El Classico Tanpa Messi, Bagaimana Nasib Barcelona

Messi baru kali ini absen dari El Calsico dalam 11 tahun

Jakarta, IDN Times - Cedera tulang radial yang diderita Lionel Messi ketika Barcelona menghadapi Sevilla di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Senin dinihari (21/10) membuat dirinya harus absen dalam laga panas bertajuk el classico menghadapi Real Madrid pekan depan. Ini merupakan kali pertama La Pulga tak ambil bagian dalam laga melawan Madrid sejak 11 tahun terakhir.  

1. Terakhir main tanpa Messi, Barcelona harus akui keunggulan Madrid

El Classico Tanpa Messi, Bagaimana Nasib BarcelonaJoe.ie

Terakhir kali El Classico tanpa kehadiran Messi terjadi pada 23 Desember 2007. Messi harus absen akibat cedera yang dideritanya ketika menghadapi Valencia seminggu sebelumnya. Saat itu dirinya yang sedang tak membawa bola tiba-tiba saja terjatuh ketika Barca sedang membangun serangan ke Gawang Valencia melalui kaki Yaya Toure. 

Lelaki berkebangsaan Argentina itu terpaksa harus keluar lapangan dengan bantuan tim medis akibat cedera paha kanan yang dideritanya. Giovanni Dos Santos pun didapuk jadi penganti lelaki yang kini menjadi kaptem tim tersebut. 

Dalam pertandingan tersebut Barca pun tetap menang 3-0 melalui dua gol yang dicetak Samuel Eto'O pada menit ke-13 dan 27 serta sebuah gol tambahan dari Eidur Gudjohnsen pada menit ke-61. 

Euforia kemenangan atas Valencia harus kandas seminggu kemudian. Barca yang saat itu masih diperkuat Thierry Henry dan Ronaldinho dipermalukan Real Madrid di kandang sendiri akibat kekalahan 0-1. Gol semata wayang Los Galacticos saat itu dicetak Julio Baptista pada menit ke-35.

Baca Juga: Lionel Messi Absen Tiga Pekan, Bakal Absen di Laga El Clasico?

2. Statistik Barcelona ketika lawan Madrid tanpa Messi berimbang

El Classico Tanpa Messi, Bagaimana Nasib BarcelonaTwitter/@FCBarcelona

Selama karier profesionalnya di Barcelona, Messi telah mengikuti 38 dari 41 kali el classico terhitung sejak November 2004 hingga 2018. Pada el classico perdananya Messi hanya jadi penghangat bangku cadangan, sisanya pemain yang identik dengan nomor 10 ini terpaksa absen karena cedera. 

Statistik mencatat bahwa ketidakhadiran Messi saat el classico belum terasa dampaknya. Sebab, Barca sekali menang, seri, dan kalah saat Messi tak bermain. 

3. Messi hanya main 26 menit

El Classico Tanpa Messi, Bagaimana Nasib BarcelonaTwitter.com/FCBarcelona

Sebelumnya Messi harus keluar lapangan sambil memegangi paha kanannya akibat cedera tangan kanan. Dirinya tiba-tiba terjatuh ketika pertandingan baru berlangsung sekitar 26 menit dan digantikan Ousmane Dembele. Akibatnya Messi harus menepi setidaknya hingga tiga pekan.

Baca Juga: Barcelona Bungkam Tottenham Hotspur 4-2, Lionel Messi Cetak Brace

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya