3 Tim yang Bersaing untuk 1 Tiket Premier League di Pekan Terakhir

Siapa yang akan bertahan di Premier League musim depan?

Premier League musim 2022/2023 akan menggelar pekan terakhir pada Minggu (28/5/2023). Di papan atas, gelar juara sudah dipastikan menjadi milik Manchester City. Sebaliknya, di papan bawah, baru Southampton yang sudah pasti terdegradasi.

Artinya, masih terdapat dua slot bagi mereka yang akan turun kasta. Persaingan ini menjadi seru karena akan diperebutkan oleh tiga tim. Mereka adalah Leicester City, Everton, dan Leeds United. Lalu, bagaimana peluang ketiganya?

1. Leicester City

3 Tim yang Bersaing untuk 1 Tiket Premier League di Pekan TerakhirLeicester City (Twitter.com/LCFC)

Saat ini, di antara dua tim lainnya dalam daftar ini, Leicester City duduk di posisi terendah (19) dengan 30 poin. Namun, The Foxes masih memiliki dua pertandingan. Sayangnya, kedua pertandingan tersebut terbilang sangat berat.

Mereka akan melawan tim peringkat ketiga, Newcastle United, pada Selasa (23/5/2023) dini hari waktu Indonesia. Leicester harus melawan The Magpies yang hanya tinggal membutuhkan satu poin untuk memastikan diri bermain di Liga Champions musim depan. Selain itu, laga juga akan dimainkan di markas Newcastle, St. James's Park.

Sementara itu, pada pertandingan terakhir, juara musim 2015/2016 ini akan menghadapi West Ham United. The Hammers memang sudah tidak memiliki kepentingan di Premier League. Saat ini, mereka ada di posisi 14 dan tidak akan bisa menembus zona Eropa.

Namun, tim yang dilatih David Moyes dipastikan tetap akan mengincar poin penuh. Pasalnya, ini menjadi bagian dari persiapan mereka dalam menghadapi partai mahabesar. Pada 7 Juni, West Ham akan melakoni final Liga Konferensi Eropa melawan Fiorentina.

Jika terdegradasi, Leicester akan mengakhiri periode sembilan tahun mereka bermain di Premier League. Mereka promosi pada 2014/2015 dan menjadi juara pada musim berikutnya. Sebelum itu, Leicester bermain selama sepuluh musim di Championship (2004/2005--2013/2014).

2. Everton

3 Tim yang Bersaing untuk 1 Tiket Premier League di Pekan TerakhirEverton (Twitter.com/Everton)

Saat ini Everton berada di peringkat 16 dengan 33 poin. Mereka memiliki peluang terbesar untuk lolos dari jerat degradasi. Syaratnya, mereka harus menang di laga terakhir nanti melawan AFC Bournemouth.

Jika berhasil melakukannya, The Toffees akan mengoleksi 36 poin. Jumlah tersebut bisa disamai oleh Leicester jika berhasil memenangkan dua pertandingan sisa seperti yang telah dijelaskan di atas. Jika itu benar terjadi, kondisi Everton menjadi terbalik.

Pasalnya, mereka kalah secara selisih gol. Saat ini, tercatat, armada Sean Dyche mencetak 33 gol dan kebobolan 57 gol. Sementara itu, rekor Leicester lebih baik, yaitu mencetak 49 gol dan kebobolan 67 gol. Artinya, selain harus menang melawan Bournemouth, Everton pun harus siap untuk mencetak banyak gol dan kebobolan seminim mungkin.

Sebagai catatan, Everton terakhir kali merasakan degradasi adalah pada musim 1950/1951. Mereka kembali promosi pada 1953/1954 dan tidak pernah lagi turun kasta hingga kini. Catatan tersebut membuat mereka menjadi tim kedua setelah Arsenal yang bertahan paling lama di kompetisi teratas sepak bola Inggris.

3. Leeds United

3 Tim yang Bersaing untuk 1 Tiket Premier League di Pekan TerakhirLeeds United (Twitter.com/LUFC)

Leeds United saat ini ada di posisi 18 dengan 31 poin. The Whites menjadi tim yang berada dalam posisi paling tertekan. Pasalnya, nasib untuk lolos dari degradasi tidak berada di tangan mereka sendiri.

Ada dua syarat yang harus terpenuhi agar mereka bisa bermain kembali di Premier League musim depan. Pertama, Everton dan Leicester harus menelan kekalahan. Kedua, tim yang kini dilatih Sam Allardyche tersebut pun harus menang melawan tim papan atas, Tottenham Hotspur.

Pada pertandingan terakhir musim lalu, Leeds berhasil selamat dari degradasi setelah menang dengan skor 1-2 atas Brentford. Musim ini sendiri merupakan musim ketiga secara beruntun Leeds bermain di Premier League. Pada musim 2020/2021, mereka promosi untuk pertama kalinya setelah 16 musim absen dari Premier League.

Sebagai catatan, di laga terakhir nanti, ketiga tim di atas akan mendapat energi tambahan karena akan bermain di kandang masing-masing. Artinya, satu tim yang lolos akan berpesta merayakan keberhasilan bertahan. Sementara itu, dua tim lain akan mengucap selamat tinggal kepada kompetisi akbar ini.

Baca Juga: 5 Klub Serie A yang Terancam Degradasi pada 2022/2023

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya