Comscore Tracker

5 Pemain Muda Berbakat asal Kroasia, Bisa Jadi Penerus Luka Modric

Siap membawa Kroasia bersaing di kancah internasional

Kroasia dikenal sebagai salah satu tim elite di Eropa dan dunia. Pencapaian terbaik mereka di level internasional terjadi saat menjadi runner-up Piala Dunia 2018. Beberapa pemain senior asal Kroasia yang cukup terkenal ialah Luka Modric, Andrej Kramaric, Sime Vrsaljko, Marcelo Brozovic, dan Mateo Kovacic.

Selain nama-nama pemain senior tersebut, Kroasia memiliki talenta-talenta muda yang cukup menarik perhatian. Beberapa nama telah dipercaya di level klub, bahkan di level timnas. Siapa saja mereka?

1. Josko Gvardiol

5 Pemain Muda Berbakat asal Kroasia, Bisa Jadi Penerus Luka ModricJosko Gvardiol bermain untuk RB Leipzig. (instagram.com/josko_gvardiol)

Josko Gvardiol merupakan salah satu talenta muda asal Kroasia. Sejak bergabung bersama RB Leipzig pada Juli 2021, Gvardiol menjadi salah satu pemain tak tergantikan di lini pertahanan. Pemain berusia 20 tahun ini utamanya bermain sebagai bek tengah, tetapi dapat bermain juga sebagai bek kiri.

Sepanjang 2021/2022, Gvardiol tampil dalam 46 pertandingan dengan catatan 2 gol dan 3 assist di semua ajang. Ia turut membantu RB Leipzig merengkuh trofi DFB Pokal 2021/2022, trofi bergengsi pertama milik klub tersebut. Selain itu, Gvardiol juga berperan besar dalam perjalanan RB Leipzig mencapai semifinal Liga Europa 2021/2022.

Di level internasional, jebolan akademi Dinamo Zagreb ini telah mengoleksi sepuluh caps bersama timnas Kroasia. Sejak debut pada Juni 2021, Gvardiol berhasil menyumbangkan satu gol bagi Kroasia.

2. Luka Sucic

5 Pemain Muda Berbakat asal Kroasia, Bisa Jadi Penerus Luka ModricLuka Sucic menjadi andalan di lini tengah RB Salzburg. (instagram.com/luka_sucic)

Luka Sucic merupakan penggawa RB Salzburg. Sucic juga merupakan jebolan akademi klub asal Austria tersebut. Walaupun masih berusia 19 tahun, ia sudah dipercaya sebagai salah satu pemain andalan RB Salzburg. Sucic berhasil mencatatkan 44 penampilan dengan torehan 11 gol dan 5 assist di semua kompetisi 2021/2022.

Penampilan gemilang Sucic di lini tengah RB Salzburg menarik perhatian Zlatko Dalic, pelatih Timnas Kroasia. Sucic akhirnya berkesempatan debut bersama Kroasia pada Oktober 2021 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: 8 Pemain Kunci SC Braga pada 2021/2022, Dominasi Pemain Muda!

3. Roko Simic

5 Pemain Muda Berbakat asal Kroasia, Bisa Jadi Penerus Luka ModricRoko Simic jadi salah satu talenta muda Kroasia. (instagram.com/Simic_roko)

RB Salzburg tak henti-hentinya menghasilkan penyerang berbakat. Setelah Sadio Mane, Erling Haaland, Patson Daka, Karim Adeyemi, kini ada nama Roko Simic. Simic direkrut RB Salzburg dari Lokomotiva Zagreb pada Juli 2021 dengan mahar 4 juta euro atau setara Rp62,5 miliar

Saat ini, Simic dipinjamkan ke klub satelit Salzburg, FC Liefering, di kasta kedua Liga Austria. Bersama Liefering, Simic tampil mengesankan dalam 24 pertandingan dan berhasil membukukan 19 gol dan 3 assist selama 2021/2022. Beberapa klub top Eropa, seperti Real Madrid, Tottenham Hotspur, Arsenal, bahkan Barcelona dikabarkan tertarik dengan putra dari legenda Kroasia, Dario Simic, ini.

4. Josip Stanisic

5 Pemain Muda Berbakat asal Kroasia, Bisa Jadi Penerus Luka ModricJosip Stanisic memenangi Bundesliga 2021/2022 bersama Bayern Munich. (instagram.com/josip_stanisic)

Tak banyak jebolan akademi Bayern Munich yang dipercaya tampil bersama skuad utama 2021/2022. Selain Thomas Mueller, ada tiga pemain jebolan akademi lainnya yang dipercaya tampil di skuad utama, salah satunya Josip Stanisic. Bagi Stanisic, ini adalah musim keduanya tampil di skuad utama Bayern Munich sejak debut pada 2020/2021.

Krisis pemain di lini pertahanan membuat Stanisic dipercaya tampil di beberapa pertandingan. Pemain berusia 22 tahun ini berhasil mencatatkan 17 penampilan dengan torehan 1 gol dan 1 assist sepanjang 2021/2022. Ia dipercaya mengisi posisi bek kanan, tetapi beberapa kali bermain di posisi bek tengah dan bek kiri.

Berkat penampilannya bersama Bayern Munich, Stanisic mendapatkan panggilan dari Timnas Kroasia. Sejak debutnya pada Oktober 2021, Stanisic telah mengoleksi tiga caps.

5. Josip Brekalo

5 Pemain Muda Berbakat asal Kroasia, Bisa Jadi Penerus Luka ModricJosip Brekalo tampil memukau bersama Torino di Serie A 2021/2022. (instagram.com/josip_brekalo)

Josip Brekalo merupakan salah satu pemain muda Kroasia dengan prospek cerah. Saat ini, ia dipinjamkan ke Torino dari Wolfsburg. Sepanjang 2021/2022, Brekalo tampil dalam 33 pertandingan di Serie A bersama Torino. Ia berhasil mencatatkan 7 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

Di level internasional, pemain berusia 23 tahun ini telah mengoleksi 30 caps bersama Timnas Kroasia. Sejak debutnya pada November 2018, Brekalo telah menorehkan empat gol bersama skuad asuhan Zlatko Dalic tersebut.

Generasi pemain muda tersebut diharapkan dapat meneruskan pencapaian dari seniornya terdahulu. Menurut kamu, apakah Kroasia akan menjadi tim yang kuat pada masa mendatang?

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Tampil Impresif di Bundesliga 2021/2022

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A Long-life Learner_Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya