10 Fakta David Raya, Kiper Brentford yang Diincar Klub Top Eropa

Salah satu kiper terbaik English Premier League

Sejak promosi pada 2021/2022, Brentford menjadi klub yang sukses membuat klub papan atas Inggris kewalahan. Selain itu, mereka juga mampu bersaing di papan atas English Premier League (EPL). Pada musim 2022/2023, klub berjuluk The Bees ini berhasil bertengger pada posisi ke-9 klasemen akhir EPL.

Penampilan mengesankan Brentford tentunya tak terlepas dari performa para pemain mereka, salah satunya kiper andalan klub, David Raya. Sepanjang musim 2022/2023, Raya tampil gemilang di bawah mistar gawang Brentford dengan catatan penyelamatan mencapai 154 kali. Tak ayal, performa memukau Raya membuat dirinya menjadi incaran klub top Eropa. Untuk mengenal lebih lanjut tentang David Raya, mari disimak beberapa fakta tentang dirinya, berikut ini.

1. David Raya Martin lahir di Kota Barcelona, Spanyol pada 15 September 1995. Ia kini telah berusia 27 tahun

10 Fakta David Raya, Kiper Brentford yang Diincar Klub Top Eropapotret David Raya, pemain Brentford (instagram.com/d.raya1)

2. Pada tahun 2012, Raya bergabung dengan Blackburn Rovers. Dirinya lalu dipinjamkan ke Southport pada musim 2014–2015

10 Fakta David Raya, Kiper Brentford yang Diincar Klub Top Eropapotret David Raya saat bersama Southport (instagram.com/d.raya1)

3. Bersama Southport, Raya tampil dalam 20 penampilan. Ia lalu kembali ke Blackburn dan menjadi kiper kedua hingga musim 2016/2017

10 Fakta David Raya, Kiper Brentford yang Diincar Klub Top Eropapotret David Raya saat bersama Blackburn Rovers (twitter.com/Rovers)

4. Dirinya baru menjadi kiper utama pada musim 2017–2018. Raya lalu sukses mencatatkan 108 penampilan selama 5 musim bersama Blackburn

10 Fakta David Raya, Kiper Brentford yang Diincar Klub Top EropaDavid Raya membela Blackburn Rovers selama 5 musim. (twitter.com/Rovers)

5. Pada Juli 2019, Raya direkrut oleh Brentford dengan biaya 3,35 juta euro atau Rp53 miliar. Ia pun langsung didapuk sebagai kiper utama klub

10 Fakta David Raya, Kiper Brentford yang Diincar Klub Top EropaDavid Raya bergabung dengan Brentford pada Juli 2019. (instagram.com/d.raya1)

Baca Juga: Mengenal David Raya, Calon Suksesor De Gea di Manchester United?

6. Dirinya turut membantu Brentford promosi ke English Premier League untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub pada musim 2020/2021

10 Fakta David Raya, Kiper Brentford yang Diincar Klub Top EropaDavid Raya turut membantu Brentford promosi ke English Premier League. (instagram.com/d.raya1)

7. Raya tampil dalam seluruh laga Brentford di EPL 2022/2023. Ia berhasil mencatatkan 12 cleansheet dengan kebobolan 46 kali

10 Fakta David Raya, Kiper Brentford yang Diincar Klub Top Eropapotret David Raya, salah satu pemain kunci Brentford (instagram.com/d.raya1)

8. Penampilan impresif pada musim ini membuat dirinya menarik perhatian klub top Eropa, seperti Manchester United hingga Tottenham Hotspur

10 Fakta David Raya, Kiper Brentford yang Diincar Klub Top EropaDavid Raya merupakan salah satu kiper terbaik English Premier League. (twitter.com/BrentfordFC)

9. Raya telah mengoleksi dua caps bersama Timnas Spanyol. Ia termasuk dalam skuad La Furia Roja di Piala Dunia 2022 Qatar

10 Fakta David Raya, Kiper Brentford yang Diincar Klub Top EropaDavid Raya merupakan penggawa Timnas Spanyol. (instagram.com/d.raya1)

10. Raya merupakan kiper bertipe sweeper-keeper dengan kontrol bola serta passing yang bagus dan dapat melakukan buil-up yang baik

10 Fakta David Raya, Kiper Brentford yang Diincar Klub Top EropaDavid Raya merupakan tipikal kiper modern. (instagram.com/d.raya1)

Rumor kepindahan David Raya dari stadion Gtech Community, semakin menguat setelah Brentford resmi mendatangkan kiper baru, Mark Flekken dari Freiburg. Raya sendiri juga dikabarkan siap untuk hengkang pada bursa transfer musim mendatang. Menurut kalian, klub mana yang akan menjadi destinasi David Raya selanjutnya?

Baca Juga: 4 Pemain Brentford yang Akan Pergi pada Musim Panas 2023

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya