8 Wonderkid di Luar 5 Liga Top Eropa yang Patut Disorot

Siap untuk direkrut klub besar Eropa

Premier League Inggris, Bundesliga Jerman, La Liga Spanyol, Serie A Italia, dan Liga NOS Portugal merupakan liga yang berada di urutan lima teratas peringkat klub UEFA. Liga-liga tersebut, plus Ligue 1 Prancis, merupakan liga-liga yang sering disorot dalam dunia sepak bola.

Liga-liga di luar peringkat tersebut sebenarnya juga tak kalah menariknya. Klub-klub yang berada di luar lima liga top Eropa terkenal akan sistem pembinaan pemain mudanya yang baik. Dari sanalah beberapa pemain kelas dunia dilahirkan. Sebut saja Kevin De Bruyne, Vincent Kompany, Ruud van Nistelrooy, Dennis Bergkamp, dan masih banyak nama lainnya.

Berbicara tentang pemain muda potensial, ada istilah wonderkid yang berarti pemain berumur maksimal 21 tahun dengan potensi menjadi pemain top dunia. Wonderkid sering kali menjadi incaran klub-klub besar Eropa.

Pada 2021/2022, ada beberapa pemain muda yang memiliki bakat menjanjikan. Siapa saja nama tersebut?

1. Maarten Vandevoordt

8 Wonderkid di Luar 5 Liga Top Eropa yang Patut DisorotMaarten Vandevoordt, The Next Courtois (Instagram.com/maarten_vandevoordt)

Klub asal Belgia, KRC Genk, merupakan salah satu klub yang sering melahirkan pemain-pemain berbakat. Kevin De Bruyne, Timothy Castagne, dan Thibaut Courtois merupakan pemain hasil didikan akademi Genk. Nama lainnya ialah Maarten Vandevoordt.

Memulai debutnya pada Desember 2019, Vandevoordt merupakan kiper utama Genk pada 2021/2022. Musim ini, ia telah tampil dalam 19 pertandingan bersama klub berjuluk Blauw-Wit. Memegang rekor sebagai kiper termuda yang pernah tampil di ajang Liga Champion, Vandevoordt digadang-gadang sebagai Courtois selanjutnya.

2. Kenneth Taylor

8 Wonderkid di Luar 5 Liga Top Eropa yang Patut DisorotKenneth Taylor yang dijuluki The Next Toni Kroos (Instagram.com/kennethtaylor_)

Ajax tak henti-hentinya menghasilkan pemain muda berbakat. Kenneth Taylor merupakan salah satu nama yang berada dalam daftar tersebut. Berposisi sebagai gelandang tengah, pemain berusia 19 tahun ini dijuluki sebagai Toni Kroos selanjutnya.

Kenneth Taylor merupakan pemain andalan lini tengah skuad muda Ajax yang berlaga pada ajang Keuken Kampioen Divisie atau kasta kedua Liga Belanda. Di skuad senior, ia telah tampil dalam tujuh pertandingan sejak debutnya pada Desember 2020. Satu assist berhasil ia catatkan untuk skuad asuhan Erik ten Haag ini.

3. Filip Stevanovic

8 Wonderkid di Luar 5 Liga Top Eropa yang Patut DisorotFilip Stevanovic (Paling kanan), pemain yang dipinjamkan Manchester City ke Heerenveen (Instagram.com/scheerenveenofficial)

Diboyong dari Partizan seharga 8,5 juta euro atau Rp140 miliar, Manchester City berhasil mengamankan pemain muda potensial ini. Filip Stevanovic telah memainkan 72 pertandingan dan mencetak 13 gol selama berkostum Partizan.

Musim ini, Stevanovic dipinjamkan ke klub Eredivisie, SC Heerenveen. Sejauh ini, ia telah mencatatkan 7 penampilan dan berhasil melesakkan 1 gol dan 1 assist.

Baca Juga: Penuh Talenta! 5 Wonderkid MLS yang Patut Dilirik Klub Eropa

4. Sebastiano Esposito

8 Wonderkid di Luar 5 Liga Top Eropa yang Patut DisorotSelebrasi Esposito saat berhasil menjebol gawang lawannya (Instagram.com/espositosebastiano)

Sebastiano Esposito memulai kariernya di akademi Brescia, lalu pindah ke Inter Milan. Ia mendapat debut profesionalnya saat Inter Milan melawan Frankfurt pada ajang Liga Eropa. Pemain berusia 19 tahun ini digadang-gadang akan menjadi penyerang kelas dunia.

Walaupun begitu, ia belum sepenuhnya dipercaya mengisi lini depan I Nerazzurri. Ia dipinjam ke beberapa klub sejak 2020/2021, mulai dari SPAL hingga Venezia.

Musim ini, Esposito dipinjamkan ke klub asal Swiss, FC Basel. Di sana ia makin mengasah kemampuannya. Tampil dalam 16 pertandingan di semua kompetisi, Esposito telah mencetak 4 gol dan 5 assist bagi Basel.

5. Noni Madueke

8 Wonderkid di Luar 5 Liga Top Eropa yang Patut DisorotNoni Madueke, pemain muda berbakat milik PSV (Instagram.com/psv)

Tottenham Hotspur sepertinya menyesal melepas Noni Madueke. Bergabung bersama PSV Eindhoven secara gratis, Madueke mulai menunjukkan bakatnya di sana.

Madueke tampil dalam 52 pertandingan bersama PSV. Total 15 gol dan 9 assist berhasil ia torehkan. Dua golnya juga berhasil mengantarkan klub berjuluk Rood-witten menjuarai Piala Johan Cryuff pada 7 Agustus 2021. Mereka mengalahkan Ajax Amsterdam empat gol tanpa balas.

6. Karim Adeyemi

8 Wonderkid di Luar 5 Liga Top Eropa yang Patut DisorotKarim Adeyemi saat berusaha mengoceh lawannya (Instagram.com/karim_adeyemi)

Spektakuler, mungkin kata itulah yang bisa mendeskripsikan pemain berusia 19 tahun ini. Penampilan cemerlangnya musim ini menarik perhatian klub-klub besar Eropa. Barcelona, Borussia Dortmund, dan klub asal kota kelahirannya, Bayern Munich, dikabarkan tertarik memboyong Karim Adeyemi.

Adeyemi memulai kariernya bersama klub TSV Forstenried, lalu pindah ke akademi Bayern Munich. Setelah dua musim bersama akademi Bayern Munich, ia pindah ke Unterhaching dan kemudian direkrut Red Bull Salzburg pada 2018. Di klub inilah bakatnya makin terlihat.

Musim ini, Adeyemi telah tampil dalam 20 pertandingan bersama Salzburg. Total 14 gol dan 2 assist ia catatkan pada semua ajang bagi klub berjuluk The Red Bulls.

7. Adam Hlozek

8 Wonderkid di Luar 5 Liga Top Eropa yang Patut DisorotAdam Hozlek berselebrasi setelah mencetak gol (Instagram.com/acsparta_cz)

Hlozek merupakan produk binaan akademi Sparta Prague. Ia memulai debutnya di skuad senior pada 2 Oktober 2018. Total 104 pertandingan berhasil ia catatkan dengan torehan 32 gol serta 28 assist.

Walaupun masih terbilang muda, Hlozek sudah menjadi andalan klub asal ibukota Ceko ini. Hlozek menjadi ujung tombak bagi Sparta Prague. Pada 2020/2021, pemain berusia 19 tahun ini berhasil menjadi top scorer dengan torehan 15 gol bersama pemain lainnya, Jan Kuchta.

Penampilan apiknya membuahkan panggilan dari timnas senior Ceko. Hlozek telah mengantongi 12 caps dan berhasil melesakkan satu gol sejauh ini. Ia termasuk ke skuad Ceko yang tampil pada ajang Euro 2020 dan mencatatkan empat penampilan.

8. Ryan Gravenberch

8 Wonderkid di Luar 5 Liga Top Eropa yang Patut DisorotRyan Gravenberch, salah satu pemain andalan Ajax musim ini (Instagram.com/afcajax)

Gravenberch menambah daftar panjang pemain potensial didikan Ajax Amsterdam. Bergabung ke akademi Ajax pada 2010, Gravenberch menjadi pilihan utama di lini tengah Ajax sejak musim lalu. Ia telah tampil dalam 15 pertandingan bersama klub ibu kota Belanda musim ini.

Pada level internasional, Gravenberch telah membela timnas Belanda mulai dari kelompok umur di bawah 16 tahun. Penampilan apiknya bersama Ajax membuatnya dipanggil ke timnas senior Belanda. Mencatatkan debutnya pada Maret 2021, pemain berusia 19 tahun ini telah mengantongi 9 caps dan mencetak 1 gol bagi tim Oranje.

Liga di luar lima top Eropa memang telah terbukti sebagai penghasil pemain muda potensial. Masih banyak nama lagi yang menyandang predikat wonderkid. Menurut kamu, siapa yang akan direkrut oleh klub-klub besar Eropa?

Baca Juga: 5 Wonderkid asal Amerika Latin yang Layak Dipantau Klub Besar Eropa

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya