5 Tim Lolos dari Babak Grup UCL 2022/2023 sejak Pekan Ke-4

Salah satunya Club Brugge yang memberikan kejutan

Liga Champions 2022/2023 baru saja menyelesaikan pertandingan keempat babak grup pada, Kamis (13/10/2022) dini hari WIB. Meski masih  menyisakan dua pertandingan yang akan digelar pada 25 & 26 Oktober 2022 serta 2 & 3 November 2022 nanti, terdapat lima tim yang sudah memastikan diri lolos dari fase grup ini.

Siapa saja kelima tim yang sudah memastikan tiket babak knockout Liga Champions 2022/2023 meski fase grup masih menyisakan dua pertandingan lagi? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Napoli

5 Tim Lolos dari Babak Grup UCL 2022/2023 sejak Pekan Ke-4Napoli (twitter.com/sscnapoli)

Tim pertama adalah Napoli yang berada di Grup A. Mereka saat ini mengoleksi 12 poin alias mencatatkan rekor sempurna dengan menyapu empat pertandingan dengan kemenangan.

Jumlah tersebut tidak mampu lagi dikejar oleh Ajax Amsterdam yang saat ini memiliki tiga poin dan Glasgow Rangers yang belum meraih poin sama sekali. Pesaing terdekat mereka adalah Liverpool yang saat ini memiliki sembilan poin. Napoli akan bertarung dengan The Reds untuk memperebutkan status juara grup di sisa dua pertandingan.

2. Club Brugge

5 Tim Lolos dari Babak Grup UCL 2022/2023 sejak Pekan Ke-4Club Brugge (twitter.com/ChampionsLeague)

Tim kedua adalah perwakilan dari Grup B, yaitu Club Brugge. Hasil ini cukup mengejutkan mengingat Brugge berada satu grup dengan tim yang dinilai lebih kuat, yaitu FC Porto, Atletico Madrid, dan Bayer Leverkusen.

Namun, buktinya hingga saat ini Club Brugge masih belum terkalahkan sekaligus meraup sepuluh poin. Jumlah poin tersebut memang masih mungkin disamai oleh Atletico yang saat ini memiliki empat poin. Namun, dalam dua pertemuan mereka, Brugge mampu menang 2-0 dan seri 0-0.

Hasil itu membuat Club Brugge unggul secara head-to-head dari Atletico Madrid karena Liga Champions menggunakan aturan ini. Setelah itu, barulah peringkat klasemen ditentukan melalui aturan selisih gol. Sebagai catatan, keberhasilan ini juga menjadi kali pertama bagi Club Brugge lolos dari fase grup Liga Champions sejak era format baru pada musim 1992/1993.

Baca Juga: 5 Fakta Pertandingan Rangers vs. Liverpool pada Matchday Keempat UCL

3. Bayern Munich

5 Tim Lolos dari Babak Grup UCL 2022/2023 sejak Pekan Ke-4Bayern Munich (twitter.com/ChampionsLeague)

Tim selanjutnya adalah Bayern Munich yang ada di Grup C. Seperti Napoli, tim asal Jerman tersebut juga meraih hasil sempurna. Jumlah poin mereka hanya mungkin dikejar oleh satu tim, yaitu Inter Milan yang saat ini sudah mengoleksi tujuh angka.

Sementara itu, dua tim lainnya adalah Barcelona yang memiliki tujuh poin. Disusul oleh Viktoria Plzen yang masih tanpa poin sama sekali.

4. Real Madrid

5 Tim Lolos dari Babak Grup UCL 2022/2023 sejak Pekan Ke-4Real Madrid (twitter.com/realmadrid)

Tim keempat adalah Real Madrid yang kini mengoleksi sepuluh poin. Situasi yang terjadi dengan Madrid perlu dilihat dengan lebih rinci.

Saat ini, di bawah Madrid, ada RB Leipzig yang meraup enam poin dan Shakhtar Donetsk dengan lima poin. Namun, keduanya akan saling bertemu pada pertandingan keenam nanti.

Artinya, dengan dua pertandingan tersisa, hanya satu tim saja di antara Leipzig dan Shakhtar yang memiliki kemungkinan untuk melewati atau menyamai poin Real Madrid. Satu tim lainnya di grup ini adalah Glasgow Celtic yang saat ini baru meraih satu poin.

5. Manchester City

5 Tim Lolos dari Babak Grup UCL 2022/2023 sejak Pekan Ke-4Manchester City (twitter.com/ManCity)

Tim terakhir yang berada dalam daftar ini adalah Manchester City yang ada di grup F. Mereka saat ini sudah mengoleksi sepuluh poin.

Borussia Dortmund yang ada di bawahnya dengan tujuh poin menjadi satu-satunya tim yang masih bisa mengejar City. Sementara itu, dua tim lain di grup ini, Sevilla dan Copenhagen, sama-sama masih mengoleksi dua poin.

Kelima tim di atas tentu tidak puas meski telah memastikan diri lolos ke fase knockout Liga Champions 2022/2023. Mereka dipastikan akan mengejar status juara grup demi menghindari bertemu pemuncak grup lain di babak 16 besar nanti.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Hasil Imbang Barcelona vs. Inter Milan di UCL

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya