5 Pemain Muda Berbakat asal Polandia, Penerus Generasi Lewandowski

Masa depan Polandia tampak cerah karena mereka

Polandia memang bukan negara yang superior dalam hal sepak bola. Jika disuruh menyebutkan nama pemain top Polandia, mungkin yang terlintas di benak kita hanyalah Robert Lewandowski (striker Bayern Munich) atau Wojciech Szczesny (kiper Juventus).

Meski demikian, Polandia punya pembinaan level muda yang cukup menjanjikan. Selama beberapa musim terakhir, ada beberapa pemain muda berbakat asal Polandia yang bermain di liga-liga top Eropa.

1. Jakub Kaminski

5 Pemain Muda Berbakat asal Polandia, Penerus Generasi LewandowskiJakub Kaminski, salah satu talenta muda asal Polandia (twitter.com/LechPoznan)

Jakub Kaminski merupakan lulusan akademi Lech Poznan. Ia akan bermain untuk VfL Wolfsburg di Bundesliga mulai 2022/2023.

Wolfsburgmemboyong sang pemain dengan mahar 10 juta euro atau setara Rp156 miliar. Penampilan cemerlangnya bersama LechPoznan, ditambah umurnya yang baru 20 tahun, menjadi alasan perekrutannya.

Selama 2021/2022, Kaminski sukses mencatatkan 36 penampilan dengan torehan 9 gol dan 8 assist. Ia sangat berkontribusi bagi Lech Poznan dalam meraih gelar juara Liga Ekstraklasa Polandia 2021/2022.

Di level internasional, Kaminski sendiri telah membela Timnas Polandia. Ia tampil dalam tiga pertandingan sejak debutnya pada September 2021.

2. Nicola Zalewski

5 Pemain Muda Berbakat asal Polandia, Penerus Generasi LewandowskiNicola Zalewski, talenta muda AS Roma dan Polandia (instagram.com/nico_zale)

Nama Nicola Zalewski mungkin masih terdengar asing di telinga penggemar sepak bola. Maklum saja, ia baru tampil secara reguler di skuad utama AS Roma pada 2021/2022.

Zalewski merupakan salah satu talenta muda AS Roma yang diorbitkan Jose Mourinho. Pada 2021/2022, pemain berusia 20 tahun ini dipercaya tampil dalam 24 pertandingan di semua kompetisi.

Berposisi sebagai gelandang kiri, ia sukses mencatatkan dua assist. Semuanya terjadi di Liga Konferensi Eropa. Kontribusinya tersebut turut membantu AS Roma menjuarai Liga Konferensi Eropa 2021/2022.

Di level internasional, Zalewski lebih memilih negara orangtuanya, Polandia, ketimbang tempat kelahirannya, Italia. Keputusan tersebut terbilang tepat karena ia mendapat debut di Timnas Polandia pada September 2021. Ia kini telah mengoleksi lima caps.

Baca Juga: Antara Robert Lewandowski, Benzema, LaLiga, dan Barcelona

3. Jakub Moder

5 Pemain Muda Berbakat asal Polandia, Penerus Generasi LewandowskiJakub Moder saat berseragam timnas Polandia. (instagram.com/kubamoder)

Jakub Moder merupakan pemain Brighton & Hove Albion sejak 2020/2021. Ia dikenal sebagai pemain serbabisa karena dapat bermain di banyak posisi.

Pada 2021/2022, Moder tampil dalam 32 pertandingan. Ia berhasil mencatatkan 2 gol dan 4 assist.

Moder juga telah menjadi andalan di lini tengah Timnas Polandia walaupun masih berusia 23 tahun. Sejak debutnya pada September 2020, ia mengumpulkan 20 caps dengan torehan 2 gol. Ia juga masuk ke dalam skuad Polandia di Euro 2020.

Sayangnya, Moder harus menepi dari lapangan sejak 2 April 2022 karena menderita cedera pada anterior cruciate ligament (ACL). Ia diperkirakan tak akan tampil di Piala Dunia 2022 Qatar bersama Polandia.

4. Kacper Kozlowksi

5 Pemain Muda Berbakat asal Polandia, Penerus Generasi LewandowskiKacper Kozlowksi saat membela PogonSzczecin. (twitter.com/PogonSzczecin)

Kacper Kozlowski merupakan salah satu pemain berbakat asal Polandia. Ia akan bermain di English Premier League 2022/2023 bersama Brighton & Hove Albion.

Kozlowski sebenarnya telah direkrut Brighton dari Pogon Szczecin pada Januari 2022. Akan tetapi, ia dipinjamkan terlebih dahulu ke Royale Union SG hingga akhir 2021/2022.

Saat masih bermain bersama Pogon, Kozlowki tampil impresif dalam 18 laga dengan catatan 3 gol dan 4 assist di semua ajang pada 2021/2022. Akan tetapi, ia hanya tampil dalam sembilan laga di semua ajang saat dipinjamkan ke Royale Union SG.

Walaupun masih berusia 18 tahun, Kozlowski telah dipercaya Timnas Polandia. Mencatatkan debut internasionalnya pada Maret 2021, ia telah mengoleksi enam caps hingga saat ini.

Pada ajang Euro 2020, Kozlowski turut menjadi bagian dari skuad Polandia. Diturunkan pada pertandingan melawan Spanyol, ia mencetak sejarah sebagai pemain termuda yang pernah bermain di Euro. Saat itu, Kozlowski berumur 17 tahun 246 hari.

5. Sebastian Szymanski

5 Pemain Muda Berbakat asal Polandia, Penerus Generasi LewandowskiSebastian Szymanski, salah satu pemain muda berbakat Polandia (instagram.com/szymanski__11)

Sebastian Szymanski bermain untuk Dinamo Moskow di Liga Rusia. Sepanjang 2021/2022, pemain berusia 23 tahun ini tampil dalam 32 pertandingan di semua ajang. Dari penampilannya tersebut, ia sukses mengemas 6 gol dan 9 assist.

Szymanski sendiri telah membela Timnas Polandia sejak September 2019. Ia mengoleksi 15 caps dan menyumbang 1 gol untuk skuad The Eagles sejauh ini.

Generasi senior seangkatan Robert Lewandowski tidaklah muda lagi. Namun, Timnas Polandia tak perlu khawatir. Mereka kini punya pemain-pemain berbakat untuk proses regenerasi.

Baca Juga: 5 Kiper Polandia yang Pernah Bermain English Premier League

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya