports.com

Elton Monteiro bergabung dengan Arsenal dari FC Sion pada Juli 2010. Ia terlebih dahulu bermain untuk tim akademi. Namun, sayangnya hingga kepindahannya ke Club Brugge pada 2013, pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini tidak mencatatkan satu pun penampilan bagi tim utama Arsenal. 

Elton kalah bersaing dengan talenta-talenta The Gunners lainnya saat itu. Padahal, di tim U-18, Elton sempat menjabat sebagai kapten tim. Kini, di usianya yang masih 27 tahun, pemain ini membela FC Lausanne-Sport di Liga Super Swiss.

4. Amaury Bischoff

6 Pesepak Bola Asal Portugal yang Bermain untuk Arsenalgoal.com

Amaury Bischoff bergabung dengan Arsenal dari SV Werder Bremen II secara gratis pada Juli 2008. Keputusan pelatih Arsenal saat itu, Arsene Wenger, untuk merekrutnya merupakan sebuah perjudian. Pasalnya, meski memang bertalenta, Bischoff baru saja kembali dari cedera panjang ketika itu.

Sayangnya, perjudian tersebut tidak berakhir manis. Bischoff yang merupakan seorang pemain tengah sulit bersaing dan gagal memenuhi potensinya. Ia hanya mencatatkan empat penampilan sebelum dilepas secara gratis semusim kemudian.

5. Rui Fonte

6 Pesepak Bola Asal Portugal yang Bermain untuk Arsenalplanetfootball.com

Arsenal merekrut Rui Fonte dari Sporting FC pada Juli 2006 saat usianya masih 16 tahun. Sempat mengasah kemampuan terlebih dahulu di tim akademi, ia mulai masuk tim reserve pada 2008. Namun, kariernya bersama The Gunners lebih banyak dihabiskan sebagai pemain pinjaman.

Crystal Palace, Vitoria Setubal, kembali ke Sporting FC, sampai akhirnya dilepas secara resmi ke Espanyol pada 2011. Untuk tim utama Arsenal, pemain berposisi winger ini hanya mencatatkan satu penampilan. Rui merupakan adik dari Jose Fonte yang sempat bermain untuk Southampton.

6 Luis Boa Morte

6 Pesepak Bola Asal Portugal yang Bermain untuk Arsenaldailymail.co.uk

Luis Boa Morte menjadi pemain asal Portugal pertama yang membela Arsenal. Selain itu, jika melihat pencapaiannya, ia juga bisa dibilang yang tersukses dibanding nama-nama di atas. Winger eksplosif ini bergabung dengan Arsenal dari Sporting FC pada Juli 1997.

Selama berseragam Arsenal, Boa Morte sukses meraih 1 gelar Liga Inggris dan 2 piala Community Shield. Ia mencatatkan 34 penampilan, 3 gol, dan 2 assist. Pada Juli 1999, ia kemudian pindah ke Southampton.

 

Itu tadi enam pemain asal Portugal yang bermain untuk Arsenal. Apakah Nuno Tavares dan Cedric Soares bisa melampaui pencapaian Luis Boa Morte? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Bek Kanan yang Bisa Menggantikan Peran Hector Bellerin di Arsenal

Gifar Ramzani Photo Verified Writer Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya