8 Pemain Andalan Timnas Kanada, Siap Berlaga di Piala Dunia 2022!

Mayoritas bermain di klub-klub top Eropa

Timnas Kanada memastikan satu tiket ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah menaklukkan Jamaika 4-0 pada ajang Kualifikasi Piala Dunia zona CONCACAF. Keberhasilan ini merupakan pencapaian luar biasa, sebab Kanada tampil di Piala Dunia terakhir kali pada 1986.

Pencapaian tim berjuluk The Maple Leaf tersebut tidak lepas dari tangan dingin sang pelatih, John Herdman, yang menukangi timnas pria Kanada sejak 2018. Hadirnya pemain-pemain andalan, yang merupakan kombinasi talenta muda dan senior, juga menjadikan mereka patut diperhitungkan.

1. Milan Borjan

8 Pemain Andalan Timnas Kanada, Siap Berlaga di Piala Dunia 2022!Milan Borjan, penjaga gawang timnas Kanada (instagram.com/canadasoccer)

Milan Borjan merupakan pilihan utama di bawah mistar gawang timnas Kanada. Ia hanya kebobolan enam gol pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF.

Borjan merupakan pemain veteran. Ia telah mengoleksi 61 caps sejak debutnya pada 2011.

Di level klub, pemain kelahiran Yugoslavia ini merupakan pemain Red Star Belgrade sejak 2017. Borjan telah tampil dalam 37 pertandingan selama 2021/2022 bersama klub asal Serbia tersebut.

2. Jonathan David

8 Pemain Andalan Timnas Kanada, Siap Berlaga di Piala Dunia 2022!Jonathan David, salah satu talenta muda timnas Kanada (instagram.com/jodavid)

Jonathan David merupakan salah satu talenta muda Kanada. Ia melakoni debutnya bersama timnas senior pada September 2018.

Sejauh ini, ia telah mencatatkan 27 caps. Pemain berusia 22 tahun tersebut merupakan salah satu pemain kunci timnas Kanada. Ia mampu melesakkan 20 gol, termasuk 9 gol di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF.

David memulai kariernya di tim-tim muda Liga Kanada. Bakatnya mulai terendus klub Eropa. Ia kemudian diboyong klub Liga Belgia, Gent, pada 2018.

Saat ini, David bermain bersama juara bertahan Ligue 1 Prancis, LOSC Lille, sejak 2020/2021. Dirinya telah bermain dalam 40 pertandingan dengan catatan 17 gol di semua kompetisi pada 2021/2022.

3. Atiba Hutchinson

8 Pemain Andalan Timnas Kanada, Siap Berlaga di Piala Dunia 2022!Atiba Hutchinson, pemegang caps terbanyak timnas Kanada (instagram.com/atiba13)

Atiba Hutchinson berhasil memimpin Kanada lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar. Hutchinson merupakan kapten sekaligus pemegang caps terbanyak timnas Kanada dengan 94 caps.

Ia telah melakoni debutnya bersama tim senior pada 2003 saat masih berusia 19 tahun. Pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF, pemain berusia 39 tahun ini bermain dalam sepuluh pertandingan.

Hutchinson merupakan salah satu pemain asal Kanada yang malang melintang di berbagai klub Eropa. Ia mulai mencicipi kompetisi Benua Biru bersama klub asal Swedia, Helsingborg, pada 2004.

Setelah itu, Hutchinson hijrah ke FC Kopenhagen, PSV Eindhoven, dan saat ini membela klub Liga Turki, Besiktas. Ia telah tampil dalam 29 pertandingan bersama Besiktas, tetapi kontraknya akan segera habis pada Juni 2022.

4. Alphonso Davies

8 Pemain Andalan Timnas Kanada, Siap Berlaga di Piala Dunia 2022!Alphonso Davies talenta muda terbaik timnas Kanada (instagram.com/ alphonsodavies)

Alphonso Davies memang tidak bermain dalam beberapa pertandingan terakhir bersama timnas Kanada karena masalah jantung. Meskipun demikian, Davies merupakan salah satu pemain kunci Kanada. Ia juga talenta muda terbaik yang dimiliki mereka.

Davies merupakan pemain termuda yang debut bersama tim senior. Ia debut saat masih berumur 16 tahun pada 2017. Sejauh ini, pemain berusia 21 tahun tersebut telah mengoleksi 30 caps bersama The Maple Leaf dan berhasil mencatatkan 10 gol.

Tampil memukau bersama klub MLS, Vancouver, Davies diboyong Bayern Munich pada Januari 2019 dengan mahar 10 juta euro atau setara Rp159 miliar. Bersama Bayern Munich, Davies menjadi salah satu pemain muda menjanjikan, terlebih setelah dirinya digeser menjadi bek kiri dari posisi sayap.

Davies tampil dalam 24 pertandingan pada 2021/2022. Ia punya catatan enam assist sebelum diistirahatkan sejak awal 2022.

Baca Juga: 10 Fakta Jonathan David, Striker Andalan Lille dan Timnas Kanada

5. Cyle Larin

8 Pemain Andalan Timnas Kanada, Siap Berlaga di Piala Dunia 2022!Cyle Larin, pencetak gol terbanyak timnas Kanada (instagram.com/canadasoccer)

Bermain di posisi sayap kiri, Cyle Larin merupakan salah satu pemain penting timnas Kanada. Sejak debutnya pada 2014, ia telah mengoleksi 47 caps dan berhasil mencetak 23 gol.

Torehan golnya menjadikannya pencetak gol terbanyak Kanada sejauh ini. Ia turut membantu Kanada dalam mengamankan tiket ke Piala Dunia 2022 dengan tampil dalam lima belas pertandingan. Ia punya catatan dua belas gol selama Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF.

Di level klub, pemain berusia 26 tahun ini bermain bersama rekan senegaranya, Atiba Hutchinson, di Besiktas. Larin telah memainkan 33 pertandingan bersama klub Liga Turki tersebut pada 2021/2022. Sejauh ini, ia telah mencetak 7 gol serta 1 assist.

6. Stephen Eustaquio

8 Pemain Andalan Timnas Kanada, Siap Berlaga di Piala Dunia 2022!Stephen Eustaquio, salah satu pemain timnas Kanada (instagram.com/ stepheustaquio)

Sebelum membela tim senior Kanada, Stephen Eustaquio merupakan penggawa U-21 Portugal. Ia lalu memutuskan membela Kanada dan mendapatkan debutnya pada 2019.

Sejauh ini, pemain berusia 26 tahun tersebut telah mengoleksi 19 caps dengan catatan 3 gol. Ia turut berkontribusi selama Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF dengan 3 assist dalam 16 pertandingan.

Eustaquio merupakan pemain klub Liga Portugal, Pacos Ferreira. Saat ini, ia dipinjamkan ke FC Porto. Eustaquio telah bermain dalam 28 pertandingan pada 2021/2022, 22 pertandingan bersama Pacos Ferreira dan 6 pertandingan bersama Porto.

7. Jonathan Osorio

8 Pemain Andalan Timnas Kanada, Siap Berlaga di Piala Dunia 2022!Jonathan Osorio, salah satu pemain berpengalaman timnas Kanada (instagram.com/j.oso21)

Jonathan Osorio salah satu pemain berpengalaman di timnas Kanada. Ia telah melakoni 52 caps sejak debutnya pada 2013.

Osorio berhasil mencetak tujuh gol selama membela The Reds. Bermain sebagai gelandang serang, ia tampil dalam lima belas pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF.

Saat banyak rekan senegaranya memilih hijrah ke Benua Biru, Osorio tetap setia bermain bersama klub asal Kanada, Toronto FC, di MLS. Ia bermain penuh dalam 5 partai pembuka MLS 2022 dan berhasil mencetak 2 gol dan 1 assist.

8. Tajon Buchanan

8 Pemain Andalan Timnas Kanada, Siap Berlaga di Piala Dunia 2022!Tajon Buchanan, salah satu talenta muda timnas Kanada (instagram.com/canadasoccer)

Pemain yang lahir pada 8 Februari 1999 ini merupakan salah satu talenta muda Kanada. Ia melakoni debutnya bersama tim senior pada Juni 2021. Tajon Buchanan telah mengoleksi sembilan belas caps sejauh ini.

Total tiga gol berhasil ia catatkan selama membela timnas Kanada. Selama Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF, Buchanan bermain dalam 16 pertandingan dengan catatan 3 gol dan 5 assist.

Saat ini, Buchanan bermain bersama  klub asal Belgia, Club Brugge. Ia bergabung sejak transfer musim dingin 2022 setelah tampil mengesankan bersama klub MLS, New England. Sejauh ini, Buchanan telah tampil dalam 9 pertandingan dengan catatan 2 assist.

Selain pemain-pemain tersebut, pemain lainnya turut berkontribusi dalam pencapaian gemilang timnas Kanada saat ini. Menurut kamu, seberapa jauh timnas Kanada akan melangkah di Piala Dunia Qatar 2022?

Baca Juga: 9 Fakta Alphonso Davies, Fullback Bayern yang Gemilang di Usia Muda

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya