Jalan Melelahkan Kroasia Menuju Final Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Mari kita mengingat perjalanan mereka ke Final

Jakarta, IDN Times - Sebelum kompetisi dimulai, Kroasia bukan lah negara favorit juara. Wajar, jika melihat kedalaman skuad yang diasuh Zlatko Dalic serta bagaimana proses mereka menuju Rusia, timnas Kroasia tak diunggulkan. Publik lebih menjagokan Spanyol, Jerman, Brasil, Prancis, dan Inggris.

Nyatanya, Kroasia berhasil membuktikan diri jika dalam sepak bola tidak ada yang mustahil. Kemenangan 2-1 atas Inggris di babak Semifinal memastikan mereka melangkah ke Final Piala Dunia untuk pertama kali dalam sejarah.

Berikut adalah rangkuman jalan panjang Kroasia nan melelahkan sebelum ke Final Piala Dunia 2018.

1. Lolos sebagai runner-upterbaik keempat

Jalan Melelahkan Kroasia Menuju Final Piala Dunia 2018FIFA.com

Penampilan Luka Modric dan kolega di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa kurang begitu baik. Mereka hanya mampu berada di peringkat dua grup dengan selisih dua poin dari Islandia di puncak klasmen akhir.

Di babak Kualifikasi kroasia empat kali kehilangan poin maksimal yakni ketika bersua turki (kalah 0-1 dan seri 1-1), Islandia (0-1), dan Finlandia (1-1). Mereka pun berhak lolos karena menjadi runner-up terbaik keempat zona Eropa.

2. Belum terkalahkan di Piala Dunia 2018

Jalan Melelahkan Kroasia Menuju Final Piala Dunia 2018FIFA.com

Kroasia benar-benar berbenah, penampilan kurang maksimal di babak kualifikasi jadi bahan evaluasi. Buktinya di Piala Dunia 2018 mereka sama sekali belum terkalahkan.

Di grup D, negara pecahan Yugoslavia ini sukses mengalahkan Nigeria 2-0 di pertandingan pembuka. Selanjutnya, mereka juga mengalahkan Finalis Piala Dunia 2014, Argentina 3-0, dan sukses membalaskan dendam atas Islandia 2-1.

Jadi pemuncak grup D, Kroasia harus berhadapan dengan Denmark yang lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up grup C. Mereka pun menang adu penalti dan lolos ke perempat final menghadapi tuan rumah Rusia yang juga mereka kalahkan melalui adu penalti. Terakhir, Kroasia sukses mengatasi Inggris 2-1 di semifinal meski sempat tertinggal lebih dulu.

3. Satu-satunya negara di Piala Dunia 2018 yang alami 3 perpanjangan waktu

Jalan Melelahkan Kroasia Menuju Final Piala Dunia 2018twitter.com/LFC

Ada beberapa fakta menarik dibalik lolosnya Kroasia ke Final Piala Dunia 2018. Di fase gugur sebelum Final, Kroasia selalu tertinggal lebih dulu dari lawan-lawannya walau akhirnya menang. Selain itu, mereka selalu bertanding hingga babak perpanjangan waktu sebelum ke Final.

Di 16 besar, Kroasia tertinggal lebih dulu dari Denmark melalui gol cepat yang dicetak Mathias Jorgensen pada menit pertama. Di perempat final mereka juga dua kali tertinggal dari Rusia melalui gol yang dicetak Denis Cheryshev pada menit ke-3. Di Semifinal mereka juga tertinggal lebih dulu melalui tendangan bebas yang dilakukan Kieran Trippier pada menit kelima.

Baca Juga: Ketatnya FIFA Memberi Hukuman Denda untuk Masalah Sponsor

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya