Ini Persiapan Indra Sjafri Jelang Semifinal Piala AFF U-22 Vs Vietnam

Indra Sjafri mempersiapkan skuad U-22 hadapi adu penalti

Jakarta, IDN Times – Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri mengungkapkan bahwa dirinya telah menyiapkan timnas dari segala kemungkinan yang terjadi ketika menghadapi Vietnam pada Semifinal Piala AFF U-22 di Stadion Nasional , Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2).

Dalam latihan terakhir sebelum laga melawan Vietnam,  Indra juga tak menerapkan latihan dengan intensitas yang terlalu tinggi.

1. Indra Sjafri siapkan pemain hadapi kemungkinan babak adu penalti

Ini Persiapan Indra Sjafri Jelang Semifinal Piala AFF U-22 Vs VietnamDok . PSSI

Segala hal bisa saja terjadi dalam pertandingan nanti. Untuk itu Indra Sjafri sudah menyiapkan berbagai skema untuk menghadapi berbagai kemungkinan termasuk bertanding hingga babak adu penati.

“Besok sudah main dengan sistem tersebut (adu penalti) kalau seri. Makanya, kami memberikan menu tersebut (adu penalti) pada latihan kali ini,” ujar mantan pelatih Bali United itu.

2. Timnas Indonesia bermain tanpa sang kapten

Ini Persiapan Indra Sjafri Jelang Semifinal Piala AFF U-22 Vs VietnamInstagram.com/Andysetyon

Kabar baik masih belum datang dari Andy Setyo. Pemain Tira-Persikabo sekaligus kapten Timnas U-22 tersebut dipastikan absen karena belum sembuh dari cedera yang dideritanya saat menghadapi Malaysia di laga kedua Grup B, Rabu (20/2).  Bahkan, Indra memprediksi Andy juga tak bisa tampil andai anak-anak asuhnya lolos ke babak final.     

“Semua ikut latihan kecuali Andy yang mengalami cedera. Sepertinya bisa absen sampai final,” jelas Indra.

Baca Juga: Optimisme Skuad Timnas U-22 Jelang Semifinal Piala AFF 2019

3. Permainan Timnas U-22 diklaim semakin kompak

Ini Persiapan Indra Sjafri Jelang Semifinal Piala AFF U-22 Vs VietnamInstgram.com/luthfikml7

Gelandang Timnas U-22, Muhamad Lutfi Kamal mengungkapkan bahwa permainan Garuda Muda semakin kompak seiring berjalannya waktu. Ia pun yakin performa Timnas  U-22 makin meningkat ketika menghadapi Vietnam.

“Saya merasa permainan kami bisa terus meningkat, itu saya rasakan. Kami semakin klop dan semakin enak main,” ujar pemain Mitra Kukar itu.

4. Vietnam dan Indonesia sama-sama belum terkalahkan

Ini Persiapan Indra Sjafri Jelang Semifinal Piala AFF U-22 Vs VietnamDok. PSSI

Meski kedua negara lolos dengan menyandang status yang berbeda, Vietnam dan Indonesia yang menjadi debutan dalam turnamen ini memiliki rekor baik yang dapat jadi modal penting. Kedua negara sama-sama belum pernah merasakan kekalahan di Piala AFF U-22 2019 ini.    

Indonesia lolos ke Semifinal berkat sekali menang atas tuan rumah Kamboja pada pertandingan terakhir serta dua kali imbang dengan Malaysia dan Myanmar. Sementara itu, Vietnam lolos ke Semifinal berkat dua kali menang menghadapi Timor Leste dan Filipina serta hasil imbang ketika bertemu Thailand.

5. Semifinal jadi ajang pembuktian striker kedua tim

Ini Persiapan Indra Sjafri Jelang Semifinal Piala AFF U-22 Vs VietnamDok. PSSI

Tak hanya belum terkalahkan, Indonesia dan Vietnam sama-sama memiliki seorang striker yang jadi pemuncang daftar pencetak gol terbanyak. Di kubu Timnas Indonesia U-22 ada Marinus Manewar sedangkan di kubu Vietnam ada Tran Danh Trung yang sama-sama mencetak tiga gol. Tentunya babak semifinal ini menjadi ajang pembuktian siapa yang lebih tajam di antara keduanya.       

Vietnam versus Indonesia sendiri akan berlangsung pada pukul 15.30 WIB  dan disiarkan langsung oleh RCTI.

Baca Juga: Piala Asia 2019: Yordania vs Vietnam, Naga Emas Berburu Gol Cepat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya