Comscore Tracker

Masih Muda, Penampilan 6 Bek Ini Menarik Diamati

Siap berlabuh ke klub-klub top Eropa

Posisi bek merupakan posisi yang vital dalam permainan sepak bola. Selain berperan dalam menghalau bola di baris pertahanan, peran bek di sepak bola modern juga berperan dalam menginisiasi skema menyerang.

Posisi bek identik dengan pemain-pemain yang sedang di usia puncaknya. Walaupun begitu, tak sedikit pemain bertahan yang masih berusia muda. Sebut saja Matthijs de Ligt yang sudah menjadi andalan lini pertahanan Juventus walaupun masih berusia 22 tahun. Selain itu, ada pemain bertahan muda lainnya yang sudah menjadi andalan di klubnya masing-masing.

1. Tiago Djalo

Masih Muda, Penampilan 6 Bek Ini Menarik DiamatiTiago Djalo menjadi bek masa depan timnas Portugal. (instagram.com/tiagodjalo_92)

Djalo merupakan pemain andalan lini pertahanan klub asal Prancis, LOSC Lille. Ia telah bermain dalam 17 pertandingan musim ini, termasuk saat Lille mengalahkan Paris Saint-Germain di Piala Super domestik, Trophee des Champions. Satu gol dan satu assist berhasil ia catatkan di semua kompetisi musim ini.

Djalo mengawali kariernya di akademi Sporting Lisbon. Ia kemudian pindah ke tim muda AC Milan pada Januari 2019. Barulah pada Agustus 2019, Lille merekrutnya dengan mahar 4 juta euro atau senilai Rp64 miliar.

Di level internasional, Djalo merupakan andalan lini belakang tim muda Portugal. Ia telah tampil dalam enam pertandingan sejak debutnya pada November 2019.

2. Anel Ahmedhodzic

Masih Muda, Penampilan 6 Bek Ini Menarik DiamatiAnel Ahmedhodzic menjadi salah satu pemain muda potensial. (instagram.com/malmo_ff)

Pemain berusia 22 tahun ini memulai kariernya di akademi Malmo. Ia kemudian pindah ke akademi klub Inggris, Nottingham Forest, pada 2016 dan mendapat debut seniornya saat berusia 17 tahun.

Pada Januari 2019, Amedhozic resmi kembali ke klub masa kecilnya, Malmo FF. Total ia sudah memainkan 81 pertandingan dan berhasil menorehkan 3 gol serta 1 assist bersama klub asal Swedia tersebut.

Ahmedhodzic merupakan pemain kelahiran Malmo, Swedia, dan telah membela Swedia mulai dari tim U-16 hingga U-21. Ia sempat sekali membela tim senior Swedia pada Januari 2020, tetapi kemudian pindah membela Bosnia dan Herzegovina pada Oktober 2020. Sejauh ini, Ahmedhodzic sudah mengoleksi 12 caps dan mencetak 1 gol.

Baca Juga: 7 Pemain Muda yang Berstatus sebagai Pemain Pinjaman di Klub Serie A

3. Luca Netz

Masih Muda, Penampilan 6 Bek Ini Menarik DiamatiLuca Netz saat direkrut oleh Mönchengladbach. (instagram.com/luca_netz)

Berposisi sebagai bek kiri, Netz merupakan produk akademi Hertha Berlin. Ia mendapat debut seniornya pada Januari 2021.

Pada 2021/2022, pemain berusia 18 tahun ini kemudian pindah ke Borussia Monchengladbach dengan biaya 2 juta euro atau setara Rp32 miliar. Musim ini, Netz tampil dalam 12 pertandingan bersama skuad utama Die Fohlen.

4. Zinho Vanheusden

Masih Muda, Penampilan 6 Bek Ini Menarik DiamatiZinho Vanheusden, pemain Inter Milan, dipinjamkan ke Genoa pada 2021/2022. (instagram.com/zinhovanheusden)

Lahir di Hasselt, Belgia, Vanheusden meniti kariernya di akademi Standar Liege sejak 2008. Setelah 7 musim, ia pindah ke akademi Inter Milan pada 2015. Dalam kurun waktu 2015—2018, Vanheusden belum mendapat kesempatan bermain di tim utama.

Pemain berusia 22 tahun ini akhirnya dipinjamkan ke klub lamanya, Standar Liege pada 2018/2019. Ia kemudian dipermanenkan oleh klub asal Belgia tersebut pada Juni 2019. Setelah bermain dalam 76 pertandingan, Vanheusden dibeli kembali oleh Inter Milan pada Juli 2021.

Musim ini, Vanheusden dipinjamkan ke klub asal Italia lainnya, Genoa, dan telah tampil dalam delapan pertandingan sejauh ini. Di level internasional, Vanheusden mendapat debut bersama skuad senior Belgia pada Oktober 2020.

5. Marco Kana

Masih Muda, Penampilan 6 Bek Ini Menarik DiamatiMarco Kana menjadi bek muda potensial milik RSC Anderlecht. (iInstagram.com/marco_kana55)

Pemain akademi Anderlecht ini mendapatkan debutnya pada 2019. Total 28 pertandingan telah ia lakoni hingga musim ini.

Pada musim ini, Kana baru tampil satu kali saat bermain di ajang kualifikasi Liga Konferensi Eropa. Walaupun begitu, Kana merupakan andalan di skuad muda Anderlecht maupun tim muda Belgia.

6. Jeremie Frimpong

Masih Muda, Penampilan 6 Bek Ini Menarik DiamatiJeremie Frimpong merupakan bek kanan milik klub asal Jerman, Bayer Leverkusen. (instagram.com/jeremiefrimpong22)

Musim ini, Frimpong bermain untuk klub asal Jerman, Bayer Leverkusen, dan telah tampil dalam 21 pertandingan dengan catatan 2 gol serta 6 assist. Ia baru bergabung pada 2020/2021 dengan mahar 11 juta euro atau senilai  Rp177 miliar setelah tampil apik bersama Celtic.

Pemain berkebangsaan ini memulai perjalanannya di dunia sepak bola dari akademi Manchester City. Ia lalu pindah ke Celtic pada September 2019 dan mendapat debut profesionalnya tidak lama kemudian.

Dari nama-nama tersebut, beberapa pemain dikabarkan dilirik oleh klub-klub Eropa. Selain mereka, masih banyak pemain bertahan yang masih berusia muda dan punya bakat menjanjikan. Menurut kamu, siapa pemain yang akan bersinar pada masa mendatang?

Baca Juga: 5 Pemain Muda di Liga Belgia Musim 2021/2022 yang Menarik Diamati

Gilang Rama W. Photo Writer Gilang Rama W.

A Long-life Learner_Tertarik dengan sepakbola, hiburan, serta isu sosial dan lingkungan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya