Indonesia Mendominasi di Daftar Best XI AFF Sepanjang Masa

3 dari 4 pemain kita bahkan dipilih lebih dari 90 persen!

Jakarta, IDN Times - Kekuatan jari netizen Indonesia memang tak ada tandingannya. Baru-baru ini Piala AFF mengadakan voting starting 11 terbaik sepanjang sejara Piala AFF digelar.

Sejumlah nama beken dari berbagai negara Asia Tenggara seperti Noh Alam Shah (Singapura), Teerasil Dangda (Thailan), Khairul Fahmi (Malaysia), dan Le Cong Vinh (Vietnam) pun turut meramaikan daftar calon best XI ini.

Indonesia sendiri diwakilkan oleh empat pemain di Posisi berbeda yakni Kurnia Meiga, Muhammad Nasuha, Firman Utina, dan Bambang Pamungkas. Hasilnya? tiga dari empat pemain Indonesia dipilih lebih dari 90 persen!

1. Penyerang: Bambang Pamungkas

Indonesia Mendominasi di Daftar Best XI AFF Sepanjang MasaAFFSuzukicup.com

Bambang Pamungkas (Bepe) merupakan salah satu striker terbaik yang pernah ada di Indonesia. Selama 12 tahun bermain di timnas, lelaki beruia 38 tahun itu telah mencetak 37 gol dan 12 diantaranya ia cetak pada ajang Piala AFF. Jumlah tersebut hanya selisih satu gol dari Kurniawan Dwi Yulianto yang hingga kini menjadi pemain Indonesia yang paling banyak mencetak gol di Piala AFF.

Bepe menang voting dengan total raihan suara 32497 pemilih (92,9 persen). Dirinya mengalahkan sejumlah striker top lain seperti Safee Sali (Malaysia), Le Cong Vinh (Vietnam), Teerasil Dangda (Thailand), Phil Younghusband (Filipina), Aung Thu (Myanmar), dan Noh Alam Shah atau Along (Singapura).

Teerasil yang berada di peringkat kedua pun perolehan suaranya kalah jauh yakni hanya meraih 1357 suara (3,88 persen). Di peringkat ketiga, Along hanya meraih 404 suara (1,16 persen).

Baca juga: [INFOGRAFIS] 6 Rekor yang Tercipta Setelah Final Piala Dunia 2018

2. Gelandang: Firman Utina

Indonesia Mendominasi di Daftar Best XI AFF Sepanjang MasaAFFSuzukicup.com

Pemain terbaik Piala AFF 2010 ini berhasil dipilih oleh 38588 pemilih (95.53 persen). Jumlah itu menang telak atas pesaingnya seperti Chanatip yang hanya meraih 678 suara (1.68 persen), dan Safiq Rahim yang cuma punya 457 suara (1.13 persen).

Sayangnya, Firman tak pernah sekalipun merasakan gelar juara Piala AFF selama berkarir di timnas. Prestasi terbaiknya pun hanya menjadi juara kedua dalam kompetisi antar negara Asia Tenggara itu.

3. Kiper: Kurnia Meiga

Indonesia Mendominasi di Daftar Best XI AFF Sepanjang MasaAFFSuzukicup.com

Kiper yang dikabarkan sedang sakit ini meraih persentase paling kecil ketimbang kolega senegaranya di posisi lain (75,27 persen). Namun, jumlah suara yang diraih Meiga jauh lebih besar yakni 67928 suara. Jumlah tersebut masih unggul ketimbang kiper Malaysia, Khairul Fahmi yang meraih 18285 suara (20,26 persen) dan Kawin yang hanya meraih 3751 suara (4.16 persen).

4. Mohammad Nasuha

Indonesia Mendominasi di Daftar Best XI AFF Sepanjang MasaAFFSuzukicup.com

Nama Nasuha dikenal ketika dirinya menjadi bagian dari skuad garuda yang tampil di Piala AFF 2010. Debut golnya bagi timnas Indonesia dicetak ketika Indonesia menjamu Malaysia dalam laga bertajuk Final Piala AFF 2010. Di pertandingan tersebut Nasuha dkk. memang menang 2-1, namun kekalahan telak yang diderita Indonesia di kandang Malaysia membuat Indonesia harus rela jadi juara kedua.

Menurut kamu dari empat pemain itu siapa nih yang paling jago?

Baca juga: Ini Starting XI Pemain Muda Terbaik yang Bersinar di Piala Dunia 2018

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya