9 Fakta Diogo Costa, Kiper FC Porto yang Dilirik Manchester United

Salah satu kiper muda berbakat

Manchester United di bawah kepemimpinan Erik ten Hag dikabarkan mencari kiper baru untuk menggantikan David De Gea. Meski tampil cukup bagus pada 2022/2023, De Gea sering dikritik. Itu karena ia beberapa kali melakukan blunder yang berujung kehilangan poin.

Diogo Costa, kiper utama klub asal Portugal, FC Porto, menjadi salah satu nama yang dikabarkan masuk ke dalam daftar buruan. Selain kemampuannya yang luar biasa bersama klubnya di Portugal, Costa juga masih berusia 23 tahun, usia yang terbilang muda. Ia tentu bisa menjadi proyek jangka panjang bagi The Red Devils di Inggris.

Lantas, seperti apa kiprah kiper muda asal Portugal tersebut? Berikut beberapa fakta tentang dirinya!

1. Diogo Meireles da Costa lahir di Rothrist, Swiss, pada 19 September 1999. Ia baru akan berusia 24 tahun pada September 2023 ini

9 Fakta Diogo Costa, Kiper FC Porto yang Dilirik Manchester Unitedpotret Diogo Costa, kiper utama FC Porto (twitter.com/DiogoMCosta99)

2. Pada 2011 silam, saat masih berumur 12 tahun, Diogo Costa bergabung dengan akademi FC Porto di Portugal

9 Fakta Diogo Costa, Kiper FC Porto yang Dilirik Manchester UnitedDiogo Costa saat masih berusia 21 tahun. (twitter.com/DiogoMCosta99)

3. Dirinya mendapat kesempatan debut di tim senior bersama FC Porto B pada Agustus 2017. Ia lalu debut di tim utama Porto pada September 2019

9 Fakta Diogo Costa, Kiper FC Porto yang Dilirik Manchester Unitedpotret Diogo Costa, pemain FC Porto (twitter.com/FCPorto)

4. Pemain bernomor punggung 99 ini mulai menjadi pilihan pertama di bawah mistar gawang Porto pada 2021/2022 lalu

9 Fakta Diogo Costa, Kiper FC Porto yang Dilirik Manchester UnitedDiogo Costa menjadi pilihan utama Porto selama dua musim terakhir. (twitter.com/DiogoMCosta99)

5. Pada 2022/2023 ini, Diogo Costa sudah tampil dalam 40 laga di semua kompetisi

9 Fakta Diogo Costa, Kiper FC Porto yang Dilirik Manchester UnitedDiogo Costa berseragam FC Porto. (twitter.com/FCPorto)

Baca Juga: Menilik Kemampuan Calon Kiper Anyar MU, Diogo Costa

6. Dari penampilannya tersebut, ia hanya kebobolan 30 kali dan sukses mencatatkan clean sheet 19 kali

9 Fakta Diogo Costa, Kiper FC Porto yang Dilirik Manchester UnitedDiogo Costa merupakan salah satu pemain kunci Porto pada musim 2022/2023. (twitter.com/DiogoMCosta99)

7. Bersama Porto, Costa berhasil meraih 2 gelar juara Liga Portugal dan Piala Portugal serta 1 gelar Piala Liga Portugal dan Piala Super Portugal

9 Fakta Diogo Costa, Kiper FC Porto yang Dilirik Manchester UnitedDiogo Costa berhasil meraih beberapa gelar bersama FC Porto. (twitter.com/DiogoMCosta99)

8. Di level internasional, dirinya telah mengoleksi 11 caps bersama Portugal, termasuk 5 penampilan di Piala Dunia 2022 Qatar

9 Fakta Diogo Costa, Kiper FC Porto yang Dilirik Manchester UnitedPenampilan Diogo Costa bersama Portugal di Piala Dunia 2022 (twitter.com/DiogoMCosta99)

9. FC Porto dikabarkan memasang harga mencapai 66 juta euro atau setara Rp1 triliun untuk klub yang berminat kepada Diogo Costa

9 Fakta Diogo Costa, Kiper FC Porto yang Dilirik Manchester UnitedDiogo Costa menjadi kiper muda berbakat andalan FC Porto. (twitter.com/FCPorto)

Menarik untuk menanti apakah transfer Diogo Costa akan terealisasi. Menurut kamu, akankah kiper muda satu ini berlabuh ke Old Trafford pada musim panas 2023? Mungkinkah Costa juga cocok menggantikan kiper sekelas David De Gea?

Baca Juga: Mengenal David Raya, Calon Suksesor De Gea di Manchester United?

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya